Cara Mencabut Gigi Susu Supaya Tidak Sakit, Ampuh dan Mudah

Cara Mencabut Gigi Susu Supaya Tidak Sakit

NotesParenting.com – Cara Mencabut Gigi Susu Supaya Tidak Sakit, Ampuh dan Mudah. Gigi merupakan salah satu hal terpenting sewaktu makan. Terdapat berbagai jenis gigi, salah satunya adalah gigi susu. Gigi susu ini biasanya dimulai sejak umur 6 tahun. Ada 5 cara mencabut gigi susu supaya tidak sakit yang ampuh dan mudah untuk diterapkan. Sangat cocok untuk anak-anak agar tidak merasakan sakit juga ketakutan. Berikut 5 cara yang akan dibahas lebih lengkap:

1. Sering Menggoyang Gigi

Untuk gigi susu yang sudah goyang, cara mencabut gigi susu supaya tidak sakit paling ampuh yaitu dengan sering menggoyang-goyangkan gigi. Bisa menggunakan sesuatu untuk menggoyangkan gigi tersebut. Biasanya, gigi susu tidak begitu kuat menancap pada gusi karena merupakan gigi yang akan mendukung tumbuhnya gigi dewasa.

2. Meletakkan Kasa Dingin pada Permukaan Gigi

Cara mencabut gigi susu supaya tidak sakit satu ini adalah dengan menggunakan kasa dingin. Kasa dingin yang diletakkan pada permukaan gigi depan dan belakang yang hendak dicabut akan membantu meredakan rasa sakit pada gigi. Untuk kasa dingin, sebaiknya jangan menggunakan alkohol pakailah air es.

BACA JUGA   Begini Cara Mengatasi Gusi Bengkak Pada Anak Beserta Penyebabnya

Selanjutnya, gigi yang hendak dicabut diputar dan digoyangkan sedikit. Metode mencabut gigi ini mungkin akan meninggalkan sedikit rasa sakit dan pendarahan. Namun, hanya perlu menggigit kasa yang sudah disetrilkan agar pendarahan berhenti. Hal ini tidak akan menimbulkan rasa sakit pada gigi susu yang hendak dicabut.

3. Kunyahlah Makanan Keras

Cara satu ini mungkin akan membuat anak tak menyangka gigi susu yang telah hampir tanggal akan tanggal dengan mengunyah makanan keras. Bahkan, cara satu ini dapat mengecoh anak-anak dari tanggalnya gigi. Anak-anak biasanya cenderung tidak akan merasakan gigi susu telah tercabut akibat mengunyah makanan keras.

Makanan keras yang disarankan yaitu seperti buah apel, maupun wortel. Bisa juga menggunakan makanan kesukaan anak yang cukup keras. Hal ini sebabkan karena makanan kesukaan anak akan lebih mudah memancing anak untuk mengunyah.

4. Cabut Menggunakan Tissue

Cara mencabut gigi susu supaya tidak sakit dapat menggunakan tisu. Ambil beberapa lembar tisu bersih, selain itu dapat juga menggantikannya dengan kain kasa. Setelah itu, usahakan untuk menariknya dengan pelan. Apabila menggunakan tisu pastikan lembaran tisu tidak basah dan menempel pada permukaan rongga mulut anak.

BACA JUGA   Pеnуеbаb Bіdurаn раdа Anаk. Apa Saja yang Harus Diketahui ?

Sedangkan, menggunakan kain kasa diharapkan benang-benang halus tidak tertinggal di gigi anak yang lain. Dengan perlahan bisa sedikit memutar gigi susu yang hampir tanggal, selain itu sebelumnya lebih baik pastikan gigi yang hendak dicabut merupakan gigi yang telah bergoyang. Biasanya, gigi susu yang telah bergoyang akan lebih mudah dicabut.

5. Tarik Menggunakan Benang

Benang ternyata bukan hanya dapat digunakan sebagai peralatan untuk menjahit. Uniknya, benang bisa digunakan mencabut gigi susu pada anak. Namun, ada baiknya metode menggunakan benang ini diterapkan pada gigi yang sudah bergoyang. Lebih bagus lagi jika gigi sudah bergoyang lama, karena akan memudahkan untuk menarik gigi dengan benang.

Sebelum itu, diharapkan untuk membuat anak tenang terlebih dahulu karena apabila anak tengah kesal malah akan membuat kesulitan mencabut gigi anak. Benang yang digunakan juga harus diperhatikan bahwa menggunakan benang tipis yang biasa untuk menjahit, bukan jenis benang nilon atau benang tebal. Karena semakin tipis benang semakin menimalisir rasa sakit.

Demikianlah, 5 cara mencabut gigi susu supaya tidak sakit, ampuh dan tidak sulit untuk diterapkan. Bisa dicoba dirumah untuk para bunda yang memiliki anak dengan gigi susu belum tanggal. Semoga 5 cara ini dapat bermanfaat dan membantu.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *