Ingin Tahu Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung ? Simak Penjelasannya!

penyebab bayi gumoh lewat hidung

Sebenarnya Gumoh saat bayi masih dalam masa perkembangan itu adalah hal biasa terjadi, jadi para bunda tidak perlu khawatir. Sebab itu dikarenakan anak yang kekenyangan setelah menyusu. Namun ada juga kasus yang keluarnya melalui hidung. Saat mengalami hal tersebut, bunda jangan lah langsung panik karena penyebab bayi gumoh lewat hidung itu disebabkan oleh beberapa hal.

Maka dari itu para ibunda yang mempunyai bayi janganlah terburu- buru panik saat bayinya mengalami gumoh baik melalui mulut maupun hidung. Karena, hal itu merupakan masalah yang wajar dan normal terjadi pada bayi yang menyusu. Kondisi bayi yang mengalami gumoh tersebut biasanya karena seorang ibu menyusuinya dengan posisi kepala bayi yang miring.

Inilah Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwasanya bayi gumoh lewat hidung itu karena sistem refleknya masih belum maksimal. Lebih tepat nya dikarenakan oleh kondisi otot yang terletak di antara kerongkongan dan perut belum mengalami perkembangan yang secara penuh.

Itulah yang membuat anak bayi akan mengalami masalah gumoh, sebab susu yang diminum terlalu banyak dari kapasitas perut bayi itu sendiri hingga mengakibatkan susu tersebut naik kembali. Adapun penyebab terjadinya gumoh melalui hidung sebagai berikut :

BACA JUGA   Kеmаmрuаn Anаk Uѕіа 2 Tаhun уаng Idеаl. Sереrtі Apa ?

1. Udara Bercampur dengan Susu

Biasanya seorang bayi yang kelaparan akan menangis dan mencari susunya. Hal tersebut akan berakibat bayi tersebut buru-buru minum susu hingga menyebabkan minuman tersebut tercampur dengan udara ketika meminumnya.

Bila hal itu terjadi, biasanya tak selang beberapa lama setelah minum, udara yang ada di dalam perut bayi akan mencoba keluar kembali disertai sedikit campuran susu yang tadi diminumnya. Namun masalah itu bisa terjadi melalui hidung ataupun mulut.

2. Gangguan Saat Menyusu

Sering kali bila seseorang baru memiliki anak, pastilah sanak saudara ataupun para tetangga dan kerabat akan menjenguk dan berkumpul. Hal itu akan menyebabkan suasana yang ada kan menjadi berisik dan ramai, dimana kondisi tersebut sebenarnya dapat mengganggu si bayi yang menyusu.

Biasanya bayi akan mengalami distraksi jika kondisi diatas berada disekitarnya, hal ini akan berakibat anak akan menyusu lebih banyak dari biasanya yang akan menyebabkan tersedak saat minum. Dan pastinya jika masalah itu terjadi bayi akan gumoh.

3. Proses Menelan Terganggu

Penyebab bayi gumoh lewat hidung lainnya yang kadang kala terjadi yaitu bila si bayi menyusu dalam kondisi sedang cegukan, batuk ataupun bersin. Tak jarang seorang bayi mengalami masalah tersebut saat menyusu.

BACA JUGA   Inilah 5 Manfaat Alpukat untuk Bayi yang Perlu Diketahui

Namun hal itu akan berakibat proses menelan susunya menjadi terganggu dan akan menyebabkan gumoh. Itu karena rongga yang berada di antara hidung dan tenggorokan terbuka secara bersamaan bila mengalami kondisi tersebut.

Cara Mengatasi Gumoh Melalui Hidung

Sebenarnya, bila gumoh itu terjadi nantinya akan berhenti dengan sendirinya. Namun tak jarang para ibu merasa khawatir dan memiliki kecemasan yang berlebih karena takut menimbulkan masalah yang lebih serius.

Maka dari itu banyak para ibu mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut, terutama ibu-ibu muda yang baru mempunyai anak pertama. Adapun cara mengatasi gumoh yang terjadi pada bayi adalah sebagai berikut:

  • Buat dan bantulah bayi untuk bersendawa ketika selesai menyusu.
  • Mengubah posisi tubuh bayi menjadi tegak setelah menyusuinya.
  • Membatasi asupan susunya, atau jangan membuat bayi terlalu kekenyangan.
  • Saat menyusui bisa meletakkan bayi dengan posisi terlentang agar mengurangi resiko mengalami gumoh.

Itulah penjelasan tentang penyebab bayi gumoh lewat hidung dan cara mengatasinya. Janganlah panic terlebih dahulu bila mendapati anak gumoh, karena hal itu masih termasuk wajar untuk anak bayi mengalaminya. Bisa dicoba cara diatas untuk mengatasi bayi bunda  yang mengalami gumoh.

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *