12 Cara Agar Anak Mau Belajar. Semua Cara Patut Dicoba

Cara Agar Anak Mau Belajar

NotesParenting.com – Cara Agar Anak Mau Belajar. Anak Anda tidak mau belajar ? tentu ini menjadi masalah dan beban pikiran Anda. Pasalnya dengan anak malas belajar ini akan menjadi keterlambatan dalam proses belajarnya, terutama untuk mengikuti pelajaran di sekolah. Karena itulah di artikel ini kami coba untuk membahas tentang Cara Agar Anak Mau Belajar.

12 Cara Agar Anak Mau Belajar degan Tetap Menyenangkan

  1. Memberikan Anak Hadiah

Jika sekarang kondisinya anak Anda sudah malas belajar, maka yang harus Anda lakukan adalah memberinya hadiah. Ya, tidak ada stimulus yang lebih mujarab selain hadiah yang membuatnya merasa sangat senang dengan adanya barang baru pemberian Anda.

Usahakan hadian yang Anda berikan tetap dalam bentuk barang yang memacu dia untuk semakin rajin belajar. Misalnya buku pengetahuan, bacaan tentang biografi tokoh, buku-buku sains, dll yang semuanya itu memacu dirinya untuk rajin membaca.

 

  1. Memberikan Anak Semangat

Ada kalanya anak akan menjadi malas lagi belajar. Saat itulah Anda sebagai orang tua harus bisa memberikan anak semangat untuk terus belajar. Katakan kepadanya bahwa orang-orang yang sukses yang bisa ia lihat saat ini adalah orang-orang yang selalu mempunyai semangat untuk belajar.

Usia anak yang masih kecil memang perlu diberikan contoh yang real. Jadi menyebutkan nama seorang tokoh bisa membuat mereka mempunyai contoh yang benar-benar ada. Atau yang terdekat, Anda bisa memberikan contoh ayahnya sendiri atau saudara yang di mata anak-anak mereka adalah orang yang sukses dan sejahtera. Ini semakin akan memberikan mereka semangat bahwa sukses dengan seemangat belajar sejak dini benar-benar adanya contohnya di kehidupan mereka.

 

  1. Rajin Memberi Pujian

Semua orang suka dipuji. Pujian memang dalam porsi yang cukup dapat membuat seseorang menjadi termotivasi. Begitu pula yang dialami oleh anak-anak. Setiap kali mereka melakukan hal-hal yang  baik, jangan pernah malas untuk memujinya. Mungkin Anda menganggap ini adalah hal sepele, tapi bagi mereka ini adalah hal yang membuat mereka semakin percaya diri.

Misalnya semakin hari anak Anda punya kesadaran sendiri untuk belajar tanpa Anda minta, maka segera puji mereka, misalnya dengan mengatakan,

“Wah Adi sekarang sudah rajin belajar ya. Mama Papa senang melihatnya.”

BACA JUGA   5 Cara Mengenal Angka untuk Anak PAUD dengan Berbagai Keseruan

“Wah pintar ini anak Mama Papa sudah mendiri belajarnya.”

“Ini nih anak kebanggaan Mama Papa yang rajin belajar.”

Dst

 

  1. Berada di samping anak belajar

Sebagai orang tua kita harus rela meluangkan waktu untuk anak, terutama saat ia belajar. Usia mereka yang belum matang membutuhkan pendampingan yang terus-menerus dari orang tua. Mereka lebih suka untuk dibersamai terus oleh orang-orang yang mereka cintai, termasuk Anda, orang tuanya.

Luangkan waktu khusus untuk menemani anak belajar. Bisa beberapa saat setelah sampai di rumah di siang hari, atau malam hari sebelum mereka menyiapkan buku-buku pelajaran esok harinya.

 

  1. Mempersilah anak untuk bertanya yang ia belum paham

Ada kalanya anak tidak memahami pelajaran yang ia terima di sekolah. Bisa jadi saat itu ia malu untuk bertanya kepada gurunya. Nah saat menemani anak belajar inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mempersilahkan anak bertanya apa saja yang belum ia pahami pelajaran yang diterimanya hari ini.

Penting juga untuk memberikan pengertian pada anak bahwa jangan pernah malu untuk bertanya di dalam kelas, karena Bapak / Ibu guru pun akan dengan senang hati menjawabnya. Dengan begitu perlahan anak pun akan melakukannya saat ia belajar di kelas.

 

  1. Membuat jadwal belajar rutin setiap hari

Sebaimana yang dijelaskan diatas, waktu belajar terbaik bagi anak-anak bisa dilakukan siang hari saat anak sudah santai pulang dari sekolah. Atau jika dia berada di kelas akhir, biasanya pulangnya sore, maka waktu yang tepat untuknya belajar adalah malam hari.

Membiasakan anak untuk belajar rutin setiap hari menjadikan ia disiplin dengan waktu belajarnya sendiri. Ini juga bermanfaat untuk mempermudah dia melakukan pengulangan pelajaran secara bertahap, tidak hanya saat akan menghadapi ujian semester di sekolah.

 

  1. Menjadikan setiap momen belajar menyenangkan

Jika Anda meminta anak untuk rutin belajar maka konsekuensinya Anda harus menjadikan setiap momen belajarnya menyenangkan. Ya, tidak mungkin Anda meminta sesuatu dilakukan terus menerus oleh buah hati Anda jika sesuatu itu membosankan, menjemukan dan membuatnya merasa tertekan.

Cara termudah supaya menyenangkan adalah dengan menciptakan suasana yang hangat, misalnya sambil belajar menanyakan bagaimana cara Bapak / Ibu guru menerangkan, siapa di kelas yang paling jago untuk pelajaran itu, bagaimana keseruannya dengan teman-teman di sekolah, dsb. Penting untuk membangun komunikasi yang baik dengan anak agar anak selalu nyaman bersama kita, terutama saat belajar.

 

  1. Jadikan membaca kebiasaan di rumah

Orang yang belajar tentu harus membaca apa yang ia pelajari. Dengan kata lain membaca adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan saat belajar. Karena pentingnya membaca untuk proses belajar inilah maka perlu bagi setiap rang tua untuk membudayakan membaca di rumah.

BACA JUGA   15 Cаrа Mеlаtіh Anаk Menulis Cераt dan Rapi. Aра Saja

Untuk memulainya tentu Anda harus memulainya dari diri Anda sendiri. Mulai tunjukkan ada anak-anak bahwa membaca adalah aktivitas penting yang Anda lakukan setiap hari. Dengan begitu anak akan mencontoh apa yang sering Anda lakukan. Akan sangat sulit bagi mereka untuk melakukan hal-hal yang Anda sendiri sebagai orang tua jarang bahkan tidak pernah sama sekali melakukannya.

Untuk itu tidak ada salahnya jika setiap bulan Anda menganggarkan untuk membeli buku untuk Anda sendiri dan anak-anak, serta menyimpan buku-buku tersebut di rak buku yang tersusun rapi di dalam rumah. Ini adalah stimulus yang bagus agar orang-orang di rumah suka membaca buku.

 

  1. Jalin komunikasi dengan guru atau wali kelas di sekolah

Pendidikan anak bukan hanya tugas sekolah, tapi sejatinya pendidikan adalah tugas bersama antara orang tua, sekolah (guru) dan masyarakat. Tapi saatusia anak masih kecil dua unsur pertama lebih dominan. Maka untuk suksesnya proses belajar anak, alangkah baiknya jika Anda sebagai orang tua melakukan komunikasi yang intens dengan guru atau wali kelasnya.

Anda bisa mananyakan bagaimana proses belajar anak Anda kepada beliau-beliau ini. Jika tidak ada masalah dan anak bisa menerima pelajaran dengan baik, maka ini merupakan suatu kesyukuran. Tapi jika sebaliknya, setidaknya hal ini bisa Anda pecahkan masalahnya secepatnya bersama guru bidang studi atau wali kelasnya itu. Semakin cepat masalah belajar anak diatasi, maka secepatnya anak mau belajar lagi dengan baik.

 

  1. Mendengarkan opini anak saat belajar

Bagaimana pun anak punya opini sendiri tentang pelajaran tertentu. Saat ia menyatakan suka, kurang suka atau tidak suka pada suatu pelajaran, maka Anda jangan pernah marah. Dengarkan opininya dulu, baru setelah itu Anda memberikan pemahaman bahwa semua pelajaran itu penting bagi proses belajarnya di sekolah. Maka ia harus perlahan-lahan menyukai pelajaran itu.

Atau Anda bisa memberinya hadiah dengan media belajar yang menyenangkan yang berkaitan dengan pelajaran yang ia kurang atau tidak sukai.

 

  1. Menanamkan sikap disiplin pada anak

Kedisiplinan adalah salahsatu kunci sukses. Maka sejak dini Anda harus menanamkan pada anak bahwa disiplin sangatlah penting untuknya. Lakukan disiplin ini secara perlahan, misalnya dengan disipin belajar setiap hari untuk mengulang pelajaran hari ini dan membaca pelajaran untuk keesokan harinya. Dengan begitu makin lama ia akan memahami bahwa dengan kedisiplinan hidupnya akan lebih teratur.

 

  1. Meminta anak lebih aktif lagi belajar

Berikan pemahaman pada anak bahwa semakin lama nanti pelajaran di kelasnya akan semakin banyak. apalagi saat ia naik ke kelas yang lebih tinggi. maka sejak anak di usia awal sekolah orang tua harus memberi pemahaman bahwa anak harus bisa belajar lebih aktif lagi untuk bisa mengikuti semua pelajaran di sekolah.

 

Mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini tentang Cara Agar Anak Mau Belajar yang patut dicoba orang tua. Semoga artikel ini bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *