Obat Bibir Bengkak Pada Anak yang Mudah Dicari dan Alami

Obat Bibir Bengkak Pada Anak

NotesParenting.com – Para orang tua pasti sangat khawatir jika anaknya yang masih berusia balita mengalami sakit. Padahal setiap sakit yang dialami oleh anak pasti ada obatnya. Entah itu sakit demam, batuk, pilek, bahkan sampai bibir bengkak selalu menjadi pikiran. Dengan begitu, mengetahui obat bibir bengkak pada anak adalah solusi yang tepat.

Akan tetapi, orang tua tidak boleh sembarangan memberikan obat apalagi ke anak-anak. Konsultasi dokter sangat diperlukan agar dosis pemakaiannya tepat sesuai anjuran. Untuk penjelasan lengkapnya mengenai obat yang dirasa ampuh, maka simak ulasan berikut:

1. Lidah Buaya

Banyak sekali penyebab yang bisa diasumsikan saat anak mengalami bibir bengkak. Bisa jadi sariawan atau bahkan digigit serangga. Jika sudah yakin bibir anak digigit serangga, lidah buaya sangat ampuh digunakan. Selain itu, tanaman ini sangat mudah ditemui di mana saja. Orang tua bisa minta ke tetangga atau mencari di sekitar rumah.

Lidah buaya dikenal mengandung anti inflamasi yang bagus untuk meredakan bengkak. Oleskan lendir lidah buaya ke bibir anak saat anak tertidur. Diamkan semalaman dan lihat hasilnya di kemudian hari.

2. Kunyit

Jika sudah berusaha mencari lidah buaya tapi tidak ketemu, para ibu di rumah pasti punya persediaan kunyit, bukan? Jika punya walaupun sedikit saja, itu akan sangat berguna di saat-saat yang tidak direncanakan seperti sakit pada anak.

Ambil sejumput kunyit lalu oleskan ke area yang bengkak. Obat bibir bengkak pada anak yang satu ini memang dikenal sebagai bahan anti inflamasi, serta mengandung antiseptik. Jadi, sangat baik digunakan untuk meredakan bengkak dan menghilangkan kuman.

3. Madu

Di mana pun dan kapanpun, madu harus selalu dibawa. Alasannya karena hasil hewani ini sangat cocok digunakan untuk menyembuhkan segala bentuk penyakit luar maupun dalam. Untuk masalah bengkak bibir pada anak, orang tua bisa mengoleskan madu ke area sakit. Diamkan dan lihat bagaimana perkembangannya.

Selain mudah ditemui, madu juga bersahabat dengan anak karena rasanya yang manis. Jadi, nggak perlu menunggu anak tidur untuk mengobati bengkak menggunakan madu.

4. Minyak Kelapa

Obat bibir bengkak pada anak yang satu ini memang tidak dimiliki oleh semua ibu rumah tangga. Pasalnya, minyak goreng biasa lebih sering digunakan karena lebih ekonomis. Namun, jika orang tua punya minyak kelapa di rumah, hal tersebut bisa digunakan sebagai obat.

BACA JUGA   Hilangkan Kebiasaan Istan Mulai dari Makanan

Minyak kelapa lebih direkomendasikan karena mengandung senyawa antimikroba yang bisa meredakan bengkak akibat jamur, virus, maupun kuman. Pengaplikasiannya juga cukup mudah, hanya dengan dioleskan saja ke area yang bengkak.

5. Baking Soda

Bagi ibu-ibu yang gemar memanggang atau membuat roti, baking soda tentu tidak akan terlewat saat belanja. Masih sama dengan obat alami lainnya, baking soda juga mengandung anti inflamasi dan antiseptik yang bisa digunakan untuk meredakan bengkak akibat luka bakar atau gigitan serangga.

Campurkan satu sendok makan baking soda ke dalam beberapa tetes air. Biarkan mencair dan oleskan ke bibir anak yang bengkak. Tunggu beberapa menit dan bilas menggunakan air dingin. Lihat reaksi dan perkembangannya sampai sembuh.

Itulah kelima obat bibir bengkak pada anak yang bisa didapatkan dengan mudah. Bahan-bahan alami tersebut dijamin lebih efektif bila dilakukan dengan cara yang benar. Untuk pengaplikasian pada anak, orang tua harus mengetahui karakter anak terlebih dahulu supaya tidak menimbulkan masalah yang lebih rumit. Jangan sampai anak menangis saat penanganannya kurang halus atau kurang tepat.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *