Adakah yang Menarik Selain Game di Dunia Ini ?

Adakah yang Menarik Selain Game di Dunia Ini

NotesParenting.com – Adakah yang Menarik Selain Game di Dunia Ini ? pertanyaan ini saya tanyakan pada diri saya sendiri sekaligus tantangan bagi saya untuk menjadikan anak-anak saya lebih menyukai kegiatan online yang lain selain game. Jujur, sejak kecil saya tidak pernah dan suka main game. Bahkan nonton TV pun jarang. Tapi saya tidak bisa memaksakan ini kepada anak-anak saya, karena zaman sudah berubah.

Kegemaran pada Game saat Ini

Sudah tidak bisa dipungkiri, saat ini anak-anak sangat suka bermain game. Bukan hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun menggemarinya. Saya tidak menyalahkan profesi orang untuk memilih sebagai gamer, tapi saya menyayangkan jika kegemaran anak-anak pada ini akan mengabaikan semuanya.

Sudah banyak cerita bagaimana orang yang ketagihan game ini, sampai lupa waktu dan ingin terus bermain hingga sering bangun kesiangan, padahal dia masih kuliah atau bekerja. Sebagai orang tua tentu ini sangat mengkhawatirkan saya. Karena itulah saya mencoba untuk mencarikan kegiatan lain yang bermanfaat bagi Anak, supaya mereka tidak ketagihan main game.

BACA JUGA   5 Cara Mendidik Anak Agar Cepat Tanggap Dalam Belajar Ini Wajib Dilakukan

Cara Mengurangi Ketergantungan Game

Cara yang akan saya buat sementara ini adalah :

Perbanyak Bermain di Alam

Sebenarnya rumah kami saat ini yang berada di pedesaan Bogor bisa mengurangi kegemaran ini, karena anak-anak bisa bermain di halaman yang masih sangat luas. Tapi di malam hari, saatnya mereka seharusnya belajar dan istirahat, mereka biasanya ingin menyalurkan hoby bermain game-nya.

Karena itulah saya harus mencari solusi lain yang sekiranya membuat mereka tertarik untuk melakukannya, tentunya dengan tetap mengembangkan kreativitas mereka.

Melatih mereka menjadi Blogger

Memang ini bukan cara yang umum dilakukan oleh orang tua. Tapi saya akan mencobanya. Saya akan melihat bagaimana respon mereka saat tulisan yang dibuatnya muncul di gawai yang mereka pegang, foto yang mereka upload bisa dilihat oleh semua orang dipenjuru dunia. Kelak apa yang mereka buat inipun bisa diakses oleh teman-teman yang tidak menutup kemungkinan akan menumbuhkan minat yang sama diantara mereka.

BACA JUGA   7 Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja, Wajib Coba!

Biarkan mereka mengembangkan hoby menulisnya. Dibanding hanya bermain game yang manfaatnya – jika sukses- hanya bisa mereka nikmati sendiri. Semoga apa yang saya upayakan ini berhasil. Saya akan sharing bagaimana saya mengajari mereka menjadi penulis, yang diawali dari menjadi blogger terlebih dahulu.

Artikel ini saya buat untuk sharing tentang bagaimana mengurangi atau kalau bisa menghilangkan kegemaran anak bermain game. Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa share, supaya lebih banyak lagi orang tua yang bisa memberi masukan tentang apa yang saya kerjakan. Itulah pembahasan kali ini tentang Adakah yang Menarik Selain Game di Dunia Ini.

Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *