Apakah Penyebab Bayi Rewel dan Tidak Mau Menyusu ? Simak Penjelasannya!

penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu

Setelah bayi lahir tentu saja membutuhkan asupan gizi yang cukup. Namun, bayi yang belum memasuki usia enam bulan hanya bisa mengkonsumsi air susu ibu sebagai nutrisinya. Akan tetapi, proses menyusui tidak selamanya lancar, terkadang bayi tidak mau menyusui padahal sudah rewel. Lantas, apakah penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu?

Memang, bayi yang tidak mau menyusu tentu saja membuat kekhawatiran bagi ibu. Sebab, jika bayi tidak menyusu dalam waktu yang lama maka akan berpotensi kekurangan nutrisi. Maka, secara otomatis berat badan bayi akan mengalami penurunan.Kondisi tersebut pada dasarnya bisa terjadi karena disebabkan beberapa hal yang mungkin belum ibu ketahui.

Penyebab Bayi Rewel dan Tidak Mau Menyusu

Bayi yang rewel dan tidak mau menyusu secara tiba-tiba kerap terjadi karena terdapat sesuatu yang salah dalam tubuhnya. Tentu hal ini akan membuatnya merasa tidak nyaman ketika menyusu. Namun, terkadang ibu tidak menyadari akan hal tersebut sehingga tetap memaksa bayi untuk menyusui padahal bayi sudah menolaknya. Untuk itu simaklah penyebabnya berikut ini.

BACA JUGA   Ketahuilah Penyebab Bayi Lambat Tumbuh Gigi di Usia 8-9 Bulan

1. Rasa ASI mengalami perubahan

Penyebab pertama bayi tidak mau menyusu adalah rasa ASI mengalami perubahan. Hal ini kerap terjadi karena ibu telah mengkonsumsi makanan pedas atau yang mengandung rasa kuat. Selain karena makanan, perubahan hormon juga bisa mengubah rasa ASI. Jika ASI mengalami perubahan rasa tentu saja membuat bayi tidak menyukainya sehingga enggan untuk menyusu.

2. Perubahan Aliran ASI

Jika bayi tidak mau menyusu mungkin saja disebabkan karena perubahan aliran ASI. Sebab, terkadang aliran ASI ibu terlalu cepat dan kadang juga terlalu lambat. Apabila ASI mengalir dengan cepat akan membuat bayi kesulitan untuk menyusu dengan nyaman. Tentu saja membuat  bayi sulit untuk menelan ASI dengan baik, maka menyebabkan bayi tidak mau menyusu.

3. Bayi Sakit

Penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu selanjutnya adalah bayi sakit. Tentu saja, bayi yang sedang mengalami pilek akan sulit menyusu. Sebab, hidungnya tersumbat sehingga sulit untuk bernafas. Selain itu, ketika bayi sariawan juga sulit untuk menyusu sebab mulutnya terasa perih sehingga bayi hanya bisa menangis dan menjadi rewel.

4. Gigi Bayi Tumbuh

Seperti yang sudah diketahui bahwa tumbuh gigi merupakan proses fisiologi yang normal terjadi. Dimana gigi akan mengalami pergerakan intraoseus hingga muncul di rongga mulut. Namun, hal ini ternyata menimbulkan rasa tidak nyaman pada bayi. Tentu saja, karena gerakan menghisap yang dilakukan bayi pada saat menyusu bisa memperparah rasa sakitnya. Maka dari itu, bayi enggan untuk menyusu.

BACA JUGA   Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi di Malam Hari

5. Bayi Mengalami Stres

Penyebab terakhir bayi tidak mau menyusu adalah bayi mengalami stress. Hal ini disebabkan karena pemberian makanan bayi sering tertunda atau tidak teratur. Selain itu, bayi juga tidak nyaman menyusu apabila ibu memberikan reaksi yang berlebihan ketika tidak sengaja digigitnya. Padahal bayi akan sangat sensitif ketika menyusu.

Cara Mengatasi Bayi Rewel dan Tidak Mau Menyusu

Jika ibu telah mengetahui penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu maka tugas seorang ibu adalah mengembalikan mood bayi supaya mau menyusu lagi. Namun, hal tersebut tidak semudah yang dipikirkan. Untuk itu, simaklah tata caranya berikut ini:

  • Merangsang bayi untuk menyusu.
  • Mengubah posisi menyusui.
  • Atasi rasa sakit bayi.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang membuat rasa ASI berubah.

Itulah tadi ulasan singkat terkait dengan penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu yang perlu diketahui. Apabila bayi masih enggan untuk menyusu maka alangkah baiknya jika mengkonsultasikan dengan dokter.

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di NotesParenting.com

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *