Olahraga Ibu Hamil Trimester 3 Yang Mudah dan Murah

Olahraga Ibu Hamil Trimester 3

NotesParenting.com –¬†Memasuki kehamilan trimester 3 menjadikan calon ibu merasa tidak sabar menanti kelahiran sang buah hati. Ada rasa harap dan cemas yang menyelimuti hati ibu. Namun, penantian ini juga harus diimbangi dengan olahraga agar proses kelahiran dapat berjalan dengan lancar. Jika masih bingung apa saja jenis olahraga ibu hamil trimester 3 yang aman, berikut adalah informasi lengkapnya:

1. Berenang

Banyak yang mengatakan bahwa berenang merupakan olahraga yang menyenangkan karena dilakukan di dalam air dan dapat membuat hati menjadi tenang. Manfaat lainnya adalah dapat melatih otot pangkal paha dan juga punggung bagian bawah, sehingga akan memperlancar ibu saat proses persalinan tiba.

Perlu diperhatikan ketika memilih kolam renang, pastikan airnya minimal setinggi dada agar dapat menopang tubuh sang ibu. Tidak hanya itu saja, kolam renang yang dipilih adalah yang bersih dan tidak terlalu ramai. Hal ini ditujukan agar ibu dapat lebih leluasa dalam melakukan olahraga.

2. Berjalan

Berjalan merupakan olahraga yang paling murah dan paling mudah untuk dilakukan. Olahraga ini akan membuat tubuh ibu hamil terasa bugar sepanjang kehamilan. Ibu tidak perlu khawatir karena olahraga ibu hamil trimester 3 ini aman dilakukan jika mengetahui aturannya.

BACA JUGA   Penyebab Kenapa Bayi Tidak Mau Minum Asi Yang Harus Ibu Ketahui

Umumnya, olahraga ini dilakukan ibu hamil selama 15-20 menit saja. Namun, jika sudah mulai terbiasa dapat ditambahkan menjadi 30 menit per hari. Aturan tersebut tidak baku karena tergantung kemampuan sang ibu. Jika memang sudah merasa lelah sebaiknya jangan dipaksakan.

Olahraga berjalan alangkah lebih baik dilakukan di tempat yang sejuk seperti taman ataupun lapangan. Hal tersebut dapat membantu merefresh otak dan menjadikan hati menjadi lebih tenang. Jangan lupa minta ditemani pasangan agar olahraga ini lebih menyenangkan.

3. Senam Kegel

Jenis senam kegel sudah menjadi senam yang umum dilakukan oleh ibu hamil. Olahraga ini sangat mudah sekali dilakukan di rumah. Manfaatnya adalah dapat melatih otot-otot panggul dan otot sekitar area organ intim wanita agar lebih siap untuk menghadapi persalinan.

Cara melakukan senam ini yaitu dengan melakukan gerakan seperti orang yang menahan kencing. Posisi berdiri maupun duduk bisa dipilih oleh ibu sesuai dengan kenyamanannya. Sebaiknya, lakukanlah 3- 10 kali hitungan yang dilakukan secara berulang hingga 8 kali. Dalam satu hari, senam ini dapat dilakukan sebanyak 4 kali.

BACA JUGA   5 Cara Merawat Bayi Prematur yang Orangtua Wajib Tahu

4. Senam Jongkok

Memasuki trimester 3, perut akan semakin besar dan tentunya beban ibu menjadi lebih berat. Demi melancarkan persalinan, melatih otot panggul dan paha menjadi poin yang sangat penting. Untuk melatih otot tersebut dapat dilakukan dengan cara senam jongkok. Meskipun berat, namun sangat membantu sekali saat persalinan.

Gerakannya yaitu dengan meletakkan tangan di depan dada, kemudian melebarkan kaki selebar bahu. Lakukan gerakan tersebut naik turun yaitu dimulai dari posisi berdiri ke duduk. Jangan lupa lakukan pula secara perlahan agar tidak cepat lelah. Gerakan ini dibersamai pula dengan mengatur nafas selama 10 hitungan.

5. Senam Yoga Ball

Untuk melakukan olahraga ini dibutuhkan alat yoga ball. Alat tersebut dapat didapatkan secara mudah di toko terdekat. Dengan melakukan olahraga yoga ball dapat membantu meredakan nyeri ibu hamil saat memasuki semester 3 terutama di bagian punggung bawah.

Cara melakukan olahraganya yaitu dengan duduk dan digoyang-goyangkan perlahan. Lima olahraga ibu hamil trimester 3 tersebut dapat dicoba untuk membantu proses persalinan dan mengurangi rasa kontraksi ketika perut ibu sudah semakin membesar. Dengan melakukan olahraga tersebut, tubuh akan menjadi lebih ringan dan persalinan akan lancar.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *