7 Cara Mengatasi Anak Sulit Konsentrasi Belajar yang Wajib Dicoba!

Cara mengatasi anak sulit konsentrasi belajar

Konsentrasi sangat dibutuhkan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tidak hanya untuk kebutuhan sekolah, namun juga untuk kegiatan di luar sekolah seperti membantu ibu belanja dan bermain bersama teman. Di bawah ini terdapat beberapa cara mengatasi anak sulit konsentrasi belajar, diantaranya:

1. Buatlah Jadwal Yang Teratur

Anak lebih menyukai sesuatu yang teratur. Hal tersebut karena akan lebih mudah untuk fokus dan konsentrasi. Untuk itulah orang tua bisa membuat jadwal harian menggunakan karton besar kemudian dipasang pada dinding kamar.

Papan tersebut akan menjadi pengingat bagi anak agar mengerjakan tugas dan aktivitas sesuai yang sudah dijadwalkan. Dengan demikian semua akan lebih terorganisir dengan baik.

2. Tidak Memberikan Terlalu Banyak Tugas Dalam Satu Waktu

Cara mengatasi anak sulit konsentrasi belajar berikutnya ialah memberikan sedikit tugas dalam satu waktu. Biarkan anak menyelesaikan satu per satu tugas agar konsentrasinya tidak terpecah. Ketika memberikan banyak tugas justru akan membuat anak kehilangan fokus dan hasilnya tidak maksimal.

Selain itu, juga akan mudah kelelahan dan menjadi tantrum apabila mengerjakan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan. Selain berdampak pada fisik, hal tersebut juga kurang baik untuk kondisi psikologis anak.

BACA JUGA   7 Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja, Wajib Coba!

3. Berikan Batasan Waktu

Setiap anak tentu memiliki waktu optimalnya masing-masing ketika belajar. Orang tua disini berperan untuk mengatur waktu dan memahami waktu optimal anak dalam konsentrasi. Sebagai orang tua bisa mengatur waktu belajar yang diselingi dengan waktu istirahat.

Orang tua nantinya seiring waktu akan bisa memahami durasi belajar dan fokus optimal selama menyelesaikan tugas dari sekolah. Dengan demikian, anak bisa lebih mudah menyelesaikan tugas sesuai dengan kemampuannya.

4. Ciptakan Suasana Belajar Yang Disukai Anak

Cara mengatasi anak sulit konsentrasi belajar juga bisa dilakukan dengan menciptakan suasana belajar yang disukai oleh anak. Sebaiknya tidak memaksakan anak belajar pada situasi dan kondisi yang tidak disukai.

Selain itu, hindari meninggalkan anak mengerjakan tugas sendiri. Orang tua harus tetap mendampingi namun tidak terlalu ikut campur. Ini berguna untuk memudahkan anak apabila ingin bertanya mengenai hal yang tidak ia pahami.

5. Latihlah Dengan Mainan

Tidak hanya dengan memberikan tugas, namun melatih konsentrasi juga bisa dilakukan dengan menggunakan mainan. Agar kegiatan tersebut tidak terasa membosankan, maka orang tua bisa mengajak bermain puzzle, rubik, maupun yang lainnya.

BACA JUGA   5 Cara Mengenal Angka untuk Anak PAUD dengan Berbagai Keseruan

Tentu setiap orang tua mengetahui bahwa puzzle merupakan permainan yang membutuhkan fokus dan konsentrasi yang cukup tinggi untuk bisa menyelesaikannya. Hal ini karena harus mencocokkan kepingan gambar yang berukuran kecil ke bagian yang kosong agar terbentuk gambar yang utuh.

6. Lakukan Olahraga Bersama

Cara mengatasi anak sulit konsentrasi belajar berikutnya yaitu mengajak anak olahraga bersama. Contohnya yaitu bersepeda maupun menggunakan sepeda roda. Jika anak belum bisa melakukan kedua olahraga tersebut, maka orang tua bisa melatihnya di pagi maupun sore hari.

Selain untuk meningkatkan konsentrasi, kegiatan di luar juga sangat bagus untuk merefresh otak dan pikiran sehingga bisa membuat anak menjadi lebih bahagia. Jika perasaannya baik, maka ini akan berpengaruh juga terhadap proses belajarnya.

7. Berikan Penghargaan

Apabila anak berhasil fokus dan konsentrasi terhadap sesuatu hal maka orang tua bisa memberikan penghargaan. Tidak harus dalam bentuk barang, namun cukup dengan kalimat pujian atas apa yang dilakukan oleh anak.

Hal tersebut akan membuat anak merasa bahwa orang tua menghargai hal yang telah dilakukan. Dengan begitu maka anak akan lebih senang dan berusaha lebih baik lagi kedepannya.

Itulah 7 cara mengatasi anak sulit konsentrasi belajar yang bisa diterapkan. Tidak hanya dengan mendorong anak untuk mampu menyelesaikan tugas sekolah, namun orang tua bisa meningkatkan konsentrasi si kecil dengan cara yang mengasyikkan dan menyenangkan.

Baca artikel parenting lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *