7 Rekomendasi Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Cepat Gemuk, Segera Coba!

1 min read

makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk

Sebagian besar para orang tua terutama ibu sudah mengenal bahwa makanan yang dimakan dan dikonsumsi dengan rutin berpengaruh pada bayinya. Tidak heran jika akhirnya banyak yang mencari tahu informasi makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk yang dikonsumsi setiap hari. Belum lagi jika ternyata ada yang bisa dimasak dengan mudah.

Secara garis besar, sudah ada banyak variasi sumber makanan yang bisa dimanfaatkan dengan begitu mudah dan dimasak dengan sesuka hati. Ditambah lagi pada masa sekarang ini, apa yang dimakan oleh sang Ibu sangat menentukan nutrisi apa yang dimiliki oleh anak. Simak beberapa rekomendasi untuk makanannya dalam uraian di bawah ini:

1. Olahan dari Bayam

Untuk rekomendasi makanan yang pertama ini bisa dibuat dengan mudah dan sesuai dengan selera ibu baik direbus ataupun berkuah. Kali ini, ada olahan dari sayur bayam yang bisa membuat nutrisi vitamin terutama vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa membantu kesehatan pada mata.

2. Gandum dan Buah

Sementara itu, untuk jenis makanan yang berikutnya ini juga mudah dibuat hanya dengan menyiapkan bahan gandum untuk menjadi menu sarapan. Bahan gandum ini secara sederhana bisa mengatasi rasa bosan ketika harus memperbanyak konsumsi dengan nasi sebagai sumber karbohidrat. Selain itu, para ibu juga bisa memadukannya dengan berbagai buah.

BACA JUGA   Berikut Cara Gendong M Shape Agar Si Buah Hati Nyaman

3. Brokoli dalam Sop

Selanjutnya, ada sebuah makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk lainnya yang jangan sampai dilewatkan untuk dicoba terutama para ibu nantinya. Hanya diperlukan bahan sayuran utama seperti brokoli yang bisa menjadi nutrisi tepat untuk kesehatan sumsum belakang dari anak setelah minum ASI. Sayur brokoli tersebut juga bisa dibuat dengan campuran sayuran lainnya.

4. Ikan Salmon Panggang

Bagi para ibu yang ternyata merupakan para penggemar lauk ikan, maka harus mencoba jenis makanan yang direkomendasikan ini. Setiap ibu nantinya hanya perlu memasak beberapa jenis ikan terutama ikan salmon dengan cara yang sederhana seperti dipanggang dan ditambah dengan sayur tomat. Selain itu, menu ini bisa dinikmati ketika kapanpun terutama dinner.

5. Campuran Nasi Merah

Mungkin masih banyak yang tidak tahu bahwa jenis makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk berikutnya ini sangat disarankan. Terutama bagi para ibu yang ingin mencoba sensasi yang baru selain menggunakan nasi putih, maka coba nasi merah dengan sayuran. Gunakan saja kacang polong sebagai campuran dari nasi merah nantinya.

BACA JUGA   5 Cara Merawat Bayi Prematur yang Orangtua Wajib Tahu

6. Sup Kacang Hijau

Menu makanan yang selanjutnya yang juga bisa membantu anak menjadi lebih gemuk dan berisi adalah sup dari kacang hijau. Sebenarnya para ibu lebih direkomendasikan untuk menikmati sup ini tanpa campuran apapun untuk memaksimalkan nutrisi yang ada di dalam kacangnya. Namun jika merasa bosan, maka coba campur dengan roti saja.

7. Dessert dari Yoghurt

Sementara itu, untuk menu yang terakhir ini bisa dijadikan sebagai pilihanĀ  yang tepat dan berkualitas untuk menambah nutrisi kalsium bayi. Selain memberikan nutrisi berupa ASI, ibu yang menyusui juga perlu mengonsumsi dessert dari bahan Yoghurt secara rutin untuk hasil maksimal. Selain itu, konsumsi buah juga bisa menjadi pilihan tepat lainnya.

Beberapa rekomendasi untuk makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk seperti di atas wajib dikenali terutama untuk ibu yang baru. Setiap ibu juga bisa menentukan pilihan pada menu yang paling menarik sesuai dengan bahan yang disukai dan cara olahan makanannya. Jangan lupa juga menyesuaikan dengan menu lainnya jika memang ada.

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di NotesParenting.com