Cara Mengatasi Anak Ngompol Usia 9 Tahun atau Lebih

Cara Mengatasi Anak Ngompol Usia 9 Tahun

AnakIslam.com – Cara Mengatasi Anak Ngompol Usia 9 Tahun atau Lebih. Masalah yang cukup sering dialami oleh orang tua adalah bagaimana mengajarkan anak supaya tidak lagi mengompol. Pasalnya hal ini tidak hanya terjadi pada anak kecil saja, melainkan anak usia 9 tahun bahkan lebih pun ada yang masih melakukannya. Tentunya orang tua harus mengetahui bagaimana cara mengatasi anak ngompol usia 9 tahun yang paling efektif dan ampuh.

Sadar ataupun tidak, nyatanya masih banyak anak-anak usia 9 tahun atau bahkan lebih yang masih mengompol.  Hal ini pun tentunya menjadi PR tersendiri bagi orang tua. Maka dari itu, untuk membantu para orang tua, berikut  ini adalah cara mengatasinya yang bisa dilakukan.

Cara Mengatasi Anak Ngompol Usia 9 Tahun atau Lebih

1. Jangan Lagi Gunakan Popok

Kebiasaan menggunakan popok ketika tidur seharusnya sudah harus dilatih ketika anak sudah fasih berbicara. Pasalnya, semakin lama jangka waktu anak menggunakan popok, maka semakin sulit pula untuk membiasakannya untuk tidak mengompol. Namun, faktanya orang tua seringkali tetap memakaikan si anak popok bahkan saat usianya 9 tahun.

BACA JUGA   5 Tanda Anak Sembuh Dari Demam, Orangtua Wajib Tahu!

Hal ini biasanya terjadi pada orang tua yang tidak ingin repot, sehingga lebih memilih menggunakan popok. Tentu saja hal ini tidak baik untuk ditiru. Usahakan untuk selalu melepas popok ketika tidur saat si anak sudah bisa diajak berkomunikasi dengan baik dan benar.

2. Kurangi Konsumsi Air Pada Anak Ketika Menjelang Waktu Tidur

Fenomena anak usia 9 tahun yang masih mengompol bisa jadi memang disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya adalah kandung kemihnya yang kecil. Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut batasi jumlah air yang diminum anak ketika malam hari menjelang tidur.

Selain itu, perhatian pula frekuensi anak buang air kecil. Jangan sampai si anak kekurangan cairan karena jarang minum. Hal ini sebaiknya dilakukan di bawah anjuran dokter agar lebih aman.

3. Hindarkan Anak Mengkonsumsi Kafein dan Soda

Jika menginginkan anak tidak mengompol, maka hindarkan mereka dari konsumsi kafein maupun soda. Hal ini bisa mengakibatkan kandung kemih cepat penuh. Terlebih lagi apabila kafein dan soda tersebut diminum pada malam hari. Asupan minuman seperti inilah yang benar-benar harus orang tua awasi.

BACA JUGA   Ketahui Gejala Leukimia Anak Patut Diwaspadai

4. Biasakan Si Anak Buang Air Kecil Sebelum Tidur

Cara mengatasi anak ngompol usia 9 tahun paling ampuh dan bisa dilakukan oleh orang tua untuk menanggulangi adalah dengan mengajaknya buang air kecil setiap sebelum tidur. Tentunya untuk membuat kandung kemihnya kosong dan meminimalisir kemungkinan anak mengompol pada malam hingga esok pagi.

5. Berikan Penghargaan Ketika Si Anak Berhasil Tidak Mengompol

Hal ini tentu tidak kalah penting untuk dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. Pasalnya, pada dasarnya anak perlu penghargaan untuk semua pencapaiannya. Termasuk juga ketika dia berhasil untuk tidak mengompol sembarangan.

Cara ini juga menjadi strategi orang tua yang sedang melatih anaknya supaya tidak mengompol. Caranya adalah dengan menjanjikan hadiah dalam bentuk apapun kepada si anak. Terlebih jika usia anak sudah 9 tahun, yang tentunya sudah memiliki keinginan tersendiri. Melalui hal tersebut, anak akan jadi lebih mudah dalam menentukan hadiah apa yang dia inginkan. Selanjutnya, anak pun akan lebih bersemangat dalam melakukan hal tersebut dan mendapatkan hadiahnya.

Itulah beberapa cara mengatasi anak ngompol usia 9 tahun atau lebih. Hal semacam ini sebenarnya dapat dihindari dengan mengajarkan toilet training kepada anak setidaknya saat mereka berusia 3 tahun. Selain itu, hal ini dilakukan untuk lebih cepat memisahkan mereka dengan popok di malam hari, serta  berpengaruh untuk kebiasaan tidak mengompol ke depannya.

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *