Inilah 3 Tanda Tanda Anak Cacingan Dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

tanda tanda anak cacingan dan cara mengatasinya

Cacingan pada anak merupakan suatu penyakit menular yang kerap terjadi. Hal tersebut, menjadi permasalahan kesehatan yang banyak terjadi rentan pada 5- 10 tahun. Para orang tua tentu harus mengenali tanda tanda anak cacingan dan cara mengatasinya. Adapun berikut, penjelasan lengkapnya:

Tanda Tanda Anak cacingan Berdasarkan Jenis Cacingnya

Penyakit cacingan memang rentan terjadi pada si kecil, apalagi ketika aktif bermain di luar. Biasanya, ketika bermain di tanah. Hal itulah yang sering kali menjadi penyebab adanya cacingan pada anak.

Terdapat beberapa jenis cacingan yang sering terjadi. Dimana, cacingan itu dikarenakan oleh cacing tambang, cacing gelang serta cacing cambuk. Adapun, berikut tanda-tanda anak terkena cacingan dan cara mengatasinya berdasarkan jenis cacing tersebut:

1. Tanda Tanda Anak Kena Cacing Tambang Dalam Tubuhnya

Terdapat cacing tambang yang dapat masuk melalui kulit. Hal ini bisa terjadi ketika berjalan tanpa alas di tanah. Hal tersebut, akan rentan seseorang dimasuki telur atau larva cacing tambang dan masuk lewat kulit.  Adapun, berikut tanda-tandanya:

BACA JUGA   Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Anak Anak? Ini Jawabannya!
  • Mudah kelelahan.
  • Terdapat adanya ruam merah yang muncul di kulit disertai dengan gatal.
  • Nafsu makan yang hilang.
  • Berat badan menurun.
  • Diare dan sakit perut.
  • Terjadi demam dan masalah pernapasan.
  • Gatal di area anus.

2. Tanda Tanda Anak Terkena Cacing Cambuk

Penyakit cacingan yang dialami oleh anak, biasanya disebabkan juga oleh cacing cambuk. Dimana, cacing cambuk akan masuk pada tubuh, ketika seseorang tidak sengaja menelan makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan larva atau telur. Adapun, berikut beberapa tandanya:

  • Penurunan berat badan.
  • Mengalami peningkatan buang air besar dengan rasa sakit.
  • Diare disertai darah.
  • Sakit perut.
  • Muntah serta Mual.
  • Tidak nafsu untuk makan.

3. Tanda Tanda Anak Kena Cacing Gelang Dalam Tubuhnya

Berikutnya ada cacing gelang yang menjadi cacingan pada tubuh. Infeksi cacing ini biasanya disebabkan karena makanan yang tidak tercuci dengan bersih, sehingga larva atau telur cacing gelang tertelan. Adapun, berikut tanda-tandanya:

  • Cacing gelang yang terjadi pada paru-paru akan menyebabkan demam, batuk, sesak napas.
  • Cacing gelang yang terjadi di usus, akan menyebabkan menurunnya nafsu makan, mual, diare, sakit perut, gangguan pertumbuhan, dan cacing dalam tinja.
BACA JUGA   Anak Batuk Berdahak, Begini 5 Cara Mudah Mengatasinya

Cara Mengatasi Cacingan Pada Anak

Mengetahui tanda tanda anak cacingan dan cara mengatasinya tentu sangat penting. Apalagi, cacingan pada anak menyebabkan penghambatan dalam pertumbuhan anak. Dimana, anak akan menjadi kurang sehat dan akan membahayakan jika dibiarkan. Untuk cara mengatasinya bisa simak berikut:

1. Memberikan Obat Cacing

Ketika anak telah terinfeksi cacing pada tubuhnya, maka cara mengatasinya adalah dengan memberikan obat. Namun, sebelum itu periksakanlah kepada dokter. Supaya dokter akan memberikan obat cacing yang tepat.

2. Memotong Kuku dan Tidak Menggigitnya

Cara mengatasi anak yang terkena cacingan bisa dengan menjaga kuku agar tetap bersih. Potonglah kuku anak dan tetap pendek. Hal ini, agar cacing tidak bersarang pada kuku anak yang Panjang. Selain itu, tidak menggigiti kuku.

3. Mencuci Tangan dengan Teratur dan Mengenakan Pakaian Bersih

Melakukan cuci tangan dengan bersih dan teratur, akan membuat anak terjaga dari cacing. Biasakan untuk mencuci tangan dengan bersih setiap kali akan makan, setelah main dan akan tidur. Selain itu, juga mengenakan pakaian bersih dan cuci dengan bersih.

4. Memakan Makanan Bersih

Paling penting dalam mengatasi cacingan adalah tetap mengkonsumsi sayur serta buah. Namun, dalam mengkonsumsi makanan tersebut harus bersih. Cuci bersih makanan dengan air yang mengalir.

Itulah tadi beberapa tanda tanda anak cacingan dan cara mengatasinya dengan tepat. Tentunya, orang tua harus mengenali setiap perubahan dalam diri anak, agar jika ada gejala cacingan bisa diatasi dengan baik. Paling penting adalah menjaga kebersihan.

Baca artikel parenting lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *