5 Penyebab Anak Sering Mimisan yang Perlu Ditangani

Penyebab Anak Sering Mimisan

NotesParenting.com – 5 Penyebab Anak Sering Mimisan yang Perlu Segera Ditangani. Saat usia anak berada pada rentang 3 sampai 10 tahun ini biasanya anak mengalami gejala mimisan. Orang tua pastinya harus memperhatikan seperti apa penyebab anak sering mimisan. Dengan begitu, orang tua bisa langsung melakukan penanganan ketika anak mengalami mimisan.

Namun, orang tua juga tidak perlu khawatir akan kejadian mimisan pada anak, pasalnya hal ini terbilang wajar dan bisa saja terjadi begitu saja. Biasanya, penyebab mimisan yaitu sebagai berikut ini:

5 Penyebab Anak Sering Mimisan yang Perlu Ditangani

1. Udara Terlalu Kering

Ternyata pengaruh udara yang terlalu kering juga bisa jadi penyebab anak mengalami mimisan. Misalnya saja cuaca terlalu panas dan pembuluh yang ada di hidung menjadi lebih membesar dan membuatnya pecah. Akhirnya darah bisa keluar dari hidung secara perlahan atau disebut mimisan.

Selain itu pula, pengaruh AC yang digunakan terus menerus bisa menjadi penyebab anak mimisan. Ketika kotoran di hidung kering dan terasa gatal, kemudian anak mengorek atau menggaruknya bisa jadi penyebab hidung berdarah. Inilah yang perlu orang tua lihat secara langsung dan bisa diantisipasi saat udara terlalu kering agar anak tidak mimisan.

BACA JUGA   Inilah 6 Cara Mengatasi Mencret Pada Anak, Tepat dan Tanggap

2. Terjadi Pilek atau Alergi

Adapun pilek atau alergi yang terjadi ini menjadi penyebab anak sering mimisan. Maka dari itu, orang tua perlu waspada ketika anak mulai pilek atau memang memiliki alergi yang berat. Pasalnya, saat bakteri atau virus menyerang anak, di saluran pernapasan seperti hidung juga ikut meradang.

Pada saat saluran hidung ini meradang, maka pembuluh yang ada di dalamnya juga ikut bengkak. Reaksi yang terlalu berlebihan dari pilek atau alergi ini bisa menimbulkan anak mulai mimisan. Maka dari itu, orang tua harus memperhatikan kondisi anak saat sedang pilek atau alergi agar tidak sampai terjadi mimisan.

3. Akibat Hidung Terbentur

Anak-anak sering melakukan banyak aktivitas di luar ruangan yang melibatkan fisiknya. Tidak heran jika anak-anak mengalami cedera atau benturan pada hidung, maka bisa jadi anak tersebut akan mengalami mimisan.

Timbulnya benturan yang keras pada bagian hidung ini memang bisa memicu pembuluh yang ada di hidung bereaksi. Hal tersebut kemudian memunculkan mimisan dan alirah darah keluar dari hidung. Jika hal ini terjadi, orang tua harus segera menolong anak, bila perlu langsung dibawa ke dokter.

4. Stres dan Kelelahan

Jika kondisi anak sedang stres atau mengalami kelelahan yang sangat berlebihan, maka bisa jadi penyebab anak sering mimisan. Hal ini harus orang tua perhatikan, jangan sampai abai melihat anak stres dengan kondisi. Apalagi ketika anak merasa kelelahan setelah melakukan aktivitas fisik yang dijalani setiap hari.

Pasalnya saat lelah atau stres, biasanya daya tahan tubuh melemah, kemudian pembuluh yang lemah tersebut mudah pecah. Akhirnya mengalir darah melalui hidung dan inilah yang biasanya disebut mimisan. Cobalah orangtua untuk mengurangi aktivitas sehari-hari anak, berikan kegiatan yang meningkatkan kebahagian anak.

5. Menderita Penyakit Tertentu

Saat anak sering mimisan, bisa jadi anak ternyata menderita penyakit tertentu. Misalnya seperti polip hidung yang menyebabkan anak mengalami ingusan, bersin dan anak rentan alami mimisan. Polip hidung bisa terjadi karena adanya jaringan abnormal yang berada pada saluran hidung si anak.

Tidak hanya itu, bisa jadi juga terjadi kelainan pembekuan darah, sehingga anak alami mimisan terus menerus. Jika terjadi seperti ini, orang tua perlu memberikan penanganan berupa membawanya ke dokter THT supaya mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Dengan memahami kondisi juga bisa memberikan sinyal dan apa saja penyebab anak sering mimisan. Dimana orang tua bisa langsung melakukan tindakan yang diperlukan saat harus menjalankan penanganan mimisan. Jadi, anak tidak mengalami hal yang lebih parah lagi akibat keluar darah dari hidung tersebut. Itulah pembahasan kita tentang 5 Penyebab Anak Sering Mimisan yang Perlu Ditangani.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *