Menyiasati Anak 1 Tahun Susah Makan, Begini 5 Cara Mudahnya

Menyiasati Anak 1 Tahun Susah Makan

NotesParenting.com –¬†orang tua yang menghadapi permasalah anak tentang makanan, maka bisa menyiasati anak 1 tahun susah makan dengan banyak ide menarik. Biasanya hal ini disebabkan karena terlalu banyak makan kudapan, atau belum lapar sudah diberi makanan. Orang tua harus lebih kreatif dan memberikan makanan yang bisa menarik hati si anak.

Biasanya ketika akan banyak aktivitas, maka anak juga cenderung akan merasa lapar. Maka dari itu, agar tidak susah makan, orang tua bisa mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik yang mengeluarkan energi si anak. Selain itu, orang tua juga bisa menarik perhatian melalui cara berikut ini agar anak mau makan, yaitu:

1. Menyajikan Tampilan Makanan yang Menarik

Anak-anak cenderung akan tertarik dengan tampilan visual. Jadi, saat orang tua memberikan makanan dengan tampilan yang menyenangkan, maka akan merangsang anak untuk bersemangat memulai makan. Orang tua bisa mengubah nasi menjadi berbagai macam bentuk, seperti ikan, mobil dan sebagainya.

Buatlah tampilan makanan semenarik mungkin agar nantinya anak akan merasa tertarik dan mulai makan dengan lahap. Strategi sajian tampilan makanan yang menarik ini juga dianggap efektif seakan memberikan gambaran menarik pada anak. Alih-alih hanya makan, anak juga bisa memilih bentuk mana yang disukainya.

BACA JUGA   5 Tanda Anak Sembuh Dari Demam, Orangtua Wajib Tahu!

2. Memberikan Menu yang Variatif

Bagi orang tua, memberikan makanan sehat pada anak menjadi agenda rutin yang harus dilakukan. Apalagi jika umur si anak masih 1 tahun, biasanya tantangan yang dihadapi yaitu anak jadi susah makan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, orang tua bisa memberikan menu yang variatif pada anak.

Bisa dengan memberikan kudapan ringan selain makanan pokok, jadi anak tetap bisa menikmati cemilan yang lezat. Selain itu, orang tua bisa memberikan makanan kesukaan anak ditambah dengan buah atau minuman favorit. Dengan menu variatif tersebut setiap harinya, anak jadi tidak bosan dan lebih bersemangat untuk makan.

menyiasati anak 1 tahun yang susah makan

3. Membatasi Waktu Makan Anak

Saat ingin menyiasati anak 1 tahun susah makan, maka cobalah dengan mengatur pola makannya. Bisa dengan membatasi waktu makan anak, misalnya jatah anak makan sekitar 20 menit. Maka jika sudah 20 menit, hentikan aktivitas makan. Lakukan jeda beberapa waktu untuk memberikan waktu kembali agar anak mau makan.

Jangan sampai saat anak tidak mau makan malah diberi kudapan atau camilan. Biarkan anak untuk memahami apa yang harus dimakan saat jam makan, kemudian pola waktu saat harus makan kembali. Dengan melakukan kebiasaan tersebut, maka anak juga nantinya akan terbiasa untuk makan sesuai jam waktunya.

BACA JUGA   5 Cara Mengatasi Anak Disleksia yang Penting Dilakukan

4. Memberikan Makan Saat Anak Merasa Lapar

Biasanya orang tua ingin anaknya bisa makan terus menerus. Alih-alih membuat anak makan, justru hal ini menyebabkan anak merasa bosan. Biarkan anak merasa lapar, sehingga saat diberi makanan, anak akan tertarik untuk makan. Selain itu pula, coba dengan memberikannya porsi yang secukupnya saja dan tidak terlalu banyak.

Orang tua juga harus memperhatikan pola jam makan anak dengan pemberian makanan berat, camilan dan sebagainya. Dengan begitu, anak bisa terus menerus makan tanpa merasa bosan dan kekenyangan. Selain itu pula, orang tua jangan sampai memaksakan kepada anak untuk harus selalu menghabiskan makanan.

5. Menggunakan Alat Makan yang Menarik

Bagi anak, benda yang menarik perhatian akan membuat anak merasa senang. Apalagi di usianya yang baru 1 tahun, tempat makan anak menjadi benda yang menarik perhatiannya ketika makan. Maka dari itu, orang tua bisa memakai alat makan khusus yang desain dan warnanya menarik agar anak bersemangat makan.

Itulah informasi mengenai bagaimana menyiasati anak 1 tahun susah makan yang tepat. Jadi, orang tua bisa menerapkan pola makan yang baik pada anak tanpa harus memaksanya. Anakpun tetap terjaga nutrisi dan kebutuhan makanannya sesuai dengan porsi cukup setiap hari.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *