Kenali Penyebab Anak Tiba Tiba Mimisan Dan Bagaimana Mengatasinya!

anak tiba tiba mimisan

Mungkin pengguna pernah berada dalam posisi khawatir karena anak tiba tiba mimisan tanpa tahu penyebabnya. Sebab itu kali ini akan diulas sekilas tentang apa saja penyebab dan bagaimana cara menangani mimisan tersebut. Jadi, mari langsung simak pembahasannya sebagai berikut:

Penyebab Mimisan Terjadi Pada Anak

Ketimbang orang tua, anak kecil memang lebih rawan mengalami mimisan, dan mimisan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Sebelum mengobati pengguna bisa pelajari terlebih dahulu mengenai penyebab dari mimisan ini. Berikut adalah sekilas tentang beberapa penyebab mimisan:

1. Mengorek Hidung Terlalu Kasar

Penyebab pertama yang bisa saja terjadi kenapa anak mimisan adalah disebabkan karena mengorek hidung terlalu kasar. Jadi mungkin saat itu ada upil atau kotoran pada hidung, hingga anak tersebut mengoreknya. Bila tidak hati-hati maka bisa menyebabkan luka pada pembuluh darah.

Bila luka pada pembuluh darah tersebut besar maka secara otomatis akan keluar darah dari hidung. Hal ini juga kadang terjadi pada orang dewasa. Jadi, sebaiknya untuk tidak membiarkan anak mengorek hidung terlalu dalam dan kasar.

BACA JUGA   Inilah 6 Cara Mengatasi Mencret Pada Anak, Tepat dan Tanggap

2. Alergi Dan Pilek

Selanjutnya anak yang tiba-tiba mimisan juga bisa disebabkan karena anak tengah mengalami pilek atau alergi, atau karena adanya infeksi bakteri. Beberapa hal tersebut nantinya dapat membuat hidung meradang. Sehingga lapisan dinding mudah pecah kemudian berdarah.

3. Udara Yang Kering Dan Kemasukan Benda Asing

Penyebab selanjutnya yang mungkin terjadi adalah karena udara yang terlalu kering. Udara kering ini bisa disebabkan karena penggunaan AC dalam ruangan, sehingga dapat membuat lendir hidung mengering dan membuat gatal. Jadi, intinya sama seperti saat mengorek hidung terlalu kasar.

Selain itu anak sekitar umur dua hingga lima tahun memang tak jarang jika hidungnya Kemasukan sesuatu. Seperti misalnya manik-manik, kacang atau sebagainya. Benda asing ini nanti bisa menyebabkan atau melukai hidung sehingga menyebabkan pendarahan.

4. Pengguna obat-obatan tertentu

Anak kecil memang perawatannya sedikit lebih rumit ketimbang orang tua. Hingga ketika salah obat saja atau karena mengkonsumsi obat tertentu, anak bisa mengalami mimisan. Jika seperti ini, maka bisa lakukan konsultasi dengan dokter yang menangani.

5. Terjadi Gangguan pembekuan Darah Pada Hidung

Mimisan memang memiliki beberapa penyebab dari yang mulai sepele dan juga serius. Salah satu penyebab mimisan selanjutnya adalah dikarenakan terjadi pembekuan darah pada hidung. Seperti misalnya hemofilia.

Cara Mengatasi Anak Yang Mimisan

Sudah disebutkan beberapa penyebab yang kemungkinan terjadi bila anak tiba tiba mimisan untuk dipahami. Maka selanjutnya adalah mengenai bagaimana mengatasinya masalah tersebut. Jadi, langsung simak saja penjelasannya:

  • Cara pertama untuk mengatasi anak yang tiba-tiba mimisan adalah dengan menenangkan anak tersebut terlebih dulu agar mudah memberikan pertolongan.
  • Selanjutnya biarkan kepala anak menunduk, jangan biarkan anak bersandar, karena bisa saja membuat darah mengalir ke tenggorokan.
  • Jika sampai masuk ke tenggorokan, maka bisa membuat anak tersedak bahkan membuatnya muntah.
  • Lalu tutup hidung dengan lap bersih atau tisu, tapi jangan menyumbat dengan memasukkannya ke dalam lubang hidung.
  • Kemudian pencet secara perlahan bagian hidung pada anak yang lunak, dan bisa mengompres dengan air dingin pada pangkal hidung untuk menghentikan pendarahan.
  • Setelah sepuluh menit, lepaskan pencetan tersebut, bila darah belum juga berhenti maka bisa ulang langkah cara tersebut.

Demikian adalah beberapa penyebab yang bisa saja terjadi bila anak tiba tiba mimisan pada suatu waktu. Sudah diuraikan juga bagaimana cara mengatasinya bila hal tersebut terjadi pada anak. Namun bila penanganan tersebut tidak berhasil, maka bisa membawanya ke dokter.

Baca artikel parenting lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *