5 Tanda Anak Sembuh Dari Demam, Orangtua Wajib Tahu!

Tanda Anak Sembuh Dari Demam

NotesParenting.com – Demam merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap sepele. Salah satu gejala penyakit demam adalah ditandai dengan adanya kenaikan suhu tubuh dibatas wajar normal. Namun, tidak perlu khawatir terdapat 5 tanda anak sembuh dari demam yang wajib para Bunda ketahui. Tanda ini bisa menjadi sebuah tolak ukur demam telah sembuh atau belum, berikut pembahasannya:

1. Tubuh Berkeringat

Salah satu tanda anak sembuh dari demam adalah tubuh yang berkeringat. Biasanya keringat merupakan detoks racun dari tubuh. Dengan munculnya tubuh yang berkeringat, perlahan tubuh anak juga akan berangsur menurun suhunya. Namun, tidak disarankan untuk memaksa tubuh berkeringat dengan melakukan olahraga. Karena olahraga ataupun menyelimuti anak dengan selimut malah akan membuat bakteri ataupun virus semakin banyak.

Sebaiknya, membiarkan keringat keluar dari tubuh anak dengan alami, bisa menggunakan cara memberikan air hangat pada anak untuk diminum. Atau, juga dapat memberikan minuman seperti jahe, karena minuman jahe mengandung suatu kandungan ginger yang dapat membantu memberikan kehangatan pada tubuh. Cara ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif membuat tubuh anak berkeringat secara alami.

BACA JUGA   Simak 5 Penyebab Anak Susah Makan yang Wajib Diketahui

2. Suhu Tubuh Menurun

Sudah pasti bahwa gejala satu ini merupakan salah satu tanda anak sembuh dari demam. Biasanya, ketika mengalami demam suhu tubuh anak akan mencapai diatas 38 derajat celcius. Sedangkan, suhu tubuh normal adalah kisaran antara 35,5 derajat celcius hingga 37,5 derajat celcius. Suhu diluar daripada itu dikategorikan sebagai suhu orang demam.

Sehingga apabila, pengukuran suhu tubuh anak menggunakan pengukur suhu berupa termomer telah berada pada suhu normal dinyatakan telah sembuh. Pengukuran suhu tubuh ini wajib menggunakan alat seperti termometer dan dilakukan pengukuran sesuai dengan prosedur. Tidak bisa menggunakan cara tradisional menggunakan punggung tangan ataupun dahi.

3. Mata Mulai Berbinar

Biasanya ketika anak tengah sakit, pertanda yang terlihat cukup mencolok adalah mata yang mulai kuyu. Anak akan cenderung merasa lemas dan hendak tertidur, ketika mengalami gejala sakit. Sehingga ketika anak yang dinyatakan demam, namun ketika suhu tubuh mulai turun dan mata telah nampak berbinar. Hal itu bisa menjadi salah satu tanda anak sembuh dari demam.

4. Mulai Aktif

Siapapun ketika mengalami sakit fisik sudah pasti akan merasa lemas dan lelah. Untuk itu, sewaktu anak demam dan kemudian kembali mulai aktif itu bisa menjadi sebuah pertanda baik. Kembalinya anak aktif adalah indikasi dari demam yang dirasakan anak telah menurun dan meningkatnya semangat anak untuk bermain lagi.

BACA JUGA   5 Jenis Penyakit Hernia Pada Anak

5. Badan Tidak Pegal

Sewaktu demam hal yang paling dirasakan adalah sekujur tubuh yang merasa tidak enak adalah bagian punggung merasa pegal. Hal ini akan sedikit sulit untuk mendeteksi apakah anak badannya sudah tidak pegal atau tidak. Namun, alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menanyakan langsung pada anak. Hal ini tentu saja tidak akan begitu sulit untuk dilakukan.

Bisa menggunakan minyak kayu putih ataupun minyak telon untuk memancing anak berkata jujur perihal badannya yang merasa pegal atau tidak. Mengingat biasanya anak akan berkata jujur perihal tubuhnya ketika disentuh. Anak akan mengeluh sakit apabila masih merasakan pegal pada tubuh, ini bisa menjadi jalan ninja para Bunda.

Demikianlah, 5 hal yang menunjukkan tanda anak sembuh dari demam bisa menjadi sebuah indikator ataupun tolak ukur. Perkara demam ini tidak bisa disepelekan, maka perhatikan dengan benar gejala serta penyembuhan dari sakit demam ini. Jangan biarkan anak demam terlalu tinggi tanpa penanganan.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *