6 Tanda Anak Tumbuh Gigi Seri Hingga Geraham

Tanda Anak Tumbuh Gigi Seri

NotesParenting.com – Seiring dengan waktu terus berganti tentu anak akan terus tumbuh dan berkembang. Mulai dari perkembangan fisik maupun kecerdasaan. Salah satu dari hal tersebut adalah tanda anak tumbuh gigi. Hal semacam ini adalah masa emas bagi anak dan orang tua. Maka dari itu perkembangan anak harus dipantau. Inilah 6 tanda anak tumbuh gigi pada usia balita dimulai dengan gigi seri hingga gigi geraham:

1. Gusi Mulai Membengkak

Tanda anak tumbuh gigi nomor pertama adalah gusi mulai membengkak. Hal ini memang wajar terjadi pada si kecil. Salah satu ciri saat gusi membengkak yaitu gusi akan terlihat  seperti membengkak dan agak memerah seperti lebam.

Berikut cara untuk mengatasi yaitu dengan pijatan ringan pada gusi tersebut. mungkin anak akan sedikit rewel atau bahkan menolak dengan hal itu namun setelah itu akan merasa nyaman setelah pijatan tersebut diberikan. Kedua dengan cara memberikan. Selain itu bisa juga menggunakan kain lembut dengan tetesan air dingin untuk memijat.

2. Sering Menggigit Barang-barang di Sekitar

Ciri kedua yaitu sering menggigit barang disekitar. Hal seperti ini sangat wajar terjadi karena anak merasa gatal dan tidak nyaman pada bagian gusi. Pasti orang tua akan sedikit khawatir semisal anak menggigit barang memang tidak boleh sampai masuk ke mulut.

BACA JUGA   7 Cara Merawat Gigi Anak Yang Terlanjur Gigis

Berikut cara mengatasi hal seperti itu. Jika anak masih menyusu coba selipkan jari keadaan bersih di antara gusi anak lewat mulut. Jika biasa menggigit barang seperti keranjang, lapisi barang tersebut dengan menggunakan kain lembut yang bisa menyerap air.

3. Lebih Banyak Mengeluarkan Air Liur

Ciri ketiga yaitu kapasitas air liur lebih banyak keluar daripada seperti biasa. Hal seperti ini diakibatkan karena meningkatkan gerakan bagian otot pada mulut anak karena proses pertumbuhan gigi. Hal inilah pemicu kelenjar ludah lebih aktif daripada seperti biasa.

Berikut cara mengatasi agar tidak terjadi ruam pada bagian tubuh dekat mulut. Usap air liur bayi  dengan kain lembut ataupun tisu steril. Selain itu gunakan celemek pada bayi agar ruam mencegah air liur menetes penyebab tumbuh ruam.

4. Sering Rewel di Malam Hari

Ciri keempat yaitu sering rewel pada malam hari. Hal ini terjadi akibat bayi merasa tidak nyaman akibat sakit atau gatal pada gusi. Hal itu biasa terjadi pada anak semisal bangun di waktu tidak biasa sebagai pertanda gigi tumbuh.

BACA JUGA   Menyiasati Anak 1 Tahun Susah Makan, Begini 5 Cara Mudahnya

5. Batuk atau Muntah

Ciri nomor 5 yaitu akan mengalami batuk atau muntah. Karena anak masih belum bisa melakukan kendali pada saraf di dalam mulut maupun tenggorokan dengan maksimal. Sehingga anak akan tersedak saat berusaha menelan air liur.

Hal ini biasa ditandai oleh beberapa hal seperti batuk ataupun muntah. Namun jika tidak mengalami pilek, flu ataupun diare. Itu adalah ciri anak sedang dalam masa pertumbuhan gigi dengan wajar.

6. Memasukkan Tangan ke Dalam Mulut Sendiri

Ciri keenam adalah sering memasukkan tangan kedalam mulut sendiri. Hal ini terjadi karena anak merasa tidak nyaman dan gatal pada area gusi. Jangan lupa harus benar-benar dipantau oleh orang tua agar meminimalisirkan terjadinya penyakit.

Tetap jaga tangan anak agar selalu bersih. Karena sangat dikhawatirkan jika tangan anak kotor dan memasukan tangan pada mulut. Selain itu jangan lupa menjaga hal-hal yang mungkin sering anak gunakan seperti mainan dan benda-benda lain.

Itulah 6 tanda anak tumbuh gigi pada usia balita dimulai dengan gigi seri hingga gigi geraham. Jika keenam hal tersebut terjadi pada anak, tidak perlu khawatir karena memang hal itu sangat wajar terjadi pada anak. Jangan lupa tetap pantau agar dapat mengamati pertumbuhan anak lebih maksimal.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *