7 Cara Mengatasi Depresi Pada Remaja, Orang Tua Wajib Tahu!

cara mengatasi depresi pada remaja

Depresi pada remaja memang tidak jarang terjadi. Hal tersebut disebabkan oleh banyak hal. Tentunya, sebagai orang terdekat perlu tahu cara mengatasi depresi pada remaja dengan tepat. Supaya, nantinya remaja dapat mampu melewati kondisi tersebut. Berikut beberapa mengenai cara mengatasi depresi remaja:

1. Bangun Kedekatan dengan Mereka

Untuk mengatasi remaja yang mengalami depresi tentu tidak mudah. Meskipun begitu, hal itu tetap dapat diobati. Dimana, hal tersebut bisa dimulai dengan membangun kedekatan Bersama mereka.

Dalam hal ini, bisa dilakukan dengan lembut dan juga persuasif. Hindarkan juga dengan kekerasan maupun paksaan, apalagi kondisi remaja yang tidak stabil ketika depresi. Ajarkan mereka untuk terbuka, meskipun hal tersebut tidak mudah. Untuk itu, bisa dengan menanyakan hal kecil.

Setelah itu, cobalah perlahan untuk menawarkan diri menjadi tempat bercerita. Namun, pastikan hal tersebut dilakukan dengan baik. Orang tua juga bisa meminta bantuan kepada orang yang dekat dengan anak, baik itu saudara, guru maupun temannya.

BACA JUGA   5 Jenis Penyakit Hernia Pada Anak

2. Tunjukan Pada Anak Bahwa Dia Tidak Sendiri

Hal yang paling sensitif ketika seorang anak remaja depresi adalah mereka merasa sendiri. Untuk itu, cara mengatasi depresi pada remaja bisa dengan menunjukan kepadanya bahwa mereka tidak lagi sendirian. Orang tua dapat menunjukan kepedulian serta kasih sayangnya kepada mereka.

3. Jangan Membiarkan Mereka Sendirian dan Mengurung Diri

Mengalami depresi akan buat remaja lebih sering mengurung diri. Namun, hal tersebut tentu tidak baik jika dibiarkan. Apalagi, mengurung diri hanya akan membuat mereka berpikir dan bertindak tidak rasional.

Untuk itu, jangan biarkan mereka sendirian dan mengurung diri. Cobalah untuk membujuk mereka melakukan hal-hal baik di luar kamarnya. Apabila mereka tidak berkehendak, maka orang tua temani mereka kapanpun.

4. Dorong Mereka Untuk Beraktivitas dan Bersosialisasi

Mengalami depresi tentu hal yang tidak mudah dalam mengembalikannya. Namun, tentunya terdapat cara mengatasi depresi pada remaja yang bisa diterapkan. Misalnya dengan mendorong mereka untuk melakukan aktivitas diluar dan juga bersosialisasi.

Ajaklah mereka untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan. Bisa dengan mengajaknya berolahraga bersama, bermain hal yang menyenangkan, bisa juga dengan mengundang temannya. Hal tersebut akan membuat mereka lebih merasa ringan.

BACA JUGA   5 Penyebab Anak Kurus Padahal Makan Banyak, Orang Tua Harus Tahu Ini

5. Lakukan Pola Hidup Sehat

Menerapkan suatu pola hidup sehat tentu sangat penting bagi tiap orang termasuk remaja. Apalagi, ketika mereka sedang mengalami depresi. Ajaklah mereka dengan baik untuk menerapkan hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Melakukan hal-hal yang baik untuk tubuh, hati dan pikirannya. Batasi juga mereka dengan penggunaan gadget. Namun, tentunya hal tersebut dilakukan dengan baik tanpa ada paksaan maupun kekerasan. Selain itu, bisa melakukan kegiatan yang berkaitan dengan hobi mereka.

6. Hindarkan dari Konsumsi Alkohol serta Obat-obatan

Apabila remaja mengalami depresi, sering kali keinginan mereka untuk mencoba alcohol sangatlah tinggi. Namun, justru kedua hal baik itu alcohol maupun obat-obatan, hanya akan memperparah kondisi mereka. Dengan begitu, hindarkan mereka dengan kedua benda tersebut. Alihkan mereka dengan hal yang menyehatkan.

7. Lakukan Konsultasi dengan Pihak Medis

Apabila, remaja yang mengalami depresi tersebut mulai menunjukkan hal yang berbahaya. Misalnya ingin menyakiti dirinya sendiri atau bahkan percobaan bunuh diri. Maka, hal tersebut tidak dapat dibiarkan. Orang tua perlu meminta bantuan para medis untuk mengatasinya.

Itulah, beberapa cara mengatasi depresi pada remaja dengan baik. Tentu saja cara tersebut dilakukan dengan lembut dan tanpa paksaan. Berikanlah kasih sayang dan kenyamanan kepada mereka. Menggunakan kekerasan serta paksaan hanya akan memperparah kondisi depresi mereka.

Baca artikel parenting lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *