6 Cara Mengajarkan Anak 1 Tahun Sikat Gigi Dengan Tepat

cara mengajarkan anak 1 tahun sikat gigi

Menyikat gigi, tentu sangatlah penting dilakukan sebagai upaya merawat gigi. Tentu saja, hal tersebut harus diajarkan sejak dini. Namun, mengajari anak kecil untuk sikat gigi tidaklah mudah. Adapun berikut beberapa cara mengajarkan anak 1 tahun sikat gigi dengan tepat, diantaranya:

1. Belikan Sikat Gigi Untuk Anak Special

Kegiatan menggosok gigi, tentu saja alat terpentingnya adalah menggunakan sikat gigi. Untuk itu, agar memudahkan dalam mengajari anak menyikat gigi adalah dengan membelikan sikat gigi yang spesial. Berikan sikat gigi yang spesial untuk anak. Supaya mereka lebih bersemangat untuk bersikat gigi.

Selain itu, para mama juga bisa ajak anaknya untuk berbelanja bersama dalam membelikan sikat gigi. Suruh anak untuk memilih sikat gigi yang mereka sukai.

Dengan begitu, mereka akan lebih bersemangat. Namun, tentu saja hindari kata-kata yang memaksa untuk sikat gigi, beri anak waktu dalam penyesuaian.

2. Gosok Gigi Bersama-sama

Untuk cara mengajarkan anak 2 tahun sikat gigi juga bisa dimulai dari kebiasaan kecil. Misalkan saja dengan gosok gigi Bersama-sama. Para orang tua bisa membiasakan sikat gigi dengan Bersama-bersama.

BACA JUGA   Cara Mеngоmрrеѕ Anak Demam. Ini Pаnduаn Lengkapnya

Hal ini karena, anak-anak sering kali meniru orang dewasa. Ketika sikat gigi Bersama-sama, akan membuat anak penasaran dan bertanya. Orang tua dapat mencontohkan kepada anak bagaimana menggosok gigi. Anak-anak akan lebih tertarik dan ingin untuk mencobanya.

3. Biarkan Anak Memegang Sikat Gigi Sendiri

Membiarkan anak untuk melakukan kegiatan dalam pembelajaran misal makan dengan sendok, minum dengan gelas adalah suatu hal yang cukup penting. Hal tersebut, untuk melatih kemandiriannya dan proses perkembangannya. Sama halnya ketika anak belajar untuk menggosok gigi.

Apabila anak sudah dapat menggenggam, maka biarkan anak memegang sikat giginya. Meskipun, anak belum tahu cara menggosok gigi yang benar, orang tua perlu terus memperhatikan serta memandu. Dengan begitu, akan membuat anak lebih luwes dan juga terbiasa.

4. Ceritakan Kisah Menarik

Untuk cara mengajarkan anak 1 tahun sikat gigi, maka bisa dengan menceritakan kisah menarik. Cara ini cukup efektif dilakukan orang tua, untuk menumbuhkan minat dan rasa penasaran untuk menggosok gigi. Orang tua bisa menceritakan kisah menarik tentang Kesehatan gigi dan mulut.

Misalkan saja, mengenai peri gigi yang akan memberikan hadiah untuk anak-anak yang memiliki gigi bersih. Orang tua dapat menceritakannya sebelum anak tidur. Semakin menyenangkan orang tua bercerita, maka akan semakin mudah anak dalam menyerap informasinya.

BACA JUGA   Gejala Amandel Pada Anak dan Cara Alami Mengatasinya

5. Putar Musik Sambil Gosok Gigi

Untuk sikat gigi idealnya adalah dua menit. Namun, waktu dua menit menjadi hal yang membosankan apabila tidak dibuat menarik. Untuk itu, cara mengajarkan anak dalam menggosok gigi, bisa sambil mendengarkan musik. Orang tua dapat memutar lagu favorit anak.

Orang tua dapat membuat suasana yang lebih menyenangkan dan kreatif untuk anak ketika menggosok gigi. Bisa dengan memutar lagu kesukaan anak. Buatlah suasana menjadi menyenangkan, bisa juga membuat anak-anak tertawa

6. Berikan Hadiah Kepada Anak

Seorang anak tentu sangat Bahagia ketika mereka dikasih hadiah yang disukainya. Ketika anak melakukan sebuah pencapaian dalam melakukan kegiatan seperti menggosok gigi, maka orang tua dapat memberikan sebuah hadiah untuk anak. Tidak harus yang mahal, tapi berikan yang disukai anak.

Dengan begitu, anak akan lebih termotivasi untuk menggosok gigi secara rutin. Misalkan saja, orang tua memberikan hadiah poster berhias yang mewakili kesehatan gigi dan mulut yang baik. Anak akan dapat menempelkan stiker pada poster tersebut yang menunjukkan aktivitasnya dalam menggosok gigi.

Itulah tadi, beberapa cara mengajarkan anak 1 tahun sikat gigi dengan baik. Membiasakan dan mengajari anak untuk sikat gigi sejak dini adalah hal yang penting.

Namun, dalam mengajarkan hal tersebut, sebaiknya dilakukan dengan menyenangkan dan tanpa paksaan. Dengan begitu, anak akan lebih nyaman dan tertarik.

Baca artikel parenting lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *