Inilah 5 Penyebab Bayi Mencret Minum Asi yang Perlu Diketahui Para Ibu!

penyebab bayi mencret minum asi

Tidak sedikit ibunda yang mengalami masalah bayinya diare walau sudah diberikan ASI secara eksklusif. Namun, walau demikian janganlah menjadikan masalah tersebut untuk jadi alasan menghentikan pemberian ASI pada bayi. Jadi, bila mengalami masalah tersebut, bunda jangan lah panik tetapi yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu mencari penyebab bayi mencret minum asi itu sendiri.

Sebab, untuk mengatasi mencretnya bayi bila menyusu ASI itu ibunda harus mengetahui asal mula terjadinya masalah itu. Jangan terlalu panic yang berlebihan karena itu juga dapat berpengaruh pada bayinya. Adapun penyebab yang biasa terjadi bila bayi mengalami diare ketika pemberian ASI secara eksklusif yaitu:

1. Penyakit Infeksi

Terkadang bayi mengalami diare itu juga karena virus sekitar yang datang menyerang. Misalnya ada orang disekitarnya mengalami flu perut maka nanti akan menularkan pada anak kecil yang berada di dekatnya.

Atau bisa jadi karena bayi tersebut melakukan kontak fisik dengan mainannya yang dalam kondisi kotor. Hal tersebut dapat menyebabkan berkembangnya bakteri infeksi yang dapat menyebabkan mencret pada bayi.

2. Makanan Si Bunda

Penyebab bayi mencret minum asi lainnya bisa datang karena makanan yang dikonsumsi oleh bundanya. Sebab bayi yang diberi ASI punya punya kaitan yang sangat erat dengan gizi yang harus diterima oleh si ibu.

Seperti halnya bila sibunda makan makanan yang pedas, maka si bayi akan mengalami sakit perut atau bahkan bisa terjadi mencret. Jadi dari sini, bisa diketahui bila Si Ibu memberikan ASI Eksklusif sebaiknya menjaga pola makan dan hindari makanan yang dapat mempengaruhi kondisi di kecil.

3. Mengonsumsi Antibiotik

Satu lagi yang dapat menyebabkan bayi diare yaitu pemberian obat antibiotik. Biasanya obat tersebut diresepkan oleh dokter untuk penyakit tertentu, sebab fungsi nya untuk melawan bakteri berbahaya yang ada didalam tubuh.

Namun hal tersebut bisa saja menjadi pemicu diare pada si kecil yang diberikan ASI. Sebab, obat itu sendiri dapat mengganggu kerja keseimbangan bakteri lain yang ada di usus bayi.

4. Memiliki IBS atau Iritasi Usus Besar

Penyebab yang satu ini merupakan masalah yang serius untuk bayi karena IBS ini termasuk penyakit kronis yang mengganggu kinerja saluran pencernaan. Si kecil yang mengidap penyakit yang satu ini ditandai dengan gejala awal yaitu diare setelah minum ASI.

BACA JUGA   5 Rekomendasi Makanan MPASI 6 Bulan Bergizi untuk si Kecil

Biasanya IBS yang terjadi pada bayi disebabkan karena salah satu bakteri yang ada dalam tubuh si kecil tumbuh secara berlebihan atau bisa jadi terjadi gerak kontraksi pada usus yang bermasalah. Kondisi ini biasanya terjadi dalam waktu yang lumayan lama.

5. Intoleransi Laktosa

Terakhir yang menjadi penyebab bayi mencret ialah bayi tidak bisa mencerna laktosa yang terdapat pada ASI atau sering disebut dengan Intoleransi Laktosa. Si kecil yang mengalami hal tersebut biasanya di dalam tubuhnya tidak mempunyai enzim laktase.

Padahal ASI itu sendiri memiliki kadar laktase yang cukup tinggi yaitu perkiraan 6,98%. Dan hal itu sebenarnya sangat bagus untuk bayi sebab bisa digunakan untuk menjadi sumber energy yang paling utama bagi si kecil.

Itulah tadi beberapa penyebab bayi mencret minum asi yang kadang bisa terjadi pada ibu-ibu diluar sana. Namun bila mengalami hal tersebut janganlah panik terlebih dahulu dan juga jangan langsung diberi obat oralit. Lebih baik tetap berikan ASI seperti biasa, tetapi jika terus berlanjut barulah segera periksakan si kecil ke dokter.

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *