Ternyata Ini 5 Penyebab Bayi Rewel di Malam Hari

Penyebab Bayi Rewel di malam hari

Bayi yang rewel pada malam hari bisa diakibatkan oleh berbagai macam hal dan faktor. Penyebab bayi rewel di malam hari bisa terjadi karena rasa tidak nyaman dan adanya perkembangan tubuhnya yang belum sempurna. Mengetahui penyebab bayi yang rewel sangat penting bagi orang tua, agar tidak kebingungan dalam mengatasi permasalahan ini.

Kerewelan bayi di malam hari sering dijumpai semenjak si bayi baru lahir. Tetapi orang tua tidak perlu khawatir, karena kerewelan ini hanya kebiasaan yang dilakukan oleh bayi saat ia berusia enam bulan. Berikut ada beberapa faktor dan penyebab kerewelan bayi di malam hari:

1.  Kelaparan

Bayi yang alami rewel di malam hari bisa disebabkan oleh rasa kelaparan yang dirasakan oleh si bayi. Berdasarkan penelitian yang ada di jurnal Maternal & Child Nutrition, bayi yang menangis di malam hari mungkin juga diakibatkan karena rasa lapar.

Supaya mengatasinya, maka sebaiknya silahkan beri asupan makanan pada si bayi untuk menghentikan tangisan dan kerewelan bayi tersebut. Bayi yang rewel di malam hari umumnya diakibatkan oleh rasa lapar di perutnya, sehingga jangan lupa untuk memberinya asupan.

2.  Kolik

Kerewelan yang dialami oleh si bayi bisa disebabkan karena bayi mengalami kolik. Bayi yang mengalami kolik biasanya paling susah ditenangkan dan tangisannya sangat intens, sehingga mengganggu ketenangan orang tua. Bahkan bayi bisa menangis selama tiga jam lamanya.

Perlu diketahui, kolik seringkali terjadi pada bayi yang baru lahir di umur 2 minggu atau lebih. Namun pada saat bayi berusia 3-4 bulan, kolik akan sembuh dengan sendirinya karena kondisi si bayi yang sudah kuat untuk mengatasi adanya gas di lambungnya.

3.  Popok Tidak Diganti

Penyebab bayi rewel di malam hari juga bisa diakibatkan oleh popok yang tidak segera diganti. Apabila popok tidak lekas diganti, biasanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada si bayi. Jadi mengakibatkan si bayi rewel dan menangis, bahkan bayi tidak akan tidur.

Agar bisa menghentikan tangisan bayi tersebut, maka sebaiknya orang tua segera mengganti popoknya agar si bayi merasakan kenyamanan. Ketika popok telah diganti, maka besar kemungkinan bayi akan berhenti menangis dan bisa segera terlelap dalam tidur.

4.  Ingin Bergerak

Pada malam hari jika bayi tiba-tiba rewel kemungkinan disebabkan oleh adanya rasa ingin bergerak yang dialami oleh bayi. Karena keinginan untuk bergerak inilah yang mengakibatkan bayi tersebut menangis di malam hari. Biasanya bayi yang menangis ini karena terlalu aktif.

BACA JUGA   Ternyata Ini Penyebab Bayi Rewel Sebelum Tidur Orang Tua Wajib Tahu!

Jika sudah begini, sebaiknya para orang tua segera menenangkan si bayi dan meletakkannya di bawah agar bayi bisa leluasa bergerak. Dengan penanganan yang tepat, maka tangisan dan kerewelan bayi bisa segera diatasi. Bayi akan lekas berhenti menangis dengan cepat.

5.  Night Terror

Beda dengan mimpi buruk, night terror bisa membuat bayi menangis dan meronta-ronta di malam hari. Biasanya night terror ini terjadi karena adanya sistem saraf pusat yang selalu terstimulasi dan aktif di malam hari. Inilah yang menyebabkan bayi menangis dan rewel.

Ciri-ciri bayi yang terkena night terror adalah berkeringat, berteriak, mata terbuka dan berkaca-kaca, serta tidak merespons hiburan dari orang tua. Untuk menenangkannya, disarankan orang tua menggendong bayi tersebut agar tangisannya segera berhenti.

Demikian informasi yang bisa diberikan tentang penyebab bayi rewel di malam hari beserta cara untuk mengatasinya. Dengan mengetahui penyebab bayi menangis pada malam hari maka diharapkan bisa menemukan solusi yang tepat untuk menanganinya.

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di NotesParenting.com

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *