Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi di Malam Hari

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari

Tak jarang bayi mengalami hidung tersumbat, meskipun kondisi ini tidak berbahaya namun dapat membuat bayi tidak nyaman. Kondisi yang tidak nyaman tersebut akan membuatnya menjadi rewel dan bahkan membuatnya susah tidur. Oleh karena itu, tentunya para ibu membutuhkan tips dan cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari.

Keadaan ini bisa menjadi salah satu tanda gejala pilek yang dialami oleh bayi. Gejala tersebut adalah bentuk respons yang diberikan oleh sistem kekebalan tubuh bayi terhadap suatu infeksi virus. Pada situasi seperti ini, tentunya bayi membutuhkan bantuan karena sistem pernapasan yang dimiliki masih belum matang. Berikut penjelasan lengkapnya:

Penyebab Hidung yang Tersumbat

Sebelum membahas cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari, ada beberapa penyebabnya yang harus para ibu ketahui. Hidung tersumbat biasanya terjadi pada saat jaringan rongga hidung terisi banyak cairan. Berikut penjelasan mengenai penyebab hidung tersumbat pada bayi:

  • Dikarenakan alergi terhadap sesuatu.
  • Terkena virus seperti flu yang dapat menyebabkan pilek.
  • Terdapat benda kecil yang masuk pada lubang hidung.
  • Menghirup udara yang kering.
  • Disebabkan oleh perubahan cuaca.
  • Menghirup zat polutan yang ada tersebar di udara.
  • Deviated septum, yaitu tulang rawan yang memisahkan atau berada di antara lubang hidung tidak sejajar.
BACA JUGA   Ketahui Kenapa Bayi Sering Mengejan serta Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Di Malam Hari

Para ibu bisa melakukan beberapa tindakan ketika menghadapi hidung tersumbat pada bayi. Cara tersebut tidak boleh sembarangan dan perlu berhati-hati. Cairan lendir pada hidung bayi harus dikeluarkan secara perlahan agar tidak memberikan dampak serius. Berikut cara yang bisa para ibu coba:

1. Menggunakan Humidifier

Humidifier merupakan sebuah alat yang dapat membantu menjaga kelembaban udara pada ruangan. Seperti pada pembahasan sebelumnya, salah satu penyebab hidung tersumbat pada bayi yaitu menghirup udara yang kering. Alat tersebut akan membantu meningkatkan kelembaban udara, ketika udara pada suatu ruangan terlalu kering.

Penggunaan humidifier pada ruangan juga dapat membantu untuk mengencerkan lendir pada hidung bayi. Gunakan alat ini sesuai dengan petunjuk yang ada. Para ibu bisa mendapatkan humidifier dengan mudah karena sudah banyak terjual di pasaran.

2. Obat Tetes Hidung

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi juga bisa dilakukan dengan memberikan obat tetes hidung atau biasa disebut larutan saline. Namun sebelum menggunakan obat tetes hidung ini sebaiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Pada umumnya obat tetes ini bisa dibuat sendiri menggunakan air garam.

BACA JUGA   Apakah Penyebab Bayi Rewel dan Tidak Mau Menyusu ? Simak Penjelasannya!

3. Pijat Daerah Hidung

Para ibu bisa melakukan pijatan lembut ketika bayi mengalami hidung tersumbat. Lakukan pijatan lembut pada area pangkal hidung, tulang pipi, alis dan bagian bawah kepala. Sentuhan tersebut dapat membantu menenangkan bayi dari napas yang tidak lancar ataupun mulai rewel.

4. Memposisikan Bayi Dengan Benar

Ketika bayi mengalami hidung tersumbat di malam hari, para ibu bisa memposisikan tidur bayi dengan benar. Posisi tidur yang salah ketika bayi mengalami hidung tersumbat hanya akan membuatnya susah tidur atau bahkan rewel. Posisikan kepala bayi agar lebih tinggi dari kakinya, yaitu dengan menggunakan bantal. Hindari untuk menidurkan bayi di box atau tempat yang sempit.

5. Memperbaiki Kualitas Udara

Menjaga kualitas udara di rumah maupun di kamar menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan, termasuk pada mencegah ataupun mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Hindari bayi dari asap rokok, hal pencetus alergen, seperti bulu hewan maupun debu. Bersihkan area kamar dan rumah secara teratur dan apabila menggunakan filter udara maka jangan lupa untuk sering menggantinya.

Itulah beberapa hal yang harus para ibu ketahui mengenai penyebab dan cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari. Apabila tidak berhasil untuk meringankan kondisi tersebut maka segeralah minta bantuan ke dokter.

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *