Cara Mengatasi Anak Rewel dengan Mudah dan Jitu

Cara Mengatasi Anak Rewel

NotesParenting.com – Cara Mengatasi Anak Rewel dengan Mudah. Mungkin bagi sebagian orang tua terlebih ibu muda belum mengetahui bagaimana cara mengatasi anak rewel di tempat ramai. Tentu kejadian ini dapat membuat malu diri sendiri karena dianggap tidak mampu mendiamkan anak. Namun jangan khawatir, terdapat beberapa cara juga bisa dilakukan untuk menenangkan buah hati secara lembut.

Cara Mengatasi Anak Rewel dengan Mudah

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Hindari Memarahi Si Kecil

Hampir semua orang sudah mengetahui bahwa kesabaran akan menghasilkan dampak positif, baik itu pada diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Begitupun dengan menenangkan buah hati, tentu sebagai orang tua dituntut untuk selalu sabar dalam menghadapi situasi kerewelan dari anak. Pastikan jangan memarahi atau bahkan memukulnya.

Sebisa mungkin ayah dan ibu harus selalu bekerja sama dalam perihal menenangkan anak yang rewel dan tidak mau nurut. Orang tua harus lebih peka terhadap situasi dan menanyakan apakah hal yang menjadi pemicunya. Apabila alasan sudah diketahui, maka sebaiknya ajak anak pergi dari lingkungan tersebut dengan lembut.

BACA JUGA   Cara Mengajari Anak Menulis di Rumah, Para Orang Tua Harus Tahu

2. Alihkan Perhatian Si Kecil

Biasanya seorang anak yang sedang rewel atau mengamuk akan lebih tenang saat ibu atau ayah mengalihkan perhatiannya ke suatu hal. Coba alihkan pandangan si kecil pada titik yang menarik dan membuatnya penasaran. Misalnya saja dengan mengajak bermain bersama kucing-kucing jinak yang kadang berseliweran di lingkungan sekitar.

Jangan pernah sekali-kali mengajak anak untuk bermain gadget yang ditakutkan akan memberikan efek kurang baik. Terlebih lagi jika dilakukan tanpa pengawasan, maka si kecil bisa ketagihan bermain game dan melupakan kewajiban untuk sekolah. Tentu saja hal ini perlu dihindari sebisa mungkin.

3. Berikan Hadiah untuk Si Kecil

Siapa yang tak suka dengan hadiah? Hampir semua kalangan termasuk si kecil sangat menyukai sebuah pemberian terlebih dari ayah dan ibunya. Tidak perlu memberikan hadiah dengan harga mahal, namun belilah sesuatu yang dapat bermanfaat untuk mendukung aktivitas harian anak.

Orang tua dapat mencari hadiah buat si kecil di toko aksesoris anak-anak terdekat atau olshop yang aksesnya lebih gampang. Beberapa hadiah yang bermanfaat untuk anak yaitu seperti buku pelajaran bergambar, mainan edukatif, peralatan tulis menulis, dan mewarnai.

4. Biarkan Si Kecil Rewel Sejenak

Cara mengatasi anak rewel yang satu ini memang terkesan tidak membantu karena membiarkan si kecil terus menangis dan merengek. Namun hal ini terbilang cukup ampuh dilakukan. Pasalnya, pada saat si kecil rewel, emosinya sedang berkecamuk mengontrol dirinya sendiri, sehingga bujukan jenis apapun akan sangat percuma.

Barulah nanti saat emosi dari anak sudah mulai sedikit menurun, maka orang tua bisa menghampirinya dan membujuknya agar dapat berhenti menangis. Selain itu, bisa pula dengan sembari menasihatinya dan jangan sampai bertingkah karena dapat mengganggu kenyamanan orang lain.

5. Tenangkan Si Kecil dengan Pelukan dan Bisikan

Tidak hanya beberapa cara di atas, namun orang tua juga bisa menenangkan anak yang sedang menangis dengan pelukan lembut tapi tegas. Selain itu, ayah atau ibu bisa membisikkan sesuatu kepada buah hati agar berhenti menangis secara halus tanpa menyinggung perasaannya.

Apabila bisikan yang diberikan pada si kecil menyinggung perasaannya, maka dikhawatirkan akan membuat anak rewel semakin parah. Berikan kata-kata tegas yang penuh arti, sehingga kedepannya anak tidak mengulangi perbuatan yang dapat mengundang perhatian orang banyak.

Itulah beberapa cara mengatasi anak rewel yang cukup mudah dilakukan oleh para orang tua. Ingat untuk selalu memperlakukan si kecil dengan baik meskipun terkadang membuat emosi. Jika orang tua menanganinya dengan bijak, maka anak pun bisa kembali tenang dan tidak rewel.

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *