Simak 5 Penyebab Anak Susah Makan yang Wajib Diketahui

Penyebab anak susah makan

Makan menjadi kebutuhan pokok setiap orang semua kalangan termasuk anak-anak. Orang tua terkadang berupaya untuk membuat menu yang lebih variatif agar anak bisa makan dengan lahap, tetapi masih juga anak tak mau makan. Sehingga perlu diketahui penyebab anak susah makan.

Hal ini dapat membuat orang tua khawatir apabila anak tidak mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tubuhnya. Apalagi berbagai cara yang dilakukan tidak membuahkan hasil. Maka dari itu, kenali berbagai hal yang menjadi penyebab mengapa anak tidak mau makan seperti berikut:

1. Terjadi Gangguan

Pertama yang menjadi penyebab anak susah makan karena adanya sebuah gangguan. Bisa disebabkan karena berbagai penyebab, contohnya adalah anak terbiasa melakukan aktivitas ganda saat mengkonsumsi makanan. Terutama jika anak merasa fokusnya terganggu dan dapat merusak nafsu makan.

Contoh kecilnya anak yang sering makan sambil bermain ponsel atau menonton TV. Hal ini akan memecah konsentrasi sehingga anak lebih fokus pada hal lain ketimbang menghabiskan makanannya. Maka dari itu, jangan pernah membuat anak memiliki fokus yang terbagi ketika mengkonsumsi makanan.

2. Perasa yang Sensitif

Penyebab anak susah makan berikutnya karena anak tersebut memiliki perasaan yang begitu sensitive. Hal ini mungkin tidak dialami oleh kebanyakan anak yang memiliki lidah begitu sensitif terhadap berbagai hal. Terutama jika makanan yang dilakukan konsumsi terasa tidak enak dan tidak sesuai.

Dengan adanya hal tersebut tidak menutup kemungkinan membuat anak menolak suatu makanan yang telah disajikan. Karena adanya rasa yang tidak sempurna pada makanan yang hendak dikonsumsi ini. Sehingga, orang tua perlu menyadari hal tersebut dengan menilai dari sudut pandang anak.

3. Pergerakan usus Tidak Teratur

Berikutnya yang juga menjadi penyebab anak susah makan adalah karena adanya pergerakan usus yang tidak teratur. Anak yang mengalami permasalahan pada buang air besar akan menyebabkannya susah untuk makan. Tapi kebanyakan orang tua justru melewatkan hubungan yang terbilang penting ini.

Sangat perlu bagi orang tua untuk mengecek anak buang air besar secara teratur atau tidak. Ini mengindikasikan kondisi perut anak dalam kondisi nyaman atau tidak. Jika anak buang air dengan teratur maka bisa dipastikan bahwasanya nafsu makannya juga akan ikut membaik.

4. Terlalu Banyak Pilihan

Faktor berikutnya yang juga menjadi alasan mengapa anak sulit makan adalah karena tersedianya banyak pilihan. Dengan ini menyebabkan anak merasa bingung untuk memilih yang mana dan malah memutuskan tidak makan. Untuk mengatasi orang tua sebenarnya punya berbagai tips yang begitu mudah.

BACA JUGA   Aра Akibat Anаk Sеrіng Main Handphone ? Penting Membaca Artikel Ini

Salah satunya adalah dengan mempersempit pilihan anak untuk mengkonsumsi sebuah makanan. Contohnya saja memberikan pilihan ingin mengkonsumsi nasi putih atau hanya berupa nasi merah. Lalu jangan lupa kombinasikan dengan lauk pauk dan sayur untuk mencukupi kebutuhan gizi anak

5. Masalah Kesehatan

Faktor terakhir yang juga menjadi permasalahan utama mengapa anak sulit makan karena kesehatan. Hal ini dialami oleh anak yang baru saja sembuh dari sebuah penyakit yang diderita. Sehingga berbagai makanan yang masuk melewati kerongkongan semuanya terasa hambar dan mengurangi nafsu makan.

Terkait hal ini tentu saja butuh waktu bagi seorang anak untuk kembali pulih seperti sedia kala. Terutama dalam mencicipi berbagai makanan agar terasa normal lagi. Pada saat itu, orang tua juga dianjurkan untuk tidak memberikan paksaan bagi seorang anak.

Itulah sejumlah penjelasan berkaitan dengan penyebab anak susah makan. Dengan memahami berbagai penyebab yang ada membuat orang tua tahu untuk memilih langkah yang tepat dilakukan. Semua ini pastinya sangat berguna oleh berbagai orang tua yang ada di belahan dunia mana saja.

Baca artikel parenting lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *