5 Cara Mendidik Anak Agar Cepat Tanggap Dalam Belajar Ini Wajib Dilakukan

1 min read

cara mendidik anak agar cepat tanggap dalam belajar

Anak merupakan anugerah yang patut disyukuri keberadaannya. Namun, memiliki anak juga menjadi tantangan tersendiri karena harus bisa membentuk karakternya. Agar anak tidak malas dan bersemangat dalam belajar, perlu melakukan cara mendidik anak agar cepat tanggap dalam belajar berikut:

1. Ajak Bermain Games

Biasanya anak kecil senang sekali bermain games sehingga orang tua bisa mengajaknya beberapa kali dalam satu minggu. Dengan bermain, maka si kecil juga bisa menangkap pembelajaran yang diajarkan oleh orang tua sehingga cara ini cukup efektif membuatnya bersemangat untuk belajar.

Namun, poin yang harus diperhatikan oleh orang tua adalah memilih permainan yang disesuaikan dengan usianya saat ini. Apabila usianya masih di bawah 1 tahun, permainan yang cocok yaitu menyusun balok, bermain bola kecil, dan permainan sejenis lainnya.

Alangkah lebih baik untuk tidak memperkenalkan gadget terlebih dahulu kepada si kecil karena akan merasa ketagihan dan sulit untuk mengontrolnya. Pilihlah permainan yang murah namun banyak pelajaran yang ada di dalamnya sehingga tidak merugikan baik orang tua maupun anak.

2. Ajak Story Telling

Anak yang sudah berusia satu tahun biasanya mulai belajar berbicara sehingga inilah momen emas untuk menjalin komunikasi yang intens kepada si kecil. Ajaklah untuk berbicara setiap harinya agar anak mulai terangsang dalam menyusun kata-kata dan percaya diri untuk mengeluarkan kata-katanya.

Melatihnya berbicara mengenai semua hal akan membuat anak menjadi lebih terasah dalam segi ingatan dan menjadikannya lebih cerdas dibandingkan hanya diam saja. Topik bahasan yang perlu dikembangkan yaitu mulai dari tingkatan terkecil yaitu lingkungan keluarga.

3. Dampingi Ketika Belajar

Peran orang tua sangat penting sekali ketika anak masih kecil. Di usianya yang sedang matang untuk mempelajari hal baru ini, orang tua harus selalu mendampinginya ketika sedang belajar. Orang tua pun harus bisa membagi waktu yang baik untuk melakukan pekerjaannya dan mendampingi anak.

Cara mendidik anak agar cepat tanggap dalam belajar memang memerlukan pengorbanan namun sebaiknya jangan ditinggalkan begitu saja. Tugas orang tua ketika mendampingi anak belajar adalah menuntun mereka ketika menemukan soal atau pembelajaran yang sulit sehingga anak merasa terbantu.

4. Beri Kebahagiaan Ketika Belajar

Setiap anak tentu memiliki karakter yang berbeda dan tidak semua hal senang untuk dipelajari. Pada pelajaran yang tidak disukai akan membuat anak bosan dan tidak mau mempelajari pelajaran tersebut. Orang tua pun harus bisa memberikan arahan untuk mengubah mindset yang buruk ini.

BACA JUGA   Tірѕ Agar Anаk Cerdas : Cаrа Tеrbаіk untuk Mеmbаntu Anаk Anda Berkembang

Ajaklah anak untuk berdiskusi dan mencoba mengaitkan pembelajaran tersebut dengan sesuatu yang disukai oleh si kecil. Cara ini terbukti efektif untuk memancing anak supaya lebih senang dalam mempelajari materi yang tidak disukai di sekolah.

5. Gizi Yang Cukup

Kemampuan anak yang kurang tanggap ketika belajar bisa disebabkan karena gizinya yang tidak mencukupi. Penting sekali bagi orang tua untuk memperhatikan asupannya setiap hari agar bisa membantunya lebih cerdas ketika menerima pembelajaran di sekolahnya.

Pola makan anak juga harus dijaga agar tidak lelah ketika belajar. Makanan yang bergizi seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan ikan akan membuat otak anak menjadi lebih mudah untuk berkonsentrasi sehingga akan cepat tanggap dengan pelajaran yang diajarkan.

Beberapa cara mendidik anak agar cepat tanggap dalam belajar tersebut mau tidak mau harus diterapkan untuk pendidikan karakter anak supaya lebih baik kedepannya. Pengorbanan apapun seharusnya diberikan kepada anak karena tidak semua orang tua beruntung diberikan anak.

Baca artikel parenting lainnya di NotesParenting.com