5 Metode Belajar Menulis Untuk Anak TK, Bisa Diterapkan Di Rumah!

2 min read

Metode Belajar Menulis Untuk Anak TK

AnakIslam.com – Menulis merupakan kegiatan yang mengasah kemampuan skill siapapun, tidak terkecuali kepada anak usia lima tahun ke bawah atau usia belajar di taman kanak-kanak (TK). Sebagai orang tua perlu memahami lima metode belajar menulis untuk anak TK agar kelak kemampuan menulis anak berkembang pesat ketika sekolah dasar.

Berikut lima cara mengajarkan menulis pada siswa taman kanak-kanak, upaya ini bisa dilakukan orang tua dengan memahami dan menerapkan langkah-langkah dibawah ini :

1. Metode Menebalkan Melalui Trace Dot

Para ibu dan orang tua yang senantiasa mengawasi perkembangan anak tentunya perlu mendampingi dalam proses belajar, metode yang bisa dipakai yaitu trace dot. Dimana metode belajar menulis untuk anak TK dengan menggunakan pensil untuk menebalkan kata yang akan dipelajari, seperti menulis huruf abjad dari A-Z secara bertahap.

Cara ini bisa meningkatkan aspek motorik halus anak dengan stimulus pada gerakan tangan, buah hati di rumah pun bisa dengan fokus. Proses menebalkan titik huruf menjadi sebuah huruf menambah kemampuan anak lebih teliti dan sabar menyambungkan huruf satu per satu hingga tertulis kata.

2. Metode Menulis Huruf Tipis

Mengawasi perkembangan menulis si kecil tentu bukan hal mudah. Maka dari itu, ibu bisa mencoba metode lain seperti menebalkan huruf tipis. Jika sebelumnya trace dots dengan titik, sekarang gunakan huruf tipis dengan ukuran berbeda untuk mengasah kemampuan buah hati dengan kritis.

Ketika menulis dengan ukuran yang berbeda mulai dari huruf atau angka yang lebih kecil, anak akan sulit namun tetap berpikir. Metode menebalkan huruf tipis bisa membeli buku tulis khusus atau membuat sendiri cetakan tulisan lalu print pada kertas ukuran sedang dan minta anak untuk mengerjakan. Cara menulis dengan menebalkan huruf tipis termasuk metode belajar menulis untuk anak TK yang efektif, ini bisa diaplikasikan bagi siswa taman kanak-kanak.

3. Metode Copying The Letter

Istilah menyalin berkaitan erat dengan metode pembelajaran dan diterapkan pada anak TK, jika anak biasanya menjiplak gambar ini juga bisa dilakukan pada huruf. Tahapannya yaitu meniru pola huruf yang akan dijiplak seperti huruf A-D, lalu menyalin huruf tersebut di kertas tipis transparan agar anak bisa menulis.

Jika diterapkan secara terus menerus, metode belajar menulis untuk anak TK dengan menyalin kata dapat meningkatkan hasil tulisan dan anak bisa menulis lancar. Pengarahan dan bimbingan orang tua bisa membantu anak TK lebih mandiri dan luwes ketika menulis aksara, apalagi jika dilakukan secara aktif.

BACA JUGA   7 Penyebab Anak Tidak Bisa Tidur Malam Hari Yang Meresahkan Orang Tua

4. Metode Write To Draw

Banyak metode bisa diaplikasikan namun adakalanya anak TK cepat bosan, oleh karena itu gunakan metode menulis sambil mewarnai pada huruf tertentu. Jika biasanya hanya warna hitam putih, kini banyak buku menulis halus berwarna dapat dipakai sebagai metode belajar menulis untuk anak-anak.

Buku mewarnai beragam jenisnya, memberikan kesan menarik dan sangat powerfull bagi anak kecil yang senang dengan banyaknya warna di buku belajarnya. Mewarnai juga dapat meningkatkan daya ingat, membentuk imajinasi dan karakter anak dengan tujuan baik serta menyenangkan karena anak belajar menulis dan menggambar.

5. Metode Belajar Menulis Suku Kata

Keempat tahapan diatas sudah dicoba maka gunakan tahapan terakhir yaitu belajar menulis suku kata. Caranya mudah tulis huruf dengan jenis kata berbeda. Lalu, minta anak menulis suku kata dan menyambungkan kata, contohnya kata INI dan RARA, jika disambung menjadi kata INI RARA.

Pilih tema sesuai supaya anak tidak jenuh. Contohnya tema keluarga, warna, buah-buahan dan lainnya lalu kaitkan dengan kehidupan sekitar anak TK.

Demikianlah lima metode belajar menulis untuk anak TK bisa diterapkan oleh guru, orang tua atau sanak keluarga lain dalam keluarga. Mengajari anak TK menulis memiliki banyak manfaat ke depannya. Tak lupa, tempatkan anak sesuai kemampuan serta berikan arahan dan bimbingan penuh.