5 Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Agar Cerdas Ini Tak Boleh Terlewat

cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas

Memiliki anak yang menginjak usia 2 tahun tentu menyenangkan. Namun, tanggungan semakin berat karena harus mendidik anak supaya lebih cerdas. Cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas belum tentu diketahui oleh orang tua baru, jadi wajib menyimak informasi berikut:

1. Biarkan Anak Bermain

Tak mengapa jika anak memiliki banyak waktu untuk bermain karena usia tersebut memang sangat wajar sekali waktunya dihabiskan untuk bermain. Apapun permainannya, asalkan tidak membahayakan dan mendidik tentu bukan menjadi masalah yang besar.

Tetap dampingi anak ketika sedang bermain agar tidak terjadi hal buruk yang menimpa si kecil. Bermain mampu melatih indera si kecil supaya lebih peka dan dianggap menjadi anak yang normal perkembangannya. Kebebasan untuk bermain ini akan mengurangi rasa depresi bagi anak.

Agar lebih menyenangkan, ibu juga perlu meluangkan waktunya untuk bermain dengan anak. Hal tersebut bisa menambah kedekatan dan memperkuat ikatan batin. Pakailah alat-alat sederhana yang ada di rumah untuk dijadikan mainan si kecil. Pastikan mainan tersebut aman.

2. Asah Kreativitasnya

Anak yang baru berusia 2 tahun biasanya sedang penasaran untuk melakukan berbagai hal secara sendiri. Misalnya saja makan sendiri, mengambil barang sendiri, dan lainnya. Mengajarkan hal baru sembari melatih kreativitasnya sangat penting dilakukan ibu agar anak mulai terlatih.

Siapkan pula hikmah disetiap permainan yang diajarkan agar si kecil bisa menangkap pelajaran yang ada pada permainan tersebut. Meskipun si kecil tidak mampu meresponnya, namun sebenarnya pelajaran tersebut akan terus diingat si kecil sampai usianya mulai beranjak besar.

3. Bacakan Cerita

Membacakan cerita kepada anak sebelum tidur mampu menjadi stimulus terbaik yang patut diterapkan sejak usia masih dini. Cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas tersebut memang cukup sulit dilakukan oleh orang tua yang sibuk sehingga tak banyak orang tua yang menerapkan.

Dengan membaca, si kecil akan mendapatkan banyak kosa kata yang sangat bermanfaat untuk melatih bicaranya. Pengetahuan yang didapatkan pun cukup luas sehingga kecerdasan pun akan mulai terasa sejak usia 2 tahun ini. Pilihlah buku yang menarik dan disertai gambar.

4. Berhenti Menakutinya

Menakut-nakuti anak untuk sesuatu yang baik tentu sering dilakukan oleh orang tua agar mereka nurut. Namun, perilaku tersebut tidak dibenarkan karena akan mempengaruhi mentalnya . Dimana, anak akan menjadi penakut dan cenderung kurang percaya diri.

BACA JUGA   5 Cara Mengenal Angka untuk Anak PAUD dengan Berbagai Keseruan

Ajarkanlah anak supaya menuruti perkataan orang tua tanpa harus menakut-nakutinya terlebih dahulu. Banyak bahasa lain yang bisa digunakan agar anak tidak melawan perintah orang tua. Bersabarlah ketika mendidik anak karena anak adalah titipan.

5. Tunjukkan Kasih Sayang

Bersikap lemah lembut kepada si kecil sangat diperlukan sekali karena sejatinya usia 2 tahun masih sangat perlu diberi kasih sayang. Berikanlah pelukan di setiap harinya ketika anak baru bangun tidur agar mereka merasa bahwa ada yang melindunginya.

Nomor satukan kenyamanan anak di rumah sehingga anak pun akan menyayangi orang tuanya sampai usianya sudah besar nanti. Luangkan waktu senggang bersama anak tercinta untuk menemaninya bermain atau melakukan aktivitas lain agar anak tidak merasa sendirian.

Cara mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas yang sudah dipaparkan di atas dianggap dianggap efektif dan kini banyak yang mempraktekannya. Pada ibu muda pun tidak boleh melewatkan cara tersebut ketika memiliki anak kecil karena tidak sulit dilakukan jika memang tulus.

Baca artikel parenting lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *