5 Cara Atasi Anak Demam dengan Bijak

Cara Mеngоmрrеѕ Anak Demam

AnakIslam.com – Cara Atasi Anak Demam. Para orang tua pastinya akan merasa khawatir jika anaknya mengalami demam. Namun, jika menghadapinya dengan kepanikan, maka akan membuatnya menjadi tidak bisa bijak dalam mengatasi demam tersebut. Oleh sebab itulah, para orang tua perlu mengetahui dan memahami cara atasi anak demam dengan tepat. Adapun cara-cara yang benar dalam mengatasinya, yaitu:

5 Cara Atasi Anak Demam dengan Bijak

1. Kompreskan dengan Air Hangat

Salah satu hal yang tepat untuk cara atasi anak demam yaitu bisa memberikan kompres air hangat pada bagian tubuhnya. Adapun letak yang benar dalam menaruh kompres tersebut yaitu pada bagian lipatan ketiak dan selangkangan. Hal ini bisa lebih efektif jika diletakkan pada daerah tersebut.

Namun, jika para orang tua ingin menaruhnya di dahi anak, maka itu juga diperbolehkan. Lalu, waktu yang diperlukan dalam melakukan kompres ini, yaitu sekitar 10 sampai 15 menit. Dengan begitu, hal ini bisa lebih mudah untuk menurunkan demam pada anak.

2. Berikan Obat Penurun Demam

Selain menaruh kompres air hangat pada bagian tubuh anak, maka para orang tua juga sangat perlu untuk memberikan obat penurun demam. Dengan begitu, maka akan lebih mempermudah dalam menurunkan suhu tubuhnya.

BACA JUGA   Cara Mеngоmрrеѕ Anak Demam. Ini Pаnduаn Lengkapnya

Kemudian, para orang tua pun juga perlu memperhatikan jenis obat yang memang cocok untuk anaknya. Hal ini dilakukan untuk mencegah masalah lainnya yang pastinya tidak diinginkan. Adapun waktu yang tepat dalam pemberian obat penurun demam ini, yaitu saat suhu tubuh anak mencapai di atas 38oC.

3. Oleskan dengan Ramuan Herbal

Mengolesi tubuh dengan ramuan herbal ternyata juga bisa mengatasi demam. Rekomendasi obat alami yang bisa membantu menurunkan suhu yang tinggi pada anak yaitu berupa minyak esensial. Tambahkan pula sedikit bawang merah untuk khasiat terbaiknya.

Selain itu, para orang tua pun juga bisa memilih opsi lainnya dengan minyak kelapa ataupun asam jawa. Lalu, setelah bahan ramuannya jadi, maka bisa langsung mengolesinya sembari memijat di bagian kaki, perut, dan tangan. Hal itulah yang akan membuat tubuh sang anak akan lebih nyaman dan semakin membaik.

4. Berikan Asupan Cairan yang Cukup

Ketika anak sedang mengalami demam, maka sudah seharusnya para orang tua selalu memberikan asupan cairan yang cukup. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak akan merasa lemas dan mengalami dehidrasi. Adapun dalam pemberian asupan cairan ini harus lebih banyak dibandingkan ketika sang anak sedang sehat.

BACA JUGA   Masalah Kesehatan Mental Remaja di Indonesia

Kemudian, untuk asupan cairan yang baik itu tidak hanya air putih saja, melainkan juga buah, asi, ataupun cairan elektrolit. Pastikan anak mengkonsumsinya secara rutin untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya. Dengan begitu, anak pun akan lebih mudah untuk sembuh dari demamnya.

5. Berikan Asupan Makanan yang Sehat

Selain memberikan asupan cairan, ternyata juga sangat perlu untuk memberikan makanan yang sehat. Adapun sumber asupan nutrisi yang baik untuk yang berusia enam bulan, maka bisa dengan memberikan asi. Antibodi alami yang ada akan membantunya dalam melawan infeksi penyebab demam.

Kemudian, jika anak memiliki umur lebih dari enam bulan, maka bisa memberikan nutrisi seperti sup ayam yang berisi sayuran. Lalu, juga bisa menambah makanannya dengan sayuran maupun buah-buahan yang segar.

Itulah beberapa cara atasi anak demam dengan benar dan bijak untuk membantu para orang tua. Lalu, dengan melakukan cara tersebut, maka akan dapat lebih mudah dalam menurunkan suhu yang tinggi. Selain itu, anak pun akan merasa lebih nyaman dan tidak merasa takut ketika sedang mengalami demam jika para orang tuanya juga tidak panik dalam mengatasinya.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *