7 Cara Mengajari Anak Yang Tidak Fokus Belajar Dan Mengerjakan Tugas Sekolah

Cara mengajari anak yang tidak fokus

Anak yang tidak fokus dalam belajar biasanya dipicu oleh faktor internal dan eksternal lingkungan sekitar. Kondisi ini akan berdampak pada prestasi akademik apabila terus dibiarkan. Berikut beberapa cara mengajari anak yang tidak fokus, antara lain:

1. Sempatkan Waktu Berlatih Fokus Pada Anak

Untuk bisa meningkatkan fokus pada anak, maka harus menyempatkan waktu bagi anak untuk berlatih hal tersebut. Anak dengan usia 4-5 tahun biasanya akan bisa berkonsentrasi selama kurang lebih 20 menit pada satu aktivitas maupun objek tertentu.

2. Lakukan Satu Kegiatan Pada Satu Waktu

Selain menyempatkan waktu untuk anak berlatih fokus, cara mengajari anak yang tidak fokus bisa dilakukan dengan melakukan satu kegiatan di satu waktu tersebut. Seringkali sebagai orang tua tentu akan merasa bangga ketika anak bisa menghandle banyak kegiatan dalam satu waktu.

Namun hal tersebut sebenarnya bisa mengurangi fokus dan kinerja anak. Untuk itulah agar fokus bisa terlatih, maka minta anak melakukan satu kegiatan dalam dalam satu waktu hingga tuntas.

BACA JUGA   Berapa Usia Ideal Anak Masuk TK ?Ketahui Ini Sebelum Menyekolahkan Si Kecil

3. Buatlah Lingkungan Menjadi Nyaman

Fokus sangat dibutuhkan ketika belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan guru. Untuk itulah perlu menciptakan lingkungan yang nyaman bagi anak agar bisa lebih mudah dan fokus ketika belajar. Ciptakan suasana sunyi dengan mematikan TV, ponsel, maupun laptop yang bisa mengganggu.

Orang tua sangat berperan untuk mengawasi aktivitas anak agar bisa menyelesaikan semua tugas yang diberikan. Namun seiring bertambahnya usia, maka biarkan ia mengatur sendiri waktu belajarnya. Ini baik bagi perkembangan anak sehingga bisa berlatih fokus dan menyelesaikan masalah secara mandiri.

4. Berikan Waktu Istirahat

Cara mengajari anak yang tidak fokus berikutnya ialah memberikan waktu istirahat. Seperti yang diketahui bahwa fokus akan mengurangi energi sehingga menyebabkan anak kelelahan. Untuk menghindarinya maka orang tua sebaiknya memberikan waktu istirahat yang cukup.

Untuk anak usia di bawah 12 tahun bisa diberikan selingan berupa cemilan maupun waktu bermain sejenak. Sedangkan untuk remaja bisa diberikan waktu istirahat untuk melakukan aktivitas yang disukai. Ini berfungsi untuk mengembalikan semangat anak dalam belajar.

5. Berlatih Pernapasan

Melatih pernapasan sangat bagus untuk melatih fokus anak terutama dalam mengerjakan tugas yang dinilai sulit bagi anak. Dengan menerapkan cara ini, maka akan membuat detak jantung menurun dan pikiran menjadi lebih jelas dan terarah.

BACA JUGA   15 Cаrа Mеlаtіh Anаk Menulis Cераt dan Rapi. Aра Saja

Ketika mengerjakan tugas yang terlalu sulit seringkali membuat anak menjadi cemas. Dengan melakukan cara ini akan membantu untuk menenangkan pikiran sehingga mereka bisa lebih rileks dan santai dalam mengerjakan tugas sekolah.

6. Membagi Tugas Besar Jadi Beberapa Bagian Kecil

Cara mengajari anak yang tidak fokus yang satu ini merupakan strategi lain untuk membuat anak menjadi fokus. Membagi tugas besar menjadi beberapa bagian akan membuat anak menjadi lebih fokus pada satu bagian saja dalam satu waktu tersebut.

Sebagai contoh, orang tua memberikan buku mengenai binatang dan meminta anak membaca ya selama 15 menit pada salah satu bagian. Lalu mintalah anak untuk menuliskan kembali hal yang sudah dibaca dan dipelajari pada bagian tersebut.

7. Lakukan Praktik Observasi Terhadap Anak

Seringkali anak merasa terdistraksi dari diri sendiri. Artinya internal stimulus seperti reaksi tubuh dan imajinasi terhadap sesuatu bisa mengganggu bahkan mengurangi fokus anak. Untuk itulah, sebagai orang tua bisa menegur anak agar fokusnya bisa terlatih dengan baik.

Itulah 7 cara mengajari anak yang tidak fokus dalam belajar maupun mengerjakan tugas sekolah. Peran orang tua sangat penting untuk meningkatkan kualitas anak sehingga perlu cara yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut.

Baca artikel parenting lainnya di NotesParenting.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *