5 Cara Mendidik Anak Perempuan Yang Beranjak Dewasa Anti Gagal

cara mendidik anak perempuan yang beranjak dewasa

Anak perempuan yang sedang beranjak dewasa memang memerlukan perlakuan khusus. Apabila orang tua membiarkannya saja, maka akan terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Berikut cara mendidik anak perempuan yang beranjak dewasa yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua:

1. Jadi Pendengar Yang Baik

Berbagai masalah akan dihadapi oleh wanita ketika menginjak usia dewasa. Disinilah, perempuan membutuhkan sosok pendengar yang baik dan mampu menjadi tempat yang nyaman ketika bercerita. Orang tua harus bisa menjadi sosok teman agar mampu memahami perasaan anak perempuan.

Seperti yang telah diketahui bahwa tak mudah menjadi pendengar yang baik karena setiap orang tua memiliki kesibukannya sendiri-sendiri. Cobalah luangkan waktu untuk melakukan quality time dengan anak selagi ada di rumah. Waktu ini akan membuat anak menjadi lebih dihargai.

Secara emosional, orang tua yang mampu memberikan waktunya kepada anak setiap hari meskipun sebentar akan membuatnya merasa nyaman. Alhasil semua kejadian yang dialami bisa diceritakan tanpa malu-malu. Pada momen ini, orang tua perlu mendengarkan dan memberikan masukan yang masuk akal.

2. Berikan Contoh Yang Baik

Anak perempuan biasanya memiliki sifat yang keras kepala sehingga cenderung tidak akan nurut ketika hanya diperintah melalui kata-kata saja. Perlu sekali bagi orang tua untuk mencontohkan secara langsung perilaku yang baik kepada anak agar mereka mudah mencontohnya.

Perilaku yang baik tersebut bisa dicontohkan melalui cara merapikan tempat tidur, meletakkan barang sesuai tempat, bertutur kata lembut dan lainnya. anak pun akan tergerak untuk mencontoh perilaku orang tua tersebut sehingga bisa menjadi pribadi yang baik.

3. Hargai Privasi Anak

Perlu diingat bahwa meskipun merupakan anak sendiri, namun terkadang sang anak juga memiliki privasi yang ingin disimpan sendiri. Pada kondisi yang seperti ini, sebagai orang tua tentu tidak boleh memaksa anak untuk menceritakan semua hal yang terjadi pada dirinya.

Terkadang memang anak memiliki permasalahan yang bisa diselesaikan sendiri tanpa harus meminta bantuan orang tua. Dukunglah keputusan tersebut selagi masih dalam jalurnya dan merupakan kegiatan yang positif. Orang tua harus siap menjadi benteng ketika sang anak sudah butuh bantuan.

4. Jadilah Pendukung Yang Baik

Cara mendidik anak perempuan yang beranjak dewasa selanjutnya yaitu dengan menjadi pendukung yang baik. Setiap anak memiliki car pandangnya sendiri dan orang tua pun tidak bisa memaksakan kehendaknya. Dukung saja apa yang menjadi kemauan anak dengan memberitahu juga resiko dan tantangan kedepannya.

BACA JUGA   7 Cara Mengajari Anak Yang Tidak Fokus Belajar Dan Mengerjakan Tugas Sekolah

Dukungan orang tua tentu sangat penting sekali bagi anak sehingga anak akan merasa percaya diri dan lebih termotivasi. Dengan adanya dukungan orang tua ini, maka anak tidak kurang perhatian dari orang lain sehingga tidak akan mencari perhatian pada orang yang salah.

5. Beri Edukasi Seks Bebas

Dewasa ini kasus seks bebas memang sedang marak sekali sehingga orang tua perlu memberikan edukasi agar anak perempuan tidak terjerumus ke dalam masalah tersebut. Ajarkan kepada anak bahwa berhubungan seks tidak boleh dilakukan sebelum ada ikatan pernikahan.

Sampaikan secara pelan-pelan kepada anak agar mereka tidak merasa diintimidasi. Anak perempuan memang harus didik dengan baik supaya tidak mudah percaya dengan lawan jenis karena sekarang ini banyak sekali penipu. Orang tua perlu mengajarkan anak untuk jadi orang yang berkualitas.

Cara mendidik anak perempuan yang beranjak dewasa tersebut dirasa perlu untuk diterapkan oleh orang tua ketika menghadapi anaknya yang sudah mulai beranjak dewasa. Bersikap tegas namun tetap memberikan kasih sayang bisa dilakukan oleh orang tua.

Baca artikel parenting lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *