Kegiatan Anak PAUD di Rumah yang baik untuk dilakukan

1 min read

Kegiatan Anak PAUD di Rumah

NotesParenting.com – Orang tua yang memiliki anak usia PAUD pada akhirnya diharuskan untuk menyusun kembali jadwal kegiatan si buah hati. Apalagi selama masa pandemi, orang tua harus pintar menyusun agenda kegiatan anak di rumah selama masa pandemi covid – 19. Pembatasan proses belajar mengajar ini akhirnya mempengaruhi kegiatan orang tua. Lalu apa saja kegiatan anak PAUD di rumah yang asyik? Simak berikut ulasannya:

1.  Menggambar

Salah satu yang bisa dilakukan selama menjalani masa lockdown dan pembatasan kegiatan misalnya adalah menggambar. Anak juga bisa belajar mewarnai bersama orang tua. Kegiatan satu ini banyak dipilih orang tua, mengapa? Tidak lain karena selain cara pengaplikasian yang mudah untuk anak, menggambar juga merupakan kegiatan yang menyenangkan.

2.  Belajar Mengenal Nama-Nama Hewan

Kegiatan lain yang juga menyenangkan dan bisa dilakukan anak PAUD selama di rumah saja adalah mengenalkan nama-nama hewan. Kegiatan satu ini bisa membantu anak dalam mengingat, karena secara tidak langsung anak akan berusaha mengingat satu persatu hewan.

BACA JUGA   Fenomena Pengasuhan Anak di Era Medsos. Apa Saja yang Harus Diketahui ?

3.  Membereskan Mainan

Membereskan mainan juga bisa menjadi kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan oleh anak-anak di rumah. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bisa mengajarkan anak memupuk rasa tanggung jawab. Kegiatan satu ini  juga bisa memberikan stimulus pada otak anak supaya anak bisa menjadi lebih mandiri.

4.  Bermain Puzzle

Selama di rumah saja, kegiatan menyenangkan yang direkomendasikan bagi orang tua murid untuk mengisi waktu luang anak PAUD adalah bermain puzzle. Memberikan puzzle dengan bentuk-bentuk hewan, buah-buahan maupun tumbuhan akan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Selain itu kegiatan ini bisa menjadi salah satu metode belajar.

5.  Belajar Menghitung Sambil Bermain

Belajar menghitung tidak selalu akan menjadi kegiatan yang membosankan dan membuat pusing. Pada dasarnya tergantung bagaimana cara orang tua dan guru dalam mengajarkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membuat kegiatan berhitung menjadi lebih menyenangkan adalah menggabungkan kegiatan berhitung dengan bermain.

6.  Mempelajari Alam Sambil Bermain

Mengenalkan anak pada alam juga salah satu kegiatan penting yang seharusnya mulai diajarkan sejak dini. Baik diajarkan di sekolah maupun di rumah dengan orang tua. Mempelajari alam juga bisa menjadi kegiatan anak PAUD di rumah, dimana anak diperkenalkan dengan alam melalui tanaman-tanaman yang ada disekitar.

BACA JUGA   5 Cara Mengatasi Anak Cengeng Dan Penakut Bisa Untuk Diterapkan

7.  Menanam Bersama Orang Tua

Memberikan pelajaran pada anak PAUD memang tidak selalu tentang belajar menghitung atau membaca. Namun bisa juga menjadikan tanaman sebagai media belajar bagi anak. Orang tua bisa mulai mengajak anak untuk menanam bibit sayur ataupun bunga dengan langsung menggunakan media tanah atau bisa menggunakan pot bunga dan tanaman hias.

8.  Membaca Buku Cerita

Membacakan buku cerita kepada anak juga bisa menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat orang tua lakukan bersama anak. Memperdengarkan cerita-cerita tentang hewan seperti si kancil atau bisa juga perlombaan si kelinci dan kura-kura. Kegiatan ini mampu meningkatkan sistem kinerja otak imajiner anak PAUD yang penting bagi perkembangan pola pikirnya.

Itulah tadi 8 kegiatan anak PAUD di rumah yang bisa menjadi salah satu kegiatan inspiratif pilihan bagi orang tua bersama anak selama pandemi. 8 kegiatan tersebut tentunya adalah sebagian kegiatan yang bisa dijadikan inspirasi, dimana masih ada kegiatan lain yang bisa dilakukan anak PAUD selama di rumah. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut anak diharap tidak merasa bosan walau hanya di rumah saja.