5 Cara Mengajarkan Anak Perkalian Agar Cepat Hafal

Cara Mengajarkan Anak Perkalian

NotesParenting.com – Cara Mengajarkan Anak Anda Perkalian. Agar Cepat HafalSangat perlu bagi para orang tua untuk tahu cara mengajarkan anak perkalian. Karena materi dari Matematika dasar tersebut sering ditemui di sekolah. Apalagi perkalian tergolong pelajaran yang cukup sulit dihafal, terutama kelompok angka di atas 5. Sebab itulah, bantu anak-anak cepat menguasainya dengan mempraktikkan cara-cara jitu di bawah ini:

1. Memberi Pelajaran Secara Bertahap

Sering kali anak-anak kurang memahami pelajaran yang disampaikan di sekolah karena guru tidak hanya terfokus pada satu murid. Sebab itulah, diperlukan peran dari orang tua. Termasuk mengajarinya tentang hitungan perkalian. Cobalah untuk mengenalkan perkalian secara bertahap, mulai dari kelompok angka yang mudah.

Pertama kali minta anak menghafalkan perkalian dari angka 1. Jika sudah benar-benar menguasai, bisa berlanjut ke empat kelompok angka yang mudah, yakni 2, 4, 5, dan 10. Apabila lima kelompok perkalian tersebut telah dihafal benar, anak-anak dapat dikenalkan pada perkalian angka 3,6, 7, 8, dan 9.

2. Mengulangi Hafalan Setiap Hari

Mungkin anak-anak memiliki kemampuan hafalan yang baik, tapi daya ingatnya masih kurang. Karena itulah, mintalah untuk mengulangi perkalian dari masing-masing kelompok angka. Pengulangan ini bisa dilakukan 3 sampai 5 kali dalam satu hari. Dan mintalah juga menggunakan suara yang lantang.

BACA JUGA    Mеlаtіh Tаnggung Jаwаb Anak Sejak Dini. Bagaimana Caranya ?

Untuk mendukung kemampuan anak dalam menguasai hitungan ini, bisa menempelkan tabel perkalian di ruang belajarnya. Sehingga saat melihatnya pertama kali, anak-anak akan lebih mudah mengingatnya. Jika pengulangan dilakukan secara rutin, pasti semua kelompok angka perkalian bisa hafal di luar kepala.

3. Mengasah Secara Rutin

Selain memintanya untuk mengulangi hafalan, cara mengajarkan anak perkalian juga bisa dilakukan dengan mengadakan kuis ringan. Buatlah soal-soal sederhana dengan melibatkan masalah apa pun yang ada di sekitar. Gunakan barang-barang di rumah yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat pertanyaan.

Cara ini juga bisa dilakukan saat mengajak anak-anak jalan dan berbelanja. Cobalah memintanya membeli suatu barang di toko dengan jumlah tertentu. Lalu gunakanlah hitungan perkalian untuk menentukan besar uang yang harus dibayarkan. Tips tersebut lebih efektif jika dipraktekkan setiap hari.

4. Menggunakan Teknik Mnemonik

Anak-anak biasanya lebih mudah menghafal jika menggunakan bantuan media lain, seperti menciptakan pola kata atau ide lainnya. Cara ini dapat dimulai dengan memasukkan hitungan perkalian ke dalam sebuah lirik lagu yang memiliki nada ceria. Karena sebagian besar anak-anak pasti senang menyanyi.

BACA JUGA   Cara Terapi Anak Autis di Rumah yang Dapat Dilakukan

Cara lainnya yaitu mengubah kelompok angka tersebut menjadi susunan kalimat yang unik. Misalnya seperti ini, 1=apel, 2=merah, 3=dimakan, 4=anak, 5=bebek. Jika disusun mungkin terdengar konyol, yakni “apel merah dimakan anak bebek.” Tapi tips ini sangat jitu meningkatkan hafalan yang rumit.

5. Menggunakan Permainan

Hal yang sangat umum jika anak-anak senang bermain. Dan memasukkan pelajaran ke dalam sebuah permainan dipercaya mampu meningkatkan kemampuannya untuk lebih mudah memahami serta menghafal. Dalam hitungan perkalian ini para orang tua bisa memanfaatkan permainan kartu atau papan.

Manfaatkan pula kecanggihan teknologi saat ini. Sesekali ajak anak memainkan sebuah game yang di dalamnya terdapat soal tentang perkalian sederhana. Pertontonkan video-video berkarakter lucu yang membahas mengenai hitungan perkalian dari YouTube. Besar kemungkinan untuk anak menghafalnya dengan cepat.

Itulah cara mengajarkan anak perkalian dengan kegiatan yang menyenangkan. Dorongan orang tua sangat diperlukan agar anak-anak cepat menguasai pelajaran Matematika tersebut. Hadirkan suasana yang asyik saat belajar agar tidak bosan. Selipkan pula kuis dan permainan supaya lebih mudah menghafal.

 

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *