Cara Mengatasi Anak Yang Suka Memukul Dengan Tepat Untuk Para Orang Tua

Cara mengatasi anak yang suka memukul

Sebagai orang tua mendidik anak menjadi tanggung jawab yang besar. Terlebih saat anak mulai suka melakukan hal yang tidak baik seperti memukul. Sehingga para orang tua harus paham bagaimana cara mengatasi anak yang suka memukul dengan langkah yang tepat.

Pasalnya hal ini akan sangat mengkhawatirkan, terlebih jika anak mulai suka memukul sesama teman. Maka simak pembahasan mengenai cara mengatasi anak yang suka memukul dan penyebab atau alasan dari perilaku tersebut, berikut ulasannya:

Penyebab Anak Suka Memukul

Bukan berarti saat anak suka memukul itu akan menjadi sebuah tanda bahwa anak akan tumbuh menjadi orang yang suka merundung. Pasalnya ini adalah tahapan perkembangan anak. Maka dari itu, sebelum membahas cara mengatasi anak yang suka memukul, ketahui dulu penyebabnya:

  • Tidak mampu mengungkapkan emosi sehingga masih bingung jika harus mengungkapkan perasaanya terlalu detail. Maka anak akan cenderung mengungkapkannya dengan sikap atau perilaku, salah satunya adalah dengan pukulan.
  • Mempertahankan apa yang menjadi miliknya. Biasanya anak akan memukul orang lain saat anak merasa ingin melindungi atau mempertahankan kepemilikannya. Misalnya terjadi saat mainannya direbut.
  • Adanya perubahan dalam lingkungannya. Misalnya saja keberadaan anggota baru seperti kelahiran adiknya, pindah rumah dan sebagainya. Hal tersebut bisa jadi itu bentuk dari protes.
  • Kemudian yang menjadi alasan anak suka memukul adalah saat timbul perasaan tidak nyaman. Misalnya saat anak lapar dan haus, kemudian bosan ataupun kondisi tidak nyaman lainnya.
BACA JUGA   Cara Terapi Anak Autis di Rumah yang Dapat Dilakukan

Cara Mengatasi Anak Yang Suka Memukul

Tumbuh kembang anak memiliki fase nya sendiri sendiri. Sehingga ini memunculkan tantangan yang berbeda, termasuk cara mengatasi anak yang suka memukul. Berikut ini akan dipaparkan lengkap mengenai caranya dan tips agar anak berhenti memukul, tentunya mudah dipraktekkan juga:

1. Memahami Kebutuhan Anak

Anak-anak akan cenderung ingin perhatian lebih. Sehingga untuk menarik perhatiannya akan melakukan hal-hal yang menarik perhatian seperti memukul dan sebagainya. Maka pahami apa yang menjadi kebutuhan anak berikut langkahnya:

  • Mendekati anak dan menenangkannya. Jika anak sudah mulai tenang dan anak bisa diajak berbicara maka orang tua bisa menanyakan apa yang diinginkan anak.
  • Hal ini bisa dilakukan dengan penuh kesabaran, jangan sampai orang tua terpancing emosi juga.
  • Usia anak-anak dibawah 5 tahun mungkin belum bisa mengungkapkan apa yang dibutuhkan. Maka dari itu, sudah selayaknya orang tua lebih peka terhadap anak terlebih kebutuhannya.

2. Memahami Penyebabnya

Seperti yang dibahas di atas, bahwa anak-anak bisa jadi suka memukul karena alasan-alasan tertentu. Maka dari itu, sebagai mengatasi anak yang suka memukul adalah dengan memahami penyebabnya, caranya adalah dengan berikut ini:

  • Memperhatikan kondisi di sekitar anak saat anak suka memukul, apakah sedang bermain dengan temannya atau berada di lingkungan asing.
  • Jika terjadi saat bersama teman, perhatikan lagi permainan yang dipakai apakah sedang dibawa temannya atau tidak.
  • Apabila memang mainan dibawa temannya, berarti kemungkinan besar anak marah dan memukul karena hal tersebut. Maka, sebagai orang tua bisa mengalihkan pada permainan lain, atau mencoba bernegosiasi agar mainan bisa kembali ke anak.
BACA JUGA   Kegiatan Anak PAUD di Rumah yang baik untuk dilakukan

3. Memberikan Nasehat Kepada Anak Dan Menjauhkan Dari Anak Lain

Jika anak cenderung suka memukul, maka cara mengatasinya salah satunya bisa dengan memberikan nasehat. Agar orang dewasa disekitarnya bisa mengambil langkah yang tepat berikut ulasannya:

  • Jika dalam kondisi anak yang terus memukul, berikan nasehat. Namun bukan dengan tindakan kekerasan juga. Pasalnya ini akan membuat anak semakin dan lebih agresif lagi
  • Maka, salah satu opsinya adalah dengan memberikan pelukan dan lain sebagainya. Jika sedang memukul temannya maka segera jauhkan anak dengan anak lain, terlebih saat anak memukul teman bermainnya.
  • Kemudian ajak dan ajarkan anak untuk meminta maaf jika sudah terlanjur memukul teman bermainnya.
  • Ajari dan diskusikan dengan baik bahwa hal tersebut salah, namun pastikan kondisi anak sudah lebih tenang. Pastikan memberikan nasihat yang baik, misalnya fungsi tangan yang baik itu seperti apa.

Demikian itu beberapa cara mengatasi anak yang suka memukul dengan tepat. Seperti yang diketahui bahwa setiap fase perkembangannya pasti ada tantangan tersendiri. Terlebih masa kanak-kanak yang masih butuh banyak bimbingan dan dukungan.

Baca artikel parenting lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *