Tips dan Trik Cara Menidurkan Anak Setelah Disapih, Orang Tua Harus Tahu

Cara menidurkan anak setelah disapih

Pada umumnya anak kecil terbiasa tidur sambil menyusu. Hal ini membuat banyak ibu bingung bagaimana menidurkan anak setelah berhasil disapih. Setelah disapih, anak mungkin menjadi rewel dan susah tidur. Oleh karena itu untuk memecahkan masalah tersebut, Berikut ini beberapa tips dan trik cara menidurkan anak setelah disapih yang bisa dilakukan para orang tua:

1. Pastikan Anak Sudah Kenyang Sebelum Tidur

Cara yang paling ampuh dan efektif yang pertama adalah dengan memastikan anak sudah merasa kenyang sebelum tidur. Jika anak merasa lapar ketika tidur, maka anak akan mudah terbangun dan minta menyusu. Karena itu, pastikan anak sudah makan malam ditambah cemilan dan susu hangat sekitar 1-2 jam sebelum tidur.

2. Hindari Memberi Kafein

Kafein akan menyebabkan orang menjadi terjaga dan susah untuk tidur. Begitu pula dengan anak atau balita. Hindari memberikan anak sumber kafein seperti soda, teh, kopi, atau coklat sesaat sebelum tidur. Karena hal ini bisa berpengaruh membuat anak menjadi segar dan susah tidur.

BACA JUGA   Ingin Tahu Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung ? Simak Penjelasannya!

3. Matikan Alat Elektronik dan Gadget

Cahaya biru yang ditimbulkan layar elektronik dan gadget dapat menekan hormon melatonin dan menunda rasa kantuk. Dengan begitu si kecil menjadi sulit tidur. Walaupun tidurnya cukup, si kecil akan susah bangun pagi dan mudah mengantuk. Oleh karena itu penting untuk mematikan alat elektronik dan gadget sebelum si kecil tidur.

4. Biarkan si Kecil Aktif Bermain Pada Siang Hari

Jika anak terlalu banyak tidur pada siang hari, maka anak tersebut akan merasa sulit untuk tidur di malam hari. Untuk itu, para orang tua dapat membiarkan si kecil untuk tetap aktif bermain di siang hari. Orang tua dapat mengajaknya bermain atau melakukan aktivitas lain. Dengan begitu, si kecil akan cepat tertidur pada malam hari.

5. Ceritakan Dongeng Sebelum Tidur

Bercerita atau mendongeng sebelum tidur juga merupakan cara yang ampuh untuk membuat anak tertidur. Berikan dongeng pengantar tidur yang akan membuat si kecil menjadi lebih nyaman. Pada saat mendongeng, orang tua juga bisa memberikan memberi pengertian dan pesan khusus yang baik untuk si kecil.

6. Berdoa Sebelum Tidur

Berdoa merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum tidur. Hal ini menjadi salah satu kebiasaan yang baik bagi si kecil yang ditanamkan sejak dini agar terbawa sampai si kecil menjadi dewasa. Dengan berdoa sebelum tidur, si kecil akan merasa tenang dan mengatasi rasa takut anak.

BACA JUGA   Inilah 5 Penyebab Bayi Mencret Minum Asi yang Perlu Diketahui Para Ibu!

7. Buat Suasana Tidur yang Nyaman

Cara menidurkan anak setelah disapih selanjutnya adalah usahakan memberikan suasana yang nyaman sebelum si kecil tidur. Bisa dimulai dengan membuat rumah setenang mungkin, dan meredupkan lampu. Orang tua juga bisa menemani si kecil sambil menepuk-nepuk pantat dan mengelus punggung agar si kecil merasa nyaman.

8. Berikan Sugesti Positif

Ketika mengantuk, gelombang otak si kecil berada dalam frekuensi theta. Dengan begitu si kecil akan merasa sangat rileks sehingga dapat menyerap semua sugesti positif dengan mudah. Untuk itu manfaatkan momen ini untuk mengatakan hal-hal baik berupa sugesti positif untuk si kecil.

9. Jaga Jadwal Tidur Anak

Jika si kecil terbiasa tidur pada pukul 8 malam sebelum disapih, maka usahakan untuk tetap menjaga jam waktu tidur si kecil sama seperti sebelumnya. Hindari untuk mengubah jam tidur anak setelah disapih. Hal ini dapat membuat anak tidur larut malam dan menjadi lebih sulit tidur.

Demikianlah diatas penjelasan beberapa tips dan trik cara menidurkan anak setelah disapih yang dapat dicoba oleh para orang tua. Sudah menjadi hal yang umum ketika anak berhasil disapih, mereka akan menjadi sedikit rewel dan susah tidur. Hal ini terjadi karena kebiasaan anak yang selalu menyusu sebelum tidur.

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di NotesParenting.com

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *