5 Stimulasi Bayi 6 Bulan, Baik Untuk Perkembangan Si Kecil

Stimulasi Bayi 6 Bulan

NotesParenting.com – Bayi yang sudah berusia 6 bulan pasti terlihat begitu lucu dan menggemaskan karena tingkah lakunya yang semakin berkembang. Pada usia ini, interaksi dengan si bayi semakin jelas, variatif dan menyenangkan. Ia mulai bisa memberikan bahasa tubuh untuk mengatakan sesuatu. Untuk terus merangsang perkembangan si bayi, bisa dengan melakukan stimulasi bayi 6 bulan berikut ini:

1. Mainan yang Bergerak

Stimulasi pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memberi mainan bergerak kepada bayi. Hal ini sangat bagus untuk perkembangan motorik dan sensoriknya saat si bayi berusaha untuk menggenggam atau meraih mainan tersebut. Selain itu, mainan yang bergerak juga akan melatih mata bayi karena matanya pasti akan terus mengikuti arah gerak mainan.

Contoh mainan ini yaitu mainan yang berupa baling-baling yang berputar atau mainan berbentuk pesawat yang terbang memutar. Orang tua juga dapat bermain bersama si kecil dengan cara memberinya bola. Caranya bisa dengan menggelindingkan bola ke arah bayi dan bisa juga memintanya untuk melemparkannya. Tapi, pilihlah bola dengan ukuran yang pas dan empuk.

2. Mainan Dengan Tombol

Pada usia ini, bayi mulai aktif bergerak dengan berbagai macam gerakan mungil yang menggemaskan. Tangannya mulai aktif untuk meraih sesuatu dan memainkannya atau menekannya. Oleh sebab itu, mainan yang dilengkapi dengan tombol dan dapat mengeluarkan bunyi dapat menjadi pilihan yang tepat. Sehingga, motorik dan sensorik si bayi juga akan terlatih dengan mainan ini.

BACA JUGA   Para Ibu Harus Tahu! Inilah Penyebab Bayi Sering Muntah

Biasanya, terdapat mainan bayi dengan warna cerah yang dilengkapi dengan beberapa tombol. Apabila ditekan, maka bisa mengeluarkan bunyi musik atau bunyi lainnya, seperti suara hewan dan transportasi. Dengan demikian, bayi juga akan banyak belajar mengenai banyak bunyi di sekitarnya. Kegiatan bermain dengan si kecil akan terasa semakin menyenangkan.

3. Buku Cerita

Kegiatan stimulasi bayi 6 bulan lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan buku cerita. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat memperbanyak kosakata bayi dan kemampuan otaknya. Inilah yang membuat kegiatan berdongeng sebelum tidur sempat populer dan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Buku cerita yang dipilih haruslah buku yang memiliki lebih banyak gambar dan warna daripada tulisan. Bisa juga memilih buku cerita yang interaktif, seperti buku pop up atau bisa juga dengan buku kain. Bacakanlah cerita dengan interaktif dan dengan suara lembut dalam durasi yang sebentar saja. Selanjutnya, biarkan bayi menikmati buku dengan caranya sendiri.

BACA JUGA   Tips Agar Bayi Mau Minum ASI Banyak, Tanpa Paksaan, Tanpa Muntah

4. Boneka

Boneka menjadi salah satu mainan yang sangat populer bagi anak-anak di berbagai jenjang usia. Mainan satu ini bisa juga digunakan untuk merangsang stimulus bagi bayi yang berusia 6 bulan. Namun, untuk bayi pastinya harus dipastikan boneka tersebut aman dari barang kecil yang mungkin tertelan dan bahannya halus.

Si kecil pasti sangat suka saat diberikan boneka dengan bentuknya yang lucu dan warnanya yang cerah. Apalagi di usia 6 bulan, bayi sangat suka memegang, meremas atau menggigit sesuatu. Boneka menjadi alternatif tepat untuk memberikan rangsangan motorik sekaligus mainan aman dan menyenangkan.

5. Boneka Tangan

Selain boneka pada poin sebelumnya, bisa juga dengan memberikannya boneka tangan saat bermain bersama. Boneka tangan ini begitu menarik karena orang tua bisa menggunakannya untuk berinteraksi dengan si kecil. Bisa juga dengan membacakan suatu cerita dan memperagakan dengan boneka tangan tersebut.

Usia 6 bulan merupakan usia atau tahap penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh sebab itu, berikan stimulasi bayi 6 bulan yang tepat dan aman demi tumbuh kembangnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk memberikan stimulasi terbaik bagi si kecil.

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *