6 Tanda Anak Alergi Susu Sapi. Bisa Sebabkan Kematian!

Tanda Anak Alergi Susu Sapi

Susu mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh anak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Sayangnya respon tubuh terhadap susu, khususnya susu sapi, berbeda di tiap anak. Ada yang baik-baik saja, dan ada pula yang menunjukkan reaksi alergi. Makanya, orang tua perlu mengamati ada tidaknya tanda anak alergi susu sapi.

Selain dalam bentuk susu sapi murni, alergi juga bisa timbul pada produk yang terbuat dari susu sapi seperti kue, yoghurt, dan es krim. Biasanya tanda alergi akan muncul beberapa jam bahkan menit setelah pemberian susu sapi pada anak. Adapun beberapa tanda anak alergi susu sapi serta cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

Ciri-Ciri Anak Alergi Susu Sapi

Tiap tubuh bisa memunculkan tanda yang berbeda sebagai bentuk perlindungan diri terhadap benda asing yang masuk. Selain itu, ciri alergi pun dipengaruhi oleh tingkat keparahannya. Namun, umumnya, pada anak yang mengalami alergi terhadap susu sapi akan terlihat beberapa tanda berikut:

1. Diare

Diare merupakan tanda alergi susu sapi pada anak yang paling sering muncul.. Ini terjadi sebagai reaksi penolakan tubuh, lebih tepatnya pencernaan anak terhadap senyawa tertentu yang ada pada susu. Reaksi ini terjadi cenderung cepat−beberapa menit setelah mengkonsumsi susu. Jika tidak segera ditangani, diare bisa mengakibatkan anak menjadi lemas karena kekurangan cairan.

BACA JUGA   Inilah 5 Manfaat Alpukat untuk Bayi yang Perlu Diketahui

2. Batuk dan/atau Gangguan Pernapasan

Bukan hanya masalah pada pencernaan, alergi terhadap susu sapi juga bisa mempengaruhi pernapasan. Batuk, mengi, pilek, bahkan kesulitan bernapas bisa jadi merupakan ciri anak alergi susu sapi. Tahap awal kondisi ini adalah anak mulai bersuara serak dan nampak kesakitan saat menelan. Setelah itu, anak akan mulai batuk disertai napas berbunyi (mengi).

3. Menangis Ketika Meneguk Susu

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, alergi susu sapi bisa mengganggu saluran pernapasan pada anak. Kondisi ini juga berhubungan dengan keadaan dimana anak akan merasa tenggorokannya sakit dan sesak. Akibatnya, anak akan menolak meminum susu. Sementara pada batita, bayi akan menangis saat menelan susu tersebut.

4. Timbul Bintik Merah

Bukan hanya pada orang dewasa, bintik merah juga dialami anak saat tubuh menolak zat yang ada pada susu. Ruam sebagai tanda anak alergi susu sapi biasanya muncul pada area wajah, utamanya di sekitar bibir dan mata. Kondisi ini kerap membuat anak menjadi rewel karena ruam akan disertai rasa gatal.

5. Bengkak pada Bagian Tertentu

Bengkak pada bagian tubuh tertentu pada anak merupakan hal yang harus diwaspadai orang tua. Bisa jadi itu merupakan reaksi yang timbul akibat alergi terhadap susu sapi. Lebih parahnya lagi, kondisi tersebut bisa menyebabkan anafilaksis yang berujung pada kematian. Pembengkakan biasanya terjadi pada wajah, terutama area bibir dan sekitar mata.

BACA JUGA   6 Manfaat Empeng Untuk Bayi yang Penting untuk Diketahui

6. Kembung

Perut kembung tidak selalu berarti masuk angin. Pada anak, terutama batita, perut kembung bisa jadi adalah penanda anak yang sedang menderita alergi susu sapi. Hal ini karena sistem imunitasnya bereaksi berlebihan terhadap senyawa yang dihasilkan oleh susu sapi. Akibatnya system pencernaan pun terganggu dan perut menjadi kembung.

Pencegahan dan Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi

Alergi susu sapi jarang terjadi, namun orang tua tetap harus waspada dan memperhatikan setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak. Sebagai tindak pencegahan, periksakan anak ke dokter untuk mengetahui apakah anak memiliki alergi tersebut atau tidak. Cara lain adalah dengan memberikan susu sapi dalam jumlah yang sedikit di tahap awal konsumsi.

Jika sudah terlanjur dan timbul tanda alergi, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter. Kemudian hindari memberikan susu sapi baik dalam bentuk langsung maupun produk olahan. Sebagai pengganti susu sapi, orang tua bisa menggunakan alternatif lain seperti susu kedelai.

Itulah beberapa tanda anak alergi susu sapi yang dapat dipelajari. Tak lupa, reaksi alergi tersebut bisa muncul saat konsumsi susu sapi pada dosis tertentu. Selain itu, artikel ini telah memberikan informasi cara pencegahannya. Selalu awasi apa yang dikonsumsi oleh anak dan jangan biarkan alergi berlarut.

 

Baca artikel bermanfaat lainnya di AnakIslam.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *