6 Manfaat Empeng Untuk Bayi yang Penting untuk Diketahui

Manfaat Empeng Untuk Bayi

Secara alami bayi memang memiliki kebiasaan untuk menggunakan mulutnya untuk menghisap sesuatu, seperti tangan. Oleh sebab itu, para ibu biasanya akan memfasilitasi anak dengan alat empeng. Namun sebelum menggunakannya, akan sangat perlu juga untuk mengetahui manfaat empeng untuk bayi. Dengan begitu, maka berikut ialah ulasan terkait beberapa manfaatnya:

1. Menenangkan Bayi

Manfaat empeng untuk bayi yang pertama, yakni bisa menenangkan bayi ketika mengalami rasa cemas. Dapat dikatakan bahwa penggunaan empeng ini memang sudah terbukti bisa mengendalikan perasaan bayi. Dengan begitu, hal tersebut bisa membuatnya lebih merasa aman dan nyaman.

Bayi memang cenderung mudah merasa takut dengan hal baru, sehingga membuatnya menangis. Oleh sebab itulah, para ibu bisa memberikannya empeng ingin agar bayi tidak menangis lagi. Selain itu, empeng ini juga akan membantunya lebih tenang dan mudah untuk tertidur.

2. Melancarkan Proses Menyusui

Terkadang seorang ibu yang baru saja melahirkan anak, akan mudah untuk mengalami depresi. Hal itu bisa mempengaruhi sang ibu ketika ingin menyusui bayi yang telah dilahirkannya. Oleh sebab itu, solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memberikan bayi empeng. Dengan begitu, maka proses menyusui yang dilakukannya akan lebih lancar.

BACA JUGA   Para Ibu Harus Tahu! Inilah Penyebab Bayi Sering Muntah

Lalu, perlu diketahui juga bahwa ASI akan lebih lancar jika sang ibu dapat merasa tenang dan tidak mudah depresi. Oleh karena itulah, empeng bisa membantunya untuk belajar menyusui anaknya dengan baik. Selain itu, bayi pun juga akan lebih nyaman ketika sedang meminum ASI.

3. Menurunkan Risiko SIDS pada Bayi

Beberapa studi sudah membuktikan bahwa bayi yang sering mengisap empeng akan memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami SIDS. Oleh sebab itu, ibu juga bisa melakukan hal ini pada anaknya ketika ingin tidur siang maupun malam. Upaya ini bisa membantu karena akan mengurangi bayi untuk berguling ke posisi tengkurap ketika tidur.

Dengan begitu, sistem pernafasan pada bayi pun tidak akan terasa sesak ketika sedang terlelap. Selain itu, penggunaan empeng ini juga bisa mengurangi risiko timbulnya GERD pada sang anak.

4. Memuaskan Refleks untuk Menghisap

Sudah diketahui bahwa bayi memang sudah memiliki kebiasaan alami untuk menghisap sesuatu yang ada di sekitarnya. Oleh sebab itu, para ibu bisa memberikannya empeng untuk membantu anak memenuhi kebiasaannya itu. Dengan begitu, bayi pun bisa merasa lebih nyaman dan senang ketika keinginannya terpenuhi.

BACA JUGA   5 Model Gendongan Bayi Terbaik yang Direkomendasikan

5. Mengalihkan Perhatian Bayi

Penggunaan empeng ternyata juga mempunyai manfaat untuk membantu mengalihkan perhatian bayi. Hal ini akan sangat berguna ketika bayi melakukan kegiatan yang kemungkinan akan membuatnya merasa tidak nyaman.

Salah satunya, seperti pada saat anak ingin melakukan vaksin atau imunisasi. Oleh sebab itulah, dengan menggunakan empeng, maka kemungkinan bayi akan lebih tenang atau tidak mengetahui jika dirinya di suntik.

6. Mendukung Tumbuh Kembang Bayi Prematur

Ada suatu penelitian yang mengatakan bahwa memberikan empeng kepada bayi yang lahir prematur ialah tindakan yang baik. Hal ini dikarenakan, empeng bisa mendukung tumbuh kembangnya dan mempersingkat masa rawat inapnya di rumah sakit. Selain itu, hal ini juga membantu bayi untuk minum susu dengan lebih baik lagi.

Demikianlah ulasan terkait manfaat empeng untuk bayi yang perlu untuk diketahui oleh para ibu. Melalui informasi tersebut, para ibu akan lebih baik dalam memenuhi kebutuhan sang anak. Selain itu, penggunaan empeng pun juga ternyata sudah terbukti bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan dari bayi.

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di NotesParenting.com

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *