7 Cara Alami Menghilangkan Bekas ASI di Pipi Bayi yang Wajib Diketahui

cara alami menghilangkan bekas asi di pipi bayi

Iritasi bekas ASI kerap memberikan efek gatal-gatal dan ketidaknyamanan pada si bayi. Hal ini akan membuat bayi menjadi rewel dan susah untuk diam. Namun, pengobatan untuk ruam ini menggunakan obat-obatan yang mungkin mengkhawatirkan untuk bayi. Karena itu, ada cara alami menghilangkan bekas ASI di pipi bayi dengan bahan tradisional.

Sebenarnya, ruam yang terjadi pada pipi bayi bukan disebabkan oleh ASI. Pada umumnya, ASI tidak memberikan efek apapun terhadap kulit bayi. Ruam yang muncul pada pipi bayi merupakan iritasi akibat riwayat keturunan atau alergi. Bagi orang tua yang ingin menghilangkan ruam ini pada bayi, berikut bahan alami yang dapat digunakan:

1. Menggunakan Minyak Zaitun

Dalam dunia kecantikan, buah ataupun minyak zaitun sering digunakan dalam berbagai bahan produk kosmetik. Maka itu, minyak zaitun merupakan cara alami menghilangkan bekas ASI di pipi bayi pertama dalam list ini.

Selain itu, minyak zaitun mengandung oleocanthal, senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga bagus untuk kulit. Untuk kulit bayi, disarankan untuk dicampur dengan madu terlebih dahulu, sebelum dioleskan di pipi bayi.

2. Menggunakan Yoghurt

Tidak hanya dikonsumsi, yoghurt juga dapat digunakan untuk kulit wajah. Selain untuk memutihkan kulit, yoghurt juga memiliki bakteri dan probiotik baik yang dapat mengurangi efek iritasi dan gatal-gatal pada ruam.

BACA JUGA   Ketahui Ciri Feses Bayi Diare dan Penyebabnya Agar Tepat Memberikan Penanganan

Pada kulit bayi, disarankan untuk tidak mengolesi yoghurt terlalu berlebihan. Karena yoghurt merupakan produk susu yang mungkin dapat menyebabkan alergi pada sebagian bayi.

3. Menggunakan Kulit Pisang

Kulit pisang memang sudah dikenal lama sebagai masker alami untuk kulit wajah. Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, kulit pisang dapat meningkatkan kolagen sehingga kulit wajah menjadi lebih halus dan kencang.

Pada ruam, kulit pisang dipercaya dapat meringankan merah-merah pada kulit karena kaya akan antioksidan. Dinginkan kulit pisang dalam kulkas terlebih dahulu setidaknya satu jam. Setelah itu, potong bagian dalam kulit pisang kecil-kecil, dan tempelkan pada pipi bayi.

4. Memakai Lidah Buaya

Bagi para wanita, lidah buaya atau aloe vera sudah merupakan hal umum sebagai bahan produk kosmetik. Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, anti-mikroba, dan kandungan lain yang dapat membantu mengurangi ruam pada kulit wajah.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai pengobatan cukup mudah, hanya tinggal mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada pipi bayi. Jangan gunakan krim lidah buaya pada bayi, karena krim dapat mengandung bahan yang tidak cocok bagi kulit bayi.

BACA JUGA   6 Tanda Anak Alergi Susu Sapi. Bisa Sebabkan Kematian!

5. Menggunakan Timun

Dalam dunia kecantikan, timun biasanya dipakai untuk meredakan mata lelah. Namun pasalnya, timun juga memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Timun memiliki kandungan kalium, vitamin, dan asam caffeic yang merupakan antioksidan.

Namun berbeda dengan untuk mata, untuk kulit wajah, timun harus di blender terlebih dahulu sebelum digunakan. Pembaca dapat mencampurkan oatmeal dengan timun, kemudian oleskan di pipi bayi yang mengalami iritasi.

6. Memakai Oatmeal atau Gandum

Mungkin, mendengar oatmeal sebagai salah satu bahan untuk kesehatan kulit wajah adalah hal yang tidak biasa. Tetapi, oatmeal memiliki zinc dam avenanthramide yang dapat mengurangi peradangan dan bakteri penyebab jerawat.

Cara membuat obat dengan oatmeal sama seperti timun di atas. Ambil oatmeal murni secukupnya, lalu blender dengan air hingga menjadi pasta lunak. Lalu, oleskan pasta oatmeal pada pipi bayi.

7. Mandi dengan Menggunakan Air Hangat

Cara alami menghilangkan bekas ASI di pipi bayi yang terakhir adalah hanya dengan membasahi pipi bayi dengan air hangat kuku. Cara ini cocok apabila bayi memiliki alergi dengan bahan-bahan tertentu. Setelah dibasuh, tepuk-tepuk pipi bayi perlahan dengan handuk dan jangan digosok.

Demikian bahan-bahan yang dapat digunakan untuk cara alami menghilangkan bekas ASI di pipi bayi, atau ruam susu. Sebelum menggunakan bahan alami, ada lebih baiknya untuk mengetes apakah bayi memiliki alergi terhadap bahan tersebut. Cara mengetesnya mudah, hanya tinggal mengoleskan sedikit bahan itu pada kulit lengan bayi.

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di NotesParenting.com

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *