Ternyata Ini Penyebab Bayi Rewel Sebelum Tidur Orang Tua Wajib Tahu!

penyebab bayi rewel sebelum tidur

Merawat bayi apalagi yang baru saja lahir bisa menjadi kesulitan dan tantangan yang perlu diatasi oleh orang tua dengan secepatnya. Sayangnya, masih banyak yang tidak tahu tentang penyebab bayi rewel sebelum tidur padahal hal tersebut masih sering terjadi. Ditambah lagi, dengan banyaknya faktor yang penting namun seringkali diabaikan.

Sebenarnya saat ini, sudah ada banyak faktor dan kemungkinan yang menyebabkan bayi menjadi lebih cepat rewel dan menangis di malam hari. Memiliki pengetahuan yang tepat terkait hal ini juga bisa membantu orang tua terutama para ibu untuk menemukan solusi yang tepat. Simak beberapa faktor yang menjadi penyebabnya dalam uraian berikut ini:

1. Belum Memiliki Ritme Tidur

Mungkin masih banyak orang tua terutama yang belum memiliki pengalaman berpikir bahwa bayi seharusnya bisa tidur dengan nyaman dan tentram. Padahal untuk membuat seorang bayi bisa tidur dengan jam yang tepat, diperlukan proses membiasakan diri sampai menentukan ritme yang benar. Biasanya bayi yang rewel tersebut  belum terbiasa dengan jam tidurnya.

BACA JUGA   Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi di Malam Hari

2. Sedang Merasa Kelaparan

Untuk faktor yang kedua ini sudah dikenali oleh banyak orang termasuk yang belum pernah memiliki anak sebelumnya. Tidak mengejutkan jika akhirnya orang tua terutama sang ibu memilih untuk memberikan asupan ASI secepatnya demi bisa menidurkan anak tersayang. Namun pastikan untuk tidak memberikan asupan yang malah berlebihan  nantinya.

3. Ada Gejala Penyakit

Sementara itu, untuk penyebab bayi rewel sebelum tidur yang selanjutnya ini bisa dipahami. Tidak sedikit bayi yang rewel bahkan menangis selama sehari semalam karena memang sedang memiliki gejala penyakit yang tidak disadari ortunya. Misalnya, ada gejala penyakit batuk atau pilek yang umum.

4. Bayi Merasa Kelelahan

Bagi beberapa orang termasuk bayi yang baru lahir dan berusia beberapa bulan saja, tidur bisa menjadi solusi untuk mengatasi kelelahan. Namun dikhususkan untuk bayi yang memiliki aktivitas yang terlalu banyak misalnya bertemu dengan banyak orang, tidur menjadi hal yang sulit. Coba ganti tempat tidur atau temani bayi dengan lebih intens.

5. Suhu yang Tidak Tepat

Sejak awal, para orang tua tentu saja sudah menyiapkan ruangan yang dikhususkan untuk anak kesayangan agar bisa lebih tenang istirahatnya. Sayangnya, ada permasalahan suhu ruangan yang masih seringkali diabaikan karena dianggap tidak bermasalah atau merugikan kondisi bayi yang sedang tidur. Coba siapkan ruangan dengan suhu netral dan jangan sampai kedinginan.

BACA JUGA   5 Cara Merawat Bayi Prematur yang Orangtua Wajib Tahu

6. Popok yang Kotor

Selanjutnya, penyebab bayi rewel sebelum tidur yang lainnya lebih berkaitan dengan aspek kebersihan dari pakaian yang tengah dipakai. Pada umumnya, bayi yang sedang memakai popok yang terlalu penuh akan menangis bahkan sampai berteriak karena memang merasa tidak nyaman. Segera atasi hanya dengan mengganti popok yang sedang dipakai bayi.

7. Tidak Ditemani Tidur

Mungkin masih banyak orang tua yang tidak tahu tentang faktor yang terakhir ini dan lebih sering membiarkan bayinya tidur sendirian. Bagi beberapa orang, hal ini bisa menjadi pelatihan yang tepat namun ada beberapa bayi yang tidak bisa ditinggal sendiri dan perlu teman ketika sedang tidur. Selain itu, pastikan pula ada cahaya ruangan yang tepat.

Itu beberapa penyebab bayi rewel sebelum tidur yang ternyata masih banyak tidak diketahui dan bahkan seringkali diabaikan oleh orang tua. Padahal jika nantinya faktor tersebut dibiarkan begitu saja, maka bisa muncul permasalahan yang lebih serius. Terutama jika faktor tersebut berkaitan dengan adanya gejala penyakit tertentu.

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *