Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi Paling Ampuh

Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

NotesParenting.com – Cara Ampuh Mengatasi Ruam Popok pada Bayi. Penggunaan popok pada bayi rupanya dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Hal ini karena kulit bayi yang sensitif dan mudah terkena ruam dan iritasi. Jadi kulit bayi terutama sekitar paha dan pantat perlu mendapat perhatian ekstra. Berikut beberapa tips aman cara mengatasi ruam popok pada bayi:

1. Beri Udara yang Longgar

Kulit bayi terutama di area paha dan pantat cenderung lembab. Jadi perlu kelonggaran pada area-area tersebut agar tidak timbul iritasi. Seperti ketika akan mengenakan popok pada bayi. Caranya dengan memberikan kelonggaran dengan mengangin-anginkan area yang tertutup popok. Dengan cara seperti ini ruam akan lebih mudah sembuh daripada menutupinya terus-menerus dengan popok.

2. Oles Area Ruam dengan Witch Hazel

Witch hazel mungkin belum begitu dikenal di kalangan masyarakat. Namun witch hazel adalah bahan alami yang dipercaya dapat mengurangi ruam pada kulit. Apalagi ada sensasi dingin ketika witch hazel bersentuhan dengan kulit.

BACA JUGA   Penyebab Kenapa Bayi Tidak Mau Minum Asi Yang Harus Ibu Ketahui

Khasiat witch hazel tidak hanya memberikan sensasi dingin. Tapi juga mengurangi iritasi, mencegah kondisi semakin parah dan mempercepat proses penyembuhan. Sekaligus witch hazel dinilai sangat efektif untuk mengurangi ruam merah pada kulit bayi

3. Oles Petroleum Jelly

Cara mengatasi ruam popok pada bayi berikutnya adalah dengan mengoleskan petroleum jelly. Penggunaan petroleum jelly dapat digunakan ketika akan mengganti popok bayi. Jadi sangat aman digunakan berulang-ulang.

Manfaat petroleum jelly sangat banyak. Selain dapat mengurangi ruam pada kulit bayi, petroleum jelly juga dapat menjaga kelembaban kulit. Sehingga mampu mengurangi iritasi akibat dari gesekan antara popok dengan kulit bayi.

4. Bilas Pantat Bayi dengan Air Hangat

Penggunaan air hangat dapat mengurangi resiko kulit bayi terkena iritasi. Air hangat juga dapat mencegah ruam semakin parah. Caranya dengan membasuh pantat bayi dengan air hangat di wastafel atau bak mandi.

Metode lain bisa juga menggunakan bola kapas yang sebelumnya telah dibasahi. Atau jika kesulitan membersihkan kotoran bayi manfaatkan juga minyak yang tidak menimbulkan alergi. Dan jangan lupa untuk membilas kulit bayi dengan perlahan.

5. Oleskan Castor Oil atau Minyak Jarak

Minyak jarak atau castor oil dipercaya dapat mengurangi nyeri dan ruam merah pada kulit. Karena kandungan antibakteri dan antijamur yang efektif untuk mengurangi iritasi.

Manfaat lainnya adalah minyak jarak mengandung pelembab alami yang mampu menjaga kelembaban kulit sensitif bayi. Penggunaan minyak jarak bisa diaplikasikan secara rutin ketika mulai muncul ruam pada area sekitar pantat bayi.

6. Oles ASI pada Kulit Bayi yang Ruam

Cara ini dapat mengurangi ruam pada kulit bayi karena popok. Hal ini karena ASI dinyatakan memiliki kandungan asam lemak serta kandungan alami lain yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Caranya hanya dengan mengoleskan beberapa tetes ASI di area pantat yang terkena ruam. Mengoleskan ASI juga dapat menjadi penanganan pertama untuk mencegah ruam karena penggunaan popok.

7. Hentikan Sementara Penggunaan Popok

Opsi ini sebetulnya bisa jadi opsi terakhir apabila ruam karena popok tidak segera sembuh. Beri jeda dari penggunaan popok agar ada sirkulasi udara yang masuk pada kulit bayi.

Penggunaan popok yang terus menerus justru makin memperparah iritasi pada kulit bayi. Untuk menghindari kotoran bayi yang berantakan, maka dapat diatasi dengan penggunaan kain di tempat bayi tidur. Serta awasi bayi ketika akan buang air.

Itulah 7 cara mengatasi ruam popok pada bayi yang aman dilakukan. Apabila 7 cara di atas masih belum berhasil maka periksakan bayi ke dokter untuk mencegah ruam semakin parah.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *