5 Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan Terampuh

1 min read

cara mengatasi anak yang susah makan

Menjadi orang tua tentulah tidak mudah, terutama menghadapi tingkah anak yang mampu menguras emosi dan pikiran. Terlebih jika anak susah makan walau telah dibujuk dengan berbagai macam cara. Sehingga perlu mengetahui beberapa cara mengatasi anak yang susah makan.

Sebenarnya ada berbagai tips terkait cara untuk mengatasi hal ini yang terbilang sangat mudah. Tetapi sebagai perlu untuk memahami sejumlah fase perkembangan anak dan menemukan teknik yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini. Maka dari itu, simak penjelasan selengkapnya seperti berikut:

1. Tidak Memaksa

Cara mengatasi anak yang susah makan pertama yaitu jangan memaksa pada anak. Seperti halnya anak tidak  suka dengan cara dipaksa, terutama untuk makan. Ini sebenarnya tidaklah berbeda jauh dengan yang dirasakan semua pihak bila tidak ingin dipaksa untuk suatu hal.

Terlebih lagi orang tua juga sangat disarankan untuk menghindari menggunakan pemaksaan untuk porsi makan seorang anak. Yaitu dengan membiarkan anak memakan makanan dengan porsi yang diinginkan. Jika dipaksakan hal ini justru membuat anak bisa memuntahkan makanan yang telah dikonsumsi.

2. Fokus Pada Satu Hal

Berikutnya sebagai cara mengatasi anak yang susah makan selanjutnya, fokus terhadap satu hal saja. Yakni kata lain bahwa saat anak sedang makan cukup fokuskan pada makan saja. Jangan diselingi dengan hal lain, contohnya jangan ajak anak nonton TV ketika makan.

Menariknya lagi hal tersebut telah terbukti secara ilmiah dari berbagai hasil penelitian. Menunjukkan anak yang fokus makan saja bisa lebih lahap untuk menghabiskan suatu makanan. Walau beberapa menyebut jika secara psikologis hal ini dianggap kurang baik.

3. Berikan Porsi Sedikit Tapi Berulang

Selanjutnya untuk cara mengatasi anak yang susah makan yaitu memberikan porsi yang sedikit. Tetapi kemudian dilakukan secara berulang atau sering oleh orang tua.  Karena rupanya hal ini dianggap lebih baik jika memakan makanan dalam porsi banyak sekaligus menurut suatu hasil penelitian.

Hal tersebut dianggap dapat memperburuk keseimbangan gula darah yang ada pada tubuh seorang anak. Serta juga menyebabkan suatu pencernaan anak menjadi tidak optimal. Jadi jika orang tua ingin memberikan anak makan dalam porsi yang banyak jangan lupa beri jeda untuk itu.

4. Hindari Pemberian Jajan

Hal lain yang juga bisa dilakukan dalam mengatasi anak yang susah makan adalah dengan menghindari pemberian jajan. Karena dapat membuat anak merasa kenyang sebelum menyantap makanan utama. Seorang anak memiliki porsi makan yang lebih kecil dibanding orang dewasa dan cepat kenyang.

BACA JUGA   Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

Jika orang tua berkeinginan untuk memberikan jajanan atau makanan ringan kepada anak, maka silahkan berikan setelah makan. Selain itu, perlu mengontrol pemberian jajanan anak agar tidak sembarangan. Kunci penting adalah mengutamakan anak untuk mengkonsumsi makanan yang sehat serta bergizi.

5. Variasi Menu

Rekomendasi terakhir yang bisa diberikan untuk dapat mengatasi ini adalah terkait dengan menu yang diberikan. Yaitu harus pintar-pintar melakukan variasi pada menu makanan anak sehingga anak tidak akan merasa bosan. Terutama dengan makanan yang cenderung monoton itu-itu saja.

Dengan rasa bosan akibat melihat makanan membuat anak terkadang tidak nafsu makan. Selain menu yang berbeda, orang tua juga bisa mengaplikasikan sejumlah tips lainnya. Contohnya adalah dengan memberikan hiasan pada makanan anak.

Itulah berbagai pembahasan terkait cara mengatasi anak yang susah makan. Dengan adanya sejumlah penjelasan ini diharapkan membuat orang tua lebih paham ketika menghadapi permasalahan serupa. Jika mengikuti sejumlah tips di atas dipastikan bahwa anak akan segera mengalami peningkatan pada nafsu makannya.

Baca artikel parenting lainnya di NotesParenting.com