5 Tips Agar Bayi Cepat Lahir secara Normal

Tips agar bayi cepat lahir

Para ibu yang sedang hamil ternyata juga perlu untuk mengetahui tips agar bayi cepat lahir dengan normal. Hal ini dikarenakan, terkadang ibu merasa khawatir pada persalinan yang akan dijalankan. Alhasil, kondisi tersebut menyebabkan kontraksi sulit untuk muncul. Oleh karena itu, untuk membantu para ibu dalam melahirkan bayinya, maka berikut tipsnya:

1. Gunakan Birthing Ball

Rekomendasi pertama untuk tips agar bayi cepat lahir dengan normal dan lancar, yakni bisa menggunakan birthing ball. Adapun perlu diketahui terlebih dahulu bahwa birthing ball ini adalah bola besar yang terbuat dari karet. Nantinya para ibu yang menggunakan alat ini akan bisa menjaga postur punggung tetap tegak sempurna.

Dengan begitu, para ibu juga akan terhindar dari risiko nyeri punggung ketika sedang kontraksi dan melahirkan. Selain itu, penggunaan birthing ball ini juga bisa membantu memindahkan janin dalam rahim ke posisi yang lebih tepat. Alhasil, proses persalinan bayi pun akan lebih lancar dan mudah.

2. Lakukan Pijat Akupresur

Selain digunakan untuk mengatasi rasa mual di pagi hari, pijat akupresur ternyata juga bisa membantu untuk menghasilkan induksi alami. Selain itu, akupresur ini juga bisa menghentikan pendarahan pada bulan awal ketika hamil. Namun sebelum melakukan hal ini, alangkah baiknya jika dibantu dengan orang yang memang sudah berpengalaman menangani ibu hamil.

BACA JUGA   Simak 5 Penyebab Bayi Kagetan, Penting Untuk Para Bunda

Selain itu, pastikan juga kondisi ibu sudah diperiksakan terlebih dahulu kepada dokter kandungan. Lalu, perhatikan arahan yang diberikan kepada dokter ketika ingin melakukan pijat ini. Dengan begitu, upaya ini akan mencegah ibu hamil dari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Konsumsi Pisang dan Kurma

Perlu diketahui bahwa pisang menjadi buah yang sangat baik untuk dikonsumsi guna membantu kontraksi secara alami saat persalinan. Hal ini dikarenakan, buah tersebut mengandung kalium yang tinggi, sehingga sangat bagus untuk membentuk merangsang kontraksi otot, termasuk pada rahim.

Selain pisang, ternyata ada buah lain yang juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, yakni kurma. Hal ini dikarenakan, kurma juga bisa berperan sebagai induksi alami yang sudah dibuktikan dengan studi skala kecil. Selain itu, buah ini juga bagus untuk mendorong serviks ibu hamil supaya lebih lunak, sehingga persalinan lebih cepat.

4. Lakukan Stimulasi Puting

Dengan melakukan stimulasi pada puting ibu hamil, maka akan membuat proses kontraksi lebih cepat datang ketika masa persalinan. Cara ini pun juga terbilang sangat mudah untuk dilakukan, karena bisa dikerjakan secara sendirian. Lalu, stimulasi puting ini bisa membantu ibu hamil, karena dapat menyebabkan rahim mudah berkontraksi dengan melepaskan oksitosin.

BACA JUGA   Inilah 5 Manfaat Alpukat untuk Bayi yang Perlu Diketahui

Agar lebih mudah melakukan upaya ini, maka para ibu hamil bisa dibantu dengan pompa ASI atau breast pump. Namun sebelum melakukan kegiatan stimulasi puting ini, alangkah baiknya juga jika berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini agar upaya ini bisa lebih menimbulkan dampak positif yang lebih maksimal.

5. Lakukan Olahraga Renang

Olahraga yang bisa membantu menghasilkan induksi alami pada ibu hamil, yakni dengan berenang. Hal ini juga terbilang cukup santai dan menyenangkan, sehingga tidak akan membuat ibu hamil merasa lelah ataupun stress.

Adanya tekanan lembut yang dihasilkan dari air kolam ternyata akan membantu bayi agar lebih mudah bergerak dalam rahim. Alhasil, sang bayi nantinya akan lebih aktif membantu sang ibu untuk proses persalinan lebih cepat.

Demikianlah ulasan terkait tips agar bayi cepat lahir secara normal yang bisa membantu para ibu hamil. Dengan mengetahui informasi ini, maka para ibu tidak akan merasa khawatir lagi ketika ingin melakukan proses persalinan. Selain itu, tips tersebut juga bisa membantu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat proses melahirkan.

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *