Ini Ciri Ciri Bayi Sudah Masuk Panggul, Harus Tahu!

ciri ciri bayi sudah masuk panggul

Masa kehamilan bisa menjadi momen yang tidak mudah dengan berbagai tantangan khusus terutama bagi Bunda yang baru pertama kali mengalaminya. Namun, banyak juga yang sampai saat ini masih kurang paham terkait ciri ciri bayi sudah masuk panggul padahal harus diperhatikan. Ditambah dengan pentingnya untuk mempersiapkan sang bunda ketika masa persalinan.

Bagi yang baru pertama kali menjalani kehamilan, maka tidak perlu lagi merasa khawatir karena ada beberapa tanda kelahiran yang jelas. Beberapa tanda ini bisa dipahami sejak awal hingga nanti Bunda bisa lebih mudah menghadapi kemungkinan bahwa bayi tersayang akan segera lahir. Simak beberapa tanda bahwa bayi masuk panggul di bawah ini:

1. Baby Bump Menurun

Untuk tanda yang pertama ini bisa dikatakan sebagai tanda yang paling mudah untuk dikenali Bunda karena memang terlihat secara jelas. Jika ternyata posisi dari bayi dalam perut yang semakin menurun semakin terlihat dengan jelas, maka kemungkinan besar bayi siap lahir. Ditambah lagi, para ibu biasanya menjadi jauh lebih mudah bernafas.

2. Kontraksi Lebih Sering

Beberapa ibu mungkin sudah tidak asing dengan istilah terkenal seperti kontraksi yang akan banyak dihadapi ketika menjelang proses persalinan nantinya. Meskipun begitu, awalnya, kontraksi ini akan muncul di beberapa bulan pertengahan hanya beberapa kali saja namun berbeda ketika menjelang kelahiran. Bunda akan mengalami kontraksi dengan intensitas yang banyak dan cepat.

BACA JUGA   Inilah Perbedaan Gumoh dan Muntah Pada Bayi Yang Harus Diperhatikan!

3. Air Ketuban Pecah

Sementara itu, untuk ciri ciri bayi sudah masuk panggul berikutnya banyak dijadikan sebagai tanda terpenting karena mudah untuk dipahami langsung. Setiap ibu yang sudah menjalani kehamilan pada bulan yang akhir pasti akan menemui gejala ini namun tidak perlu merasa khawatir. Nanti coba cari tempat duduk dan meminta bantuan yang tercepat.

4. Ada Kram Punggung

Bagi yang baru pertama kali menjalani kehamilan, maka wajib tahu bahwa gejala seperti kram punggung  bisa menjadi tanda dari persalinan. Kram punggung yang terjadi ini tidak seperti biasanya dan biasanya ditambah dengan adanya nyeri yang tidak bisa ditahan lagi. Hati-hati ketika mengalami kram ini dan segera kurangi aktivitas masing-masing.

5. Munculnya Flek Darah

Kemudian ada ciri ciri bayi sudah masuk panggul yang lainnya yang bisa dimasukkan ke dalam ciri ciri yang seringkali diabaikan. Ditambah lagi, jenis flek yang dimaksud ini bisa bervariasi nantinya bisa dilihat dari warna merah yang pekat atau lebih muda. Namun flek ini biasanya muncul di sekitar serviks yang melebar.

BACA JUGA   Ketahui Kenapa Bayi Sering Mengejan serta Cara Mengatasinya

6. Intensitas BAK Lebih Banyak

JIka ingin mengetahui tanda lainnya yang mungkin jauh lebih sederhana, maka ketahui bahwa ternyata kelahiran yang dekat ditandai dengan BAK. Walaupun begitu, buang air kecil yang dimaksud ini lebih sering terjadi di situasi tidak terduga bahkan ketika kurang konsumsi air. Setelah berulang kali buang air kecil, coba segera periksa serviks.

7. Ada Pembukaan Serviks

Sementara itu, ada juga tanda yang lainnya yang bisa dikatakan lebih banyak terjadi termasuk kepada para ibu yang pertama kalinya. Tanda ini juga seringkali diabaikan terutama ketika masih muncul perubahan ukuran sebanyak 1 cm saja dan dianggap normal oleh ibu. Namun lambat laun, serviks akan terus melebar sampai 3 cm.

Demikian ciri ciri bayi sudah masuk panggul yang wajib dikenali dan dipahami terlebih dahulu terutama oleh para ibu yang baru. Jangan sampai nantinya banyak yang melewatkan tanda yang penting ini sehingga tidak bisa mempersiapkan persalinan dengan lebih baik untuk anak. Apalagi ternyata ada tanda seperti kram punggung serta ketuban pecah.

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *