Ketahui Tips Agar Anak Mau Makan dengan Lahap

Tips Agar Anak Mau Makan

NotesParenting.com – Tips Agar Anak Anda Mau Makan dengan Lahap. Picky eater atau susah makan cenderung terjadi pada anak-anak dengan usia setahun sampai lima tahun. Tentu hal ini merupakan persoalan yang cukup serius dan membuat orang tua menjadi uring-uringan tak menentu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebenarnya ada beberapa tips agar anak mau makan yang dapat diterapkan oleh orang tua. Berikut adalah penjelasan lengkapnya, yaitu:

Penyebab Nafsu Makan Si Kecil Menurun

Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya ayah dan ibu harus tahu terlebih dahulu alasan mengapa anak malas makan. Berikut poin-poin penting terkait penyebab nafsu makan si kecil menurun, diantaranya:

  • Mengalami gangguan kesehatan yang memicu si kecil tidak nafsu makan, seperti sakit kepala, tenggorokan hingga demam
  • Adanya tekanan atau stres yang terjadi pada anak baik itu karena lingkungan sekolah, rumah atau faktor pelajaran
  • Pengaruh dari pemberian obat-obatan yang memiliki efek samping terhadap nafsu makan anak, sehingga si kecil menjadi picky eater

Tips Agar Anak Mau Makan Lahap

Tidak hanya mengetahui beberapa penyebab menurunnya nafsu makan si kecil seperti sudah dijelaskan di atas. Namun orang tua perlu mengetahui apa saja tips anak agar mau makan yang akan dibahas sebagai berikut:

BACA JUGA   Begini Cara Mengatasi Gusi Bengkak Pada Anak Beserta Penyebabnya

1. Hindari Memaksa Si Kecil untuk Makan

Kebanyakan orang tua sering memaksa anaknya untuk makan dengan cara yang cenderung kurang baik. Inilah yang menyebabkan anak menjadi marah, sehingga berimbas pada kehilangan selera bahkan tidak mau makan. Karenanya, sebaiknya ajak anak makan secara lembut dan halus agar nafsu menjadi tak terganggu.

2. Pakai Tempat Makan dengan Bentuk yang Menarik

Anak-anak cenderung menyukai sesuatu hal menarik yang membuatnya penasaran atau bersemangat. Salah satunya, tempat makan dengan variasi gambar maupun bentuk yang unik seperti Hello Kitty, Doraemon, Upin Ipin, dan masih banyak lagi. Biasanya cara ini cukup berhasil membuat selera makan dari si kecil meningkat.

3. Buat Jadwal Makan Rutin

Tips agar anak mau makan berikut ini dapat mempengaruhi pola makan saat beranjak dewasa nanti. Disini orang tua bisa mengatur jadwal yaitu, 3x (makan utama) dan 2x (camilan) per harinya. Namun, jangan lupa untuk tetap selalu memperhatikan nutrisi yang akan dikonsumsi oleh si kecil demi masa tumbuhnya.

4. Ajak Si Kecil untuk Menyiapkan Menu Makanan

Apabila si kecil memiliki jenis makanan favorit, ajaklah untuk turut serta menyediakan menu. Biasanya anak akan merasa senang saat orang tua memberikan kebebasan dalam memilih variasi makanan atau camilan yang akan dimakan. Tentu selera makan akan semakin meningkat karena sesuai dengan yang dimau si kecil.

BACA JUGA   Cara Menghilangkan Panu di Wajah Anak Paling Mudah

5. Ajak Teman-teman Si Kecil Ikut Makan

Bagi orang tua yang rumahnya dekat dengan teman-teman dari si kecil, tips satu ini dapat dicoba. Anak cenderung lebih semangat makan apabila ada teman-teman yang ikut meramaikan suasana makan. Orang tua bisa mengundang dan membuat semacam mini party baik itu di dalam rumah maupun halaman belakang.

6. Jauhkan Hal yang Dapat Mengalihkan Perhatian Si Kecil

Tips satu ini terbilang cukup mudah dilakukan oleh orang tua. Anak-anak hanya perlu dijauhkan dari hal-hal yang mengganggu perhatian si kecil, seperti mainan, binatang kesayangan atau televisi. Dengan begitu, dijamin anak akan lebih fokus untuk menyantap makanan yang dihidangkan.

7. Konsultasi dengan Dokter Anak

Apabila dirasa si kecil mengalami gangguan kesehatan dan membuatnya tidak nafsu makan, maka orang tua dapat membawanya ke dokter anak. Disini orang tua bisa bertanya seputar kondisi anak mengapa tak mau makan, pengaruh obat-obatan, hingga kebutuhan nutrisi. Memastikan kesehatan si kecil akan mempengaruhi tumbuh kembangnya supaya lebih baik.

Itulah informasi seputar tips agar anak mau makan yang bisa dijadikan acuan oleh orang tua. Jangan sampai karena si kecil malas makan, berpengaruh pada tumbuh kembang menjadi tidak sempurna. Berikan pula makanan kesukaan dan kegiatan yang menunjang peningkatan nafsu anak agar lebih baik.

 

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *