Begini Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu yang Perlu Ibu Ketahui

Tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu

Merawat bayi yang baru lahir tentu menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Terlebih yang baru memiliki bayi. Pasalnya, terkadang bayi yang baru lahir tidak memiliki berat badan yang ideal. Tentu hal ini akan menjadi tugas ibu untuk merawatnya dengan baik. Lantas, bagaimana tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu?

Memang, berat badan bayi akan mengalami penurunan beberapa hari setelah kelahirannya. Namun, tak perlu khawatir sebab berat badannya akan kembali normal setelah memasuki usia dua minggu. Untuk mendukung proses pertumbuhan bayi maka ibu mesti memberikan nutrisi yang cukup. Berikut tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu:

1. Selalu Memberikan ASI Eksklusif

Cara pertama yang bisa ibu lakukan jika ingin bayinya cepat gemuk adalah selalu memberikan ASI eksklusif. Seperti yang sudah diketahui bahwa ASI adalah sumber nutrisi utama pada bayi yang belum bisa mencerna makanan padat. Maka dari itu, seorang ibu mesti menyusui bayi sesuai jadwal atau saat bayi menunjukkan tanda-tanda lapar.

2. Perhatikan Waktu Tidur Bayi

Pada umumnya, kegiatan yang dilakukan oleh bayi baru lahir hanyalah tidur dan makan. Maka tak heran jika bayi memerlukan waktu tidur yang banyak yakni 16 jam setiap harinya. Supaya tidur bayi mencukupi, pastikan berada dalam kondisi yang nyaman. Sementara itu, ibu juga harus menjaga supaya bayi tetap minum ASI pada waktu yang sesuai.

BACA JUGA   7 Penyebab Bayi Meninggal dalam Kandungan, Harus Waspada!

3. Melakukan Pijat

Selain memberikan ASI yang cukup dan menjaga waktu tidur bayi, juga harus melakukan pijat. Sebab, pijat diklaim mampu meningkatkan berat badan bayi serta melancarkan pencernaan. Nah, untuk melakukan pemijatan cukup dengan menggerakan tangan secara lembut pada bagian tubuh bayi memakai minyak. Kemudian, bicaralah denga bayi secara perlahan agar membuat bayi lebih rileks.

4. Bantu dengan Susu Formula

Tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu selanjutnya adalah membantu ASI dengan susu formula. Pasalnya, susu formula bisa membantu menambah suplai nutrisi, namun bukan berarti menggantikan peran ASI secara total. Hanya saja, ibu mesti memilih susu formula yang tepat dimana mengandung gizi tinggi supaya berat badan bayi cepat meningkat.

5. Mencegah Tongue Tie

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa tongue tie merupakan kondisi dimana bawah lidah bayi terikat dengan permukaan mulut. Tentu hal ini membuat lidah bayi menjadi sulit bergerak sehingga akan sulit untuk menyusui dengan baik. Jika demikian maka segera konsultasikan dengan dokter agar bayi bisa kembali menyusui dengan baik.

BACA JUGA   Simak 5 Penyebab Bayi Kagetan, Penting Untuk Para Bunda

6. Berikan MPASI bergizi tinggi

Apabila bayi telah beranjak usia enam bulan, maka ibu sudah bisa memperkenalkan makanan pendamping ASI. MPASI sendiri bermanfaat untuk membantu kecukupan nutri sekaligus menambah berat badan bayi. Tentu saja MPASI yang baik adalah yang mengandung lemak seperti buah alpukat. Selain yang mengandung lemak, juga yang kaya akan protein seperti daging.

7. Menerapkan Teknik Kangguru

Cara terakhir agar bayi cepat gemuk adalah menerapkan teknik kangguru. Dimana cara ini mengharuskan ibu untuk menggendong bayi setiap saat. Memang, cara yang satu ini terbilang sangat aneh. Namun, diklaim ampuh dalam meningkatkan berat badan bayi. Sebab dengan menggendong bayi akan membuatnya merasa nyaman dan mengurangi bayi menangis terus.

Itulah penjelasan singkat terkait dengan Tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu yang bisa ibu lakukan. Jadi apabila berat badan bayi menurun, tak perlu khawatir sebab ibu bisa menerapkan cara tersebut untuk menambah berat badannya.

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di NotesParenting.com

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *