Tips Agar Bayi Mau Minum ASI Banyak, Tanpa Paksaan, Tanpa Muntah

1 min read

Tips agar bayi mau minum asi banyak

ASI harus menjadi asupan nutrisi utama bagi bayi. Apalagi, bagi bayi yang berusia 6 bulan ke bawah. Namun, ada kalanya bayi tidak ingin meminum ASI atau hanya minum ASI sedikit. Para ibu tidak perlu bingung karena ada tips agar bayi mau minum ASI banyak. Bahkan, para ibu tidak perlu sampai memaksa bayi untuk minum bayi.

Pada dasarnya, bayi sudah memiliki refleks haus yang akan membuatnya mencari minum dengan sendirinya. Jika, memang bayi tidak mencari ASI, itu berarti bayi memang sedang tidak merasa haus. Jika, hal ini yang terjadi pada ibulah yang harus melakukan penyesuaian seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Melakukan Kontak Kulit dengan Bayi Sesering Mungkin

Tips pertama yang bisa dilakukan agar bayi mau minum ASI yang banyak adalah melakukan kontak kulit dengan bayi. Jika bisa, kontak kulit ini harus dilakukan sesering mungkin antara ibu dan bayi. Hal ini agar si bayi semakin terbiasa dengan keberadaan si ibu dan mengenali ibunya.

BACA JUGA   Yuk, Simak Tahapan Bayi Baru Lahir Untuk Pengetahuan Sang Ibu

Dengan begitu, ketika sudah masuk jadwal untuk memberikan ASI dan bayi merasa haus. Tidak akan ada penolakan dari sisi si bayi. Bayi Pun merasa tenang dan mau minum ASI karena mengetahui bahwa yang memberikan ASI adalah ibunya.

2. Tunjukkan Pada Bayi Jika Ibunya Merasa Senang dan Santai

Menyusui bayi apalagi untuk ibu pemula bisa menjadi hal yang menegangkan. Para ibu sendiri pun mungkin merasa tidak terbiasa. Hal ini adalah hal yang sangat bisa dimaklumi dari para ibu  muda. Namun, hal ini jangan dibiarkan terus menerus terjadi dan dirasakan oleh si bayi.

Karena si bayi pasti bisa merasakan ketidaknyamanan dan ketegangan dari si ibu. Hal ini membuat bayi merasa tidak nyaman dalam gendongan si ibunya. Hal ini juga yang membuat si bayi tidak ingin minum ASI atau minum hanya sedikit.

Karena itu, penting untuk membuat diri sendiri rileks dan tenang. Sebelum, memberikan ASI pada bayi.

3. Ikuti Naluri Haus dari Si Bayi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebenarnya bayi memiliki naluri hausnya sendiri. Bayi akan secara otomatis mencari ASI jika memang merasa lapar dan haus. Para ibu harus bisa mengenali tanda pada bayinya. Jika, si bayi merasa kehausan dan membutuhkan ASI.

BACA JUGA   7 Rekomendasi Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Cepat Gemuk, Segera Coba!

Dengan begitu, ibu tidak perlu memaksa bayi untuk menyusu ASI. Tanda haus dan lapar pada setiap bayi bisa saja berbeda. Karena itu, para ibu harus banyak mengobservasi si buah hati, agar bisa memastikan tanda-tanda apa saja yang ditunjukkan si bayi ketika merasa haus dan lapar.

4. Kompresi Payudara

Tips agar bayi mau minum ASI banyak selanjutnya adalah melakukan perawatan dan kompresi pada payudara. Para ibu bisa melakukan pijatan lembut atau mengompres bagian payudara.  Hal ini perlu dilakukan agar aliran ASI semakin lancar dan tidak terhambat. Selain itu, mengurangi rasa sakit pada payudara ketika bayi menyusui.

5. Pastikan Payudara dan Tubuh dalam Kondisi Bersih dan Wangi

Ketika menyusui si bayi, pastikan tubuh sudah dalam keadaan bersih dan wangi. Terutama, di bagian dada dan puting. Indera penciuman bayi sudah mulai terbangun sejak masa awal kelahirannya. Karena itu, bau yang tidak sedap pasti bisa mengganggu aktivitas minum ASI si bayi.

Itulah berbagai tips agar bayi mau minum ASI banyak yang bisa dilakukan. Tidak perlu paksaan, apalagi sampai membuat bayi muntah. Para ibu bisa secara alami membuat bayi minum banyak ASI.

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di NotesParenting.com